PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam menyediakan layanan penerimaan iuran peserta dan pembayaran klaim. Direktur Utama Bank Danamon Indonesia Ejima mengatakan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan merupakan bagian dari solusi keuangan holistik (one stop financial solution provider).
"Kerja sama ini akan menjadi inisiatif bisnis baru bagi Danamon dan kami optimis dapat meningkatkan jumlah nasabah dan transaksi ke depannya," kata Ejima dalam keterangan resminya, Senin (3/6).
Sebagai salah satu bank persepsi, Danamon juga mendukung program BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan jangkauan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan pada setiap lapisan masyarakat.
Ejima mengatakan para pemberi kerja atau perusahaan yang membutuhkan kemudahan dalam membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan seluruh pekerjanya, perusahaan dapat memanfaatkan Danamon Cash Connect atau Corporate Internet Banking dan Open API.
Pekerja pada perusahaan tersebut juga berkesempatan mendapatkan penawaran menarik dari Grup Danamon dalam bentuk aneka pinjaman konsumtif untuk kebutuhan rumah hingga kendaraan.
Danamon juga meningkatkan jangkauan BPJS Ketenagakerjaan melalui kerjasama dengan kantor cabang Adira Finance sebagai payment points. Danamon juga bekerja sama dengan digital partner yang saat ini mencapai lebih dari 100.000 payment points di seluruh Indonesia.
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo menyampaikan kolaborasi dengan Danamon bisa membuka peluang berbagai kerja sama. "Semakin banyak stakeholder yang terlibat, akan semakin banyak pekerja di luar sana yang terlindungi," tuturnya.
BPJS mencatat telah melayani 40 juta pekerja, dan masih ada 60 juta lagi yang belum terlindungi. Dari jumlah tersebut mayoritas yakni pekerja informal.
"Tantangan untuk mereka yakni kemudahan dalam membayar iuran. Sehingga kita harus mendorong dengan mempermudah mereka dengan memberikan kanal yang mudah diakses,” kata Anggoro.