90 Tahun Berkiprah, Unilever Indonesia Raih Penghargaan ACES 2023

The Asia Corporate Excellence and Sustainability Awards (ACES) - Unilever Indonesia
Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti dinobatkan sebagai Asia's Most Inspiring Executives oleh The Asia Corporate Excellence and Sustainability Awards (ACES) ke-10. Unilever Indonesia juga memenangkan kategori Industry Champions of the Year dalam ajang yang sama.
Penulis: Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
27/11/2023, 14.39 WIB

The Asia Corporate Excellence and Sustainability Awards (ACES) ke-10 telah digelar di Malaysia tanggal 24 November 2023 lalu. Dari 580 calon nominasi, ACES Awards telah mengumumkan 82 pemenang dari 21 kategori yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Laos, Mongolia, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

ACES merupakan penghargaan bergengsi di Asia yang ditujukan bagi pemimpin dan korporasi yang telah membuat perubahan positif bagi industri.

Penghargaan diberikan pada perusahaan yang juga memberikan perhatian pada nilai-nilai keberlanjutan pada aspek Environmental, Social and Governance (ESG) di dalam rantai operasi bisnisnya.

Adapun, PT Unilever Indonesia Tbk berhasil mewakili Indonesia sebagai pemenang ACES 2023. Unilever mendapatkan dua penghargaan dari kategori yang berbeda, antara lain Asia's Most Inspiring Executives yang didapatkan oleh Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti serta Industry Champions of the Year.

Penghargaan ini dicapai mendekati hari jadi ke-90 Unilever Indonesia. Sejak 1933, Unilever Indonesia bertumbuh, berkembang, dan berkontribusi bagi masyarakat dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan melalui berbagai inisiatif perusahaan maupun brand di dalamnya dari hulu hingga ke hilir.

Secara global, Unilever Indonesia telah memiliki visi dalam menjadikan kehidupan berkelanjutan sebagai hal yang lumrah (to make sustainable living commonplace).

Hal ini tertuang dalam strategi global yaitu ‘The Unilever Compass’ yang mencakup tiga pilar komitmen keberlanjutan, yakni menciptakan planet yang lebih lestari, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Unilever Indonesia memastikan strategi ‘The Unilever Compass’ ini terintegrasi dalam seluruh kegiatan bisnis termasuk brand, inovasi produk, dan program masyarakat.

Komitmen ini diwujudkan dengan cara memastikan seluruh brand memiliki tujuan atau purpose yang jelas dan selaras dengan ketiga pilar tersebut. Dari sisi operasi bisnis, Unilever dari hulu hingga ke hilir juga berjalan sesuai dengan komitmen pada sustainable-ethical business practice.

Adapun, dari segi inisiatif dan program, Unilever Indonesia telah menghasilkan berbagai terobosan dan capaian yang mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan untuk mendorong Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif.

Berkomitmen untuk menciptakan ekonomi sirkular, Unilever Indonesia mengumpulkan dan memproses lebih banyak plastik daripada yang digunakan untuk menjual produk sebanyak 62.360 ton sepanjang tahun 2022 melalui kerjasama dengan 4.000 bank sampah di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa program lainnya yang sejalan dengan visi perusahaan termasuk memberdayakan komunitas perempuan dengan edukasi pentingnya mengkonsumsi gizi seimbang melalui Royco Nutrimenu.

Lalu memberikan pemeriksaan gigi gratis dan tele-dentistry dari Pepsodent, serta membantu petani Kedelai Hitam Mallika Bango, dan banyak lainnya.

Ira Noviarti sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia menjadi Chairman B20 Indonesia Women in Business Council (WiBAC) pada periode kepresidenan Indonesia G20 di tahun 2022.

Sehingga memungkinkan perusahaan untuk turut merumuskan solusi yang mampu menjawab tantangan serta peluang bagi perempuan untuk lebih berkiprah di bidang ekonomi dan bisnis di level nasional maupun internasional.

Wujud konkretnya adalah peluncuran platform One Global Women Empowerment (OGWE) yang dirancang untuk menyatukan pihak-pihak yang membutuhkan dan dapat membantu memberdayakan pekerja dan pengusaha perempuan di seluruh dunia. Tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan digital, memberikan akses pendanaan, dan investasi.

Adapun, pencapaian dalam ajang ACES Awards ini tentunya menjadi semangat bagi Unilever Indonesia untuk terus memberikan kontribusi positif bagi Indonesia di masa yang akan datang.