Anak Usaha MNC Akuisisi RAAM, Mau Kuasai Bisnis Konten dan TV Digital

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Pekerja berada di depan layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.
13/9/2024, 15.21 WIB

PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) menyuntikan dana segar hasil penerbitan saham tanpa hak memesan efek terlebih dahulu atau private placement kepada PT Tripar Multivision Plus Tbk (RAAM). Akuisisi ini merupakan langkah MSIN untuk lebih berkembang dan beradaptasi terhadap masa depan industri hiburan.

"Akuisisi RAAM oleh MSIN merupakan pencapaian dalam upaya untuk memperluas operasi kami di sektor media dan hiburan Indonesia. Saya memiliki pengalaman kolaborasi yang baik dengan Raam Punjabi. Kami sangat senang untuk dapat berkolaborasi dengan RAAM melalui akuisisi ini," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo ikutip dari keterangan resmi, Jumat (13/9)

Dengan akuisisi Tripar Multivision oleh MNC Digital Entertainment, kedua perusahaan akan memanfaatkan keahlian gabungan untuk meningkatkan produksi dan distribusi konten di berbagai platform media. Kerjasama ini mencakup TV free-to-air (FTA), TV berbayar, media sosial, OTT, dan bioskop.

Dengan memanfaatkan fasilitas produksi seperti movieland diharapkan dapat mengurangi biaya produksi secara signifikan. MSIN dan RAAM, yang masing-masing memiliki kekuatan di industri TV FTA dan bioskop, akan memanfaatkan sinergi ini untuk meningkatkan kualitas konten dan efisiensi operasional.

Selain itu, integrasi dengan MNC Media & Entertainment akan membuka peluang monetisasi tambahan untuk konten RAAM di platform TV FTA, TV berbayar, OTT, dan media sosial. Sebaliknya, jaringan bioskop RAAM akan memberikan lebih banyak peluang bagi MSIN untuk memasarkan film-filmnya.

Kolaborasi ini juga mencakup inisiatif bersama dalam pemasaran, promosi, dan operasional, yang diharapkan akan menghasilkan manfaat tambahan bagi kedua perusahaan.

Sementara itu, MSIN berada dalam industri konten dan hiburan digital, memiliki portofolio konten yang kuat, mencakup berbagai genre termasuk drama, infotainment, reality show, dan animasi. Hingga Agustus 2024, Perseroan memiliki 607,5 juta subscribers/followers dan 113,7 miliar views, dengan rata-rata 1,5 miliar views setiap bulan.

Sementara itu, sejak didirikan, RAAM telah menorehkan pencapaian yang mengesankan di dunia hiburan, dengan memproduksi lebih dari 15.000 jam serial televisi dan lebih dari 650 film.

Reporter: Selfie Miftahul Jannah