PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) bekerja sama dengan WIR Group akan membangun ekosistem untuk mengembangkan layanan perbankan di metaverse. Kolaborasi ini diyakini dapat memberi pengalaman baru kepada para nasabah, juga masyarakat luas.
SEVP Digital Business BNI, Rian Eriana Kaslan mengatakan, BNI akan mengembangkan metaverse sebagai bagian dari perkembangan teknologi yang sesuai kebutuhan nasabah untuk memperoleh edukasi dan informasi produk serta layanan perbankan yang dimilikinya.
Hal tersebut dilakukan sejalan dengan tujuan perseroan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, utamanya kepada para nasabah.
"Kami lihat metaverse bisa menjadi tempat yang sangat ideal untuk nasabah mendapat pengalaman yang berbeda dan lebih baik," kata Rian dalam acara Indonesia Data and Economic Conference 2022 (IDE) Katadata, Selasa (5/4).
Rian mengatakan, perseroan berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi metaverse secara optimal demi memberi edukasi terkait produk dan layanan perseroan kepada para nasabah. Ia menyebut, banyak produk dan layanan BNI yang belum dimanfaatkan secara maksimal karena terbatasnya pengetahuan serta informasi yang dimiliki nasabah.
"Di metaverse, informasi terkait layanan atau produk bisa didapatkan tanpa terbatas pertemuan secara fisik dan waktu, sehingga informasi yang didapatkan bisa lebih banyak. Jadi hal-hal itu yang akan kita kedepankan, untuk meningkatkan pengetahuan penggunaan layanan di BNI," ujar dia.
BNI menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama pengembangan metaverse dengan WIR Group pada 15 Februari lalu. Hal tersebut menjadi langkah awal dalam perjalanan BNI untuk mengembangkan layanan perbankan di dunia digital.
"Kami akan membentuk ekosistem bisnis yang baru di dalamnya, seperti digital branch, digital product, new services, dan engagement kepada customer yang attached dengan metaverse,” kata Direktur IT & Operasi BNI Y.B. Hariantono dalam keterangan resminya, Selasa (15/2) lalu.
Nantinya, BNI juga akan membuat inovasi pengalaman transaksi nasabah bukan hanya berinteraksi dengan komputer, tetapi juga staff BNI dalam bentuk avatar.
Selain itu, BNI juga akan fokus pada pengembangan talent digital yang akan mendukung ekosistem digital konsumen ke depannya, dengan meningkatkan kualitas layanan perbankan digital yang lebih menarik dan memberikan nilai tambah.