Elon Musk Bakal Jadi Triliuner Pertama di Dunia pada 2027

Instagram @elonmusk
Laporan Informa Connect Academy menyebut Elon Musk bisa menjadi triliuner pertama di dunia pada 2027.
Penulis: Hari Widowati
18/9/2024, 09.02 WIB

Kerajaan bisnis Elon Musk yang luas, mulai dari kendaraan listrik, media sosial hingga roket luar angkasa dan implan otak miniatur, mungkin akan segera membuatnya menjadi triliuner pertama di dunia. Laporan Informa Connect Academy menyebut Musk bisa menjadi triliuner pertama di dunia pada 2027.

Kesuksesan bisnis Musk telah membuatnya menjadi salah satu orang paling berpengaruh dan kontroversial - di dunia. Bos Tesla ini sudah menjadi orang terkaya di planet ini, dengan kekayaan yang diperkirakan mencapai hampir US$250 miliar (Rp 3.837,8 triliun).

Informa mencatat bahwa kekayaan bersih Musk telah berkembang pesat dengan laju rata-rata 110% per tahun, menjadikannya “kandidat utama” untuk mencapai angka US$1 triliun.

Bersaing dengan Jensen Huang dan Gautam Adani

Namun, Musk menghadapi persaingan. Nvidia, perusahaan pembuat cip komputer yang mendorong ledakan kecerdasan buatan (AI), dapat membuat Jensen Huang menjadi seorang triliuner pada 2028. Menurut data Bloomberg, Huang yang merupakan CEO dan salah satu pendiri Nvidia, memiliki kekayaan bersih sebesar US$104 miliar (Rp 1.596,5 triliun).

Miliarder India, Gautam Adani, juga berada di jalur yang tepat untuk menjadi triliuner pada 2028.

Apakah Musk akan mencapai angka satu triliun dolar terlebih dahulu atau tidak sama sekali, hal ini akan sangat bergantung pada masa depan kesuksesan terbesarnya: Tesla.

Pembuat mobil listrik yang didirikan oleh Musk ini telah menjadi perusahaan otomotif paling bernilai di dunia, dengan harga sekitar US$710 miliar (Rp 10,9 kuadriliun). Nilai ini lebih besar daripada gabungan nilai perusahaan Coca-Cola, Bank of America, dan Boeing.

Tesla adalah aset terbesar Musk. Dia memiliki hampir 13% saham perusahaan, artinya kepemilikan saham Musk bernilai sekitar US$93 miliar (Rp 1.427,7 triliun) pada harga saat ini.

Musk memiliki 303 juta opsi saham lainnya yang terkait dengan paket kompensasi yang epik dan kontroversial. Paket kompensasi ini dibatalkan oleh hakim namun kemudian dihidupkan kembali dan disetujui oleh para pemegang saham. Jika Tesla terus berkembang, hal ini dapat mendorong kekayaan Musk melampaui US$1 triliun.

“Kami yakin Musk telah memposisikan dirinya untuk mencapai level baru di tahun-tahun mendatang karena Tesla memanfaatkan swakemudi penuh, Robotaxis, dan masa depan mobil listrik,” ujar Dan Ives, analis ekuitas senior di Wedbush Securities, kepada CNN.

Tesla Menghadapi Persaingan Kuat dari Mobil Listrik Cina

Namun, hal itu bukan jaminan. Tesla menghadapi persaingan yang ketat, terutama dari para pesaing yang lebih murah di Cina. Perusahaan ini telah berjuang keras, dengan penjualan yang lebih lemah membuat sahamnya jatuh hingga dua pertiga pada tahun 2022.

Produsen mobil ini juga melakukan beberapa kali penarikan untuk kendaraannya. Hal ini termasuk penarikan perangkat lunak pada hampir semua mobilnya di jalan-jalan AS karena fitur Autopilot yang bermasalah.

Musk pernah mengungkapkan bahwa Tesla hanya tinggal beberapa hari lagi untuk mengajukan kebangkrutan pada tahun 2008 sebelum mendapatkan pinjaman di menit-menit terakhir untuk membuatnya tetap bertahan.

Pada tahun 2018, Musk juga mendapat masalah dengan regulator dan pemegang saham. Pasalnya, ia mengatakan bahwa ia memiliki “pendanaan yang aman” dalam sebuah kesepakatan untuk mengambil alih Tesla secara privat dengan harga US$420 (Rp 6,45 juta) per saham. Musk dipaksa untuk membayar jutaan dolar dalam bentuk denda dan biaya hukum serta mengundurkan diri sebagai CEO Tesla.

“Musk telah berkali-kali menghadapi masalah dengan Tesla dan meskipun banyak pembenci dan skeptis, ia berhasil membalikkan keadaan Tesla,” kata Ives kepada CNN.

Merek Tesla juga menghadapi risiko yang terkait dengan pusaran kontroversi yang telah mengikuti Musk selama bertahun-tahun. Pekan ini, Musk menghapus sebuah postingan yang mempertanyakan mengapa mantan Presiden Donald Trump telah menghadapi dua upaya pembunuhan, sementara Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris tidak mengalaminya.

“Dan tidak ada yang mencoba membunuh Biden/Kamala ????,” tulis Musk dalam postingan di X tersebut. Dia mengklaim bahwa postingan tersebut adalah sebuah lelucon dan kemudian menghapusnya.

Aset Lain Milik Musk: SpaceX hingga Neuralink

Meskipun Tesla adalah aset terbesar Musk, namun ini bukanlah satu-satunya asetnya. Dia juga memiliki saham di perusahaan konstruksi terowongan The Boring Company dan perusahaan rintisan kecerdasan buatan xAI.

Lalu ada SpaceX, perusahaan pembuat pesawat luar angkasa yang membuat sejarah pada Kamis lalu dengan melakukan perjalanan luar angkasa non-pemerintah pertama yang pernah ada.

Seperti yang dicatat oleh Bloomberg, Musk memiliki sekitar 42% saham SpaceX, sebuah perusahaan swasta yang pada bulan Juni lalu dihargai sebesar US$210 miliar (Rp 3.224 triliun).

Musk juga memiliki Neuralink, sebuah perusahaan rintisan implan cip otak yang berharap dapat membantu orang-orang yang lumpuh untuk kembali bergerak.

Sebagian kekayaan Musk juga berasal dari bisnisnya yang mungkin paling kontroversial: platform media sosial X. Musk mengakuisisi X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) pada tahun 2022 - setelah pada awalnya mencoba keluar dari kesepakatan senilai US$44 miliar (Rp 675,45 triliun).

X dengan cepat kehilangan nilainya di bawah kepemilikan Musk. Musk juga mendapat kecaman atas sikapnya terhadap moderasi konten dan penyebaran informasi yang salah, belum lagi cuitan antisemit dari Musk sendiri.

Pada suatu waktu tahun lalu, Musk meminta maaf atas apa yang ia sebut sebagai unggahan media sosialnya yang “paling bodoh”. Akan tetapi, pada saat yang sama ia juga mengatakan sumpah-serapah kepada para pengiklan karena menganggap mereka tidak penting bagi X.