Profil Widiyanti Putri Wardhana: Menteri Pariwisata Berlatar Pengusaha Sukses

Katadata/www.teladan-resources.com
Chief Operating Officer PT Teladan Resources Widiyanti Putri Wardhana.
Penulis: Tifani
21/10/2024, 14.53 WIB

Widiyanti Putri Wardhana dilantik menjadi Menteri Pariwisata Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029. Sebelumnya, Widiyanti juga datang ke kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan pada 14 Oktober lalu.

Kedatangannya merupakan sinyal dirinya akan masuk kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Lalu, siapa sebenarnya Widiyanti Putri Wardhana, yang dipercaya Prabowo menjadi Menpar?

Berikut profil Widiyanti Putri Wardhana, pengusaha sukses yang menjadi menjadi Menteri Pariwisata di Kabinet Prabowo.

Profil Widiyanti Putri Wardhana

Profil Widiyanti Putri Wardhana (Instagram Widiyanti Putri Wardhana)

Widiyanti Putri Wardhana akrab disapa Widi merupakan putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro. Wiwoho Basuki Tjokronegoro terjun di sektor energi dan batu bara melalui PT Indika Energy Tbk, PT Cirebon Elektrik Power, dan PT Kieco Jaya Agung.

Ia sempat menempuh pendidikan di Pepperdine University, Malibu, California, Amerika Serikat pada 1993. Widi meraih gelar Bachelor of Science in Business Administration.

Dilansir dari situs Teladan Resources, Widi merupakan profesional di bidang bisnis, investor, hingga filantropis. Ia telah berkutat menjadi pengusaha lebih dari 30 tahun.

Widiyanti merupakan istri dari Wishnu Wardhana, Direktur Utama PT Teladan Prima Agro (TPA). Wishnu juga dikenal sebagai mantan Direktur Utama PT Indika Energy Tbk (INDY) periode 2007-2017, posisinya digantikan Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat.

Melansir dari situs resmi TPA, Wishnu Wardhana memiliki saham perusahaan sebesar 16,22 persen, sementara ayahnya Wiwoho Basuki Tjokronegoro menggenggam saham TPA sebesar 0,17 persen. Pengendali saham TPA adalah PT Teladan Resources sebesar 59,88 persen yang juga masih terafiliasi dengan Keluarga Wiwoho Basuki Tjokronegoro, sementara kepemilikan publik di perusahaan ini sebesar 7,5 persen.

Dilihat dari laman resmi perusahaan, PT Teladan Resources adalah perusahaan dengan bisnis kelapa sawit melalui PT Teladan Prima Agro Tbk, tambang batu bara di bawah bendera PT Indika Energy Tbk, dan PT Mahaka Industri Perdana yang jadi mitra Freeport Indonesia.

PT Teladan Resources juga tercatat sebagai pemilik gedung apartemen mewah di Kebayoran, Jakarta Selatan, bernama The Capital Residence, serta jaringan televisi PT Net Visi Media Tbk (Net TV).

Dikutip dari berbagai sumber, Menteri Pariwisata yang ditunjuk oleh Prabowo ini adalah seorang profesional di bidang bisnis, investor, hingga filantropis, yang telah menjadi pengusaha lebih dari 30 tahun.

Widiyanti meraih gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University. Malibu, California pada tahun 1993.

Riwayat Pekerjaan Widiyanti Putri Wardhana

Widiyanti Putri Wardhana (Instagram Widiyanti Putri Wardhana)

 

Sebelum menjadi Menteri Pariwisata Kabinet Merah Putih, melansir marketscreener, Widi pernah menduduki 11 posisi jabatan di beberapa perusahaan.

Mulai menjabat sebagai Komisaris PT Teladan Agro Resources periode 2007 - 2012. Kemudian pada 2013, Widi tercatat menempati posisi direktur PT Tanjung Buyu Perkasa Plantation, PT Telen, PT Inti Energi Kaltim, PT Gemilang Sejahtera Abadi, PT Telen Prima Sawit, PT Sawit Prima Nusantara, dan PT Cahaya Anugerah Plantation.

Di tahun tersebut, Widi juga diberi amanah sebagai Direktur di PT Teladan Prima Argo selama 2012-2021. Setelah itu, Widi kemudian ditugaskan sebagai Komisaris PT Teladan Prima Agro sejak 2021.

Saat ini, Widi menjabat sebagai Chief Operating Officer di PT Teladan Resources. Sekaligus menjadi Ketua Yayasan Teladan Utama dan Pengawas Yayasan Kawula Madani serta Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia untuk periode 2018 - 2024.

Berikut riwayat pekerjaan Widiyanti Putri Wardhana:

  • Komisaris PT Teladan Agro Resources dari 2007 hingga 2012
    • Komisaris di beberapa anak usaha TPA sejak 2013
  • Direktur PT Teladan Prima Agro sejak 2012 hingga 2021
  • Komisaris di PT Teladan Prima Agro sejak 2021

Di Yayasan Jantung Indonesia, Widi berperan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Kini, Widiyanti akan membantu pemerintahan Prabowo-Gibran selama lima tahun ke depan memajukan sektor pariwisata tanah air menggantikan Sandiaga Uno. Widiyanti akan dibantu Ni Luh Puspa, jurnalis TV yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pariwisata pemerintahan Prabowo-Gibran.