Laba Cimory Melesat 59% Jadi Rp 581 Miliar Semester I

Instagram/@cimoryindonesia
Ilustrasi produk susu UHT merek Cimory.
25/7/2022, 16.13 WIB

PT Cisarua Mountain Dairy Tbk atau Cimory membukukan laba bersih Rp 581,14 miliar sepanjang semester I 2022, atau melonjak 59,43% dari raihan laba bersih pada periode yang sama tahun lalu, Rp 364,50 miliar. 

Berdasarkan laporan keuangan, kenaikan laba bersih emiten berkode saham CMRY ini ditopang oleh perolehan pendapatan yang mencapai Rp 3,13 triliun, atau melesat 98,08% dari perolehan omzet periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,28 triliun. 

Adapun, pendapatan yang dikontribusi oleh produk olahan susu tercatat sebesar Rp 1,82 triliun atau naik 72,42% dari raihan tahun lalu, sebesar Rp 1,056 triliun. Selain itu, pendapatan juga didapat dari segmen makanan konsumsi sebesar Rp 1,31 triliun atau naik 149,64%. Pertumbuhan pendapatan dari makanan konsumsi sangat melejit tahun ini, dari tahun lalu yang hanya Rp 5,25 miliar. 

Berdasarkan pangsa pasar secara geografis, pendapatan dari dalam negeri tercatat mencapai Rp 3,11 triliun atau naik 98,41% dari tahun sebelumnya yaitu Rp 1,57 triliun. Sementara itu, pendapatan dari pasar luar negeri sebesar Rp 16,54 miliar atau naik 51,28% dari tahun lalu yaitu, Rp 10,93 miliar. 

Kendati demikian, dari sisi pengeluaran, beban pokok penjualan ikut melambung tinggi hingga Rp 1,77 triliun dari semula hanya Rp 824,32 miliar. Alhasil, laba kotor meningkat 79,07% dari Rp 757,42 miliar menjadi Rp 1,36 triliun. 

Dari sisi neraca keuangan, total liabilitas sampai akhir semester I tercatat naik menjadi Rp 1,01 triliun , dari posisi tahun sebelumnya yakni, Rp 844,88 miliar.

Pada 2022, perseroan berencana menambah kapasitas untuk produk-produk perseroan seperti susu, yoghurt, dan sosis.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail