LRT Jakarta Fase 1B Siap Test Track, Progres Konstruksi Capai 29,17%

Katadata
Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B telah mencapai progres konstruksi sebesar 29,17% memasuki pada pekan ketiga September 2024.
28/9/2024, 15.13 WIB

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B telah mencapai progres konstruksi sebesar 29,17% memasuki pada pekan ketiga September 2024.

Direktur Teknik dan Pengembangan Jakpro Group Dian Takdir menjelaskan, salah satu langkah krusial yang tengah dipersiapkan adalah uji coba jalur atau Test Track, yang dijadwalkan akan dimulai pada 30 September 2024 dari Stasiun Velodrome.

"Kami sangat fokus pada setiap detail persiapan untuk memastikan uji coba ini berjalan lancar dan sesuai standar keselamatan yang tinggi. Ini adalah wujud komitmen Jakpro dalam mewujudkan transportasi publik yang modern dan aman bagi masyarakat Jakarta," jelas dia dalam keterangan resmi, Sabtu (28/9).

Ia menjelaskan, uji coba jalur ini akan menjadi titik penting dalam proses pembangunan, menandai dimulainya fase lanjutan yang melibatkan pengecekan seluruh lintasan yang telah selesai dibangun.

Tujuannya adalah memastikan bahwa infrastruktur jalur siap dan memenuhi standar keamanan serta kinerja operasional sebelum digunakan untuk layanan publik.

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) bekerja sama dengan konsorsium KSO (PT Waskita Karya Tbk, PT Nindya Karya, dan PT Len Railway System) kini sedang mempersiapkan infrastruktur, jalur, serta perangkat pendukung lain untuk memastikan keamanan dan kelancaran uji coba tersebut.

Sebagai bagian dari persiapan, peron operasional LRT Fase 1A di Stasiun Velodrome akan dipindahkan dari sisi barat ke sisi timur. Perubahan ini diharapkan dapat menyesuaikan jalur operasional LRT Jakarta dalam jangka panjang.

Setelah semua pemeriksaan teknis selesai, uji coba akan dimulai dengan Kereta Luar Biasa, kemudian dilanjutkan dengan Maintenance Rail Vehicle (MRV) dan 1 rangkaian Light Rail Vehicle (LRV).

Lintasan sepanjang 1,2 km dari Velodrome ke Rawamangun, yang merupakan bagian dari rute sepanjang 6,4 km antara Velodrome hingga Manggarai, menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mempercepat realisasi transportasi massal yang modern dan ramah lingkungan.

Proyek LRT Jakarta Fase 1B dikerjakan dari dua zona, yaitu Velodrome – Pramuka dan Pramuka – Manggarai, dengan tujuan mendukung Stasiun Manggarai sebagai pusat transportasi di Jakarta.

Dengan tersambungnya rute ini, LRT diharapkan mampu menjadi solusi efektif dalam mengurangi kemacetan dan mendorong penggunaan transportasi publik di Jakarta.

Uji coba ini diharapkan akan membawa LRT Jakarta Fase 1B semakin dekat ke tahap penyelesaian, demi memberikan akses transportasi yang lebih mudah dan nyaman bagi warga Jakarta.

Reporter: Selfie Miftahul Jannah