Sight Investment Kuasai 55,4% Saham SILO, Resmi Ambil Alih Kendali

Katadata | Agung Samosir
PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) mengumumkan perubahan dalam struktur kepemilikan sahamnya dengan Sight Investment Company PTE Limited (Sight) sebagai pengendali baru.
19/9/2024, 14.35 WIB

PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) mengumumkan perubahan dalam struktur kepemilikan sahamnya dengan Sight Investment Company PTE Limited (Sight) sebagai pengendali baru. Perusahaan asal Singapura ini kini memegang 55,4% dari total saham SILO, memperkuat posisinya sebagai pemegang saham mayoritas dalam emiten rumah sakit tersebut.

Corporate Secretary PT Siloam International Hospitals Tbk, Ratih Permata Putri Hadiwinoto, mengungkapkan bahwa sebelum proses penawaran tender sukarela resmi selesai, Sight Investment Company PTE Limited telah memperoleh kepemilikan sebesar 1,35 miliar saham SILO. Angka ini setara dengan 10,4% dari keseluruhan saham yang beredar di pasar.

"Sight memiliki 7,20 miliar saham dalam perseroan atau mewakili 55,4 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan," ujarnya dalam Keterbukaan Informasi, Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (19/9).

Sebelumnya, SILO mencatatkan transaksi tutup sendiri (crossing) senilai Rp 16,68 triliun. Seiring dengan transaksi crossing tersebut, saham SILO pun ditutup naik 70% ke level Rp 2.950 per lembar pada perdagangan Jumat (13/9).

Crossing saham merupakan transaksi antara dua pihak atau investor yang menggunakan broker atau sekuritas yang sama. Transaksi ini tidak terjadi pada pasar reguler, tetapi terjadi di pasar negosiasi.

Jumlah saham yang ditransaksikan mencapai 5,82 miliar lembar di pasar negosiasi. Saham SILO ditransaksikan dengan harga Rp 2.850 per saham.

Transaksi ini diisukan berkaitan dengan tender offer sukarela yang dilakukan Sight Investment Company Pte Ltd terhadap saham SILO sesuai dengan prospektus yang diterbitkan Siloam Hospitals.

Tender offer yang dilakukan Sight Investment Company Pte Ltd ini mewakili 45% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Siloam Hospitals.