Sea Bank Cetak Laba Rp 291,53 Miliar per Kuartal III-2024

www.seabank.co.id
PT Bank Seabank Indonesia atau SeaBank membukukan laba bersih tahun berjalan senilai Rp 291,53 miliar per September 2024.
15/11/2024, 15.59 WIB

PT Bank Seabank Indonesia atau SeaBank membukukan laba bersih tahun berjalan senilai Rp 291,53 miliar per September 2024. Nilai laba itu naik 31,97% secara tahunan atau year on year (yoy) dibandingkan perolehan Rp 220,90 miliar pada September 2023.

Adapun total aset Bank mengalami kenaikan menjadi Rp 32,9 triliun atau meningkat 17% dibandingkan Desember 2023 yang didorong oleh pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 22% dari Rp 20,8 triliun menjadi Rp 25,4 triliun di kuartal III-2024. 

SeaBank telah memberikan penyaluran kredit senilai lebih dari Rp 50 triliun selama tahun berjalan. Khususnya golongan berpenghasilan rendah dengan saldo kredit pada akhir kuartal III-2024 tercatat mencapai Rp 19,7 triliun. Prinsip kehati-hatian tetap menjadi prioritas SeaBank hal ini ditunjukkan melalui perbaikan rasio kredit bermasalah (NPL) ke angka 1,6%.

Sejalan dengan itu, rasio profitabilitas menunjukkan peningkatan dengan tingkat pengembalian aset (return on asset/ROA) tercatat sebesar 1,55% di kuartal III-2024, naik dari 1,29% pada kuartal II-2024 sementara tingkat pengembalian ekuitas (return on equity/ROE) tercatat sebesar 7,18% dari 5,98% di kuartal II-2024. 

Prestasi lainnya adalah bertambahnya jumlah pengguna SeaBank yang mencapai 15,5 juta Nasabah per Oktober 2024, angkat tersebut melampaui target akhir tahun 2024 sebesar 15 juta Nasabah. Melonjaknya jumlah Nasabah menandakan bahwa SeaBank semakin dipercaya dan digunakan luas oleh masyarakat Indonesia.

Direktur Utama SeaBank Indonesia, Sasmaya Tuhuleley mengatakan capaian ini menjadi motivasi kami untuk terus memberikan layanan dan inovasi produk yang terbaik.

"Transaksi harian di SeaBank terus mengalami peningkatan. Pada kuartal III-2024 rata-rata transaksi harian tercatat 4 juta transaksi dengan perputaran uang mencapai Rp 3 triliun setiap harinya," kata Sasmaya dalam keterangan resminya, Jumat (15/11). Sedangkan di kuartal sebelumnya, transaksi harian rata-rata 3 juta transaksi dengan perputaran uang Rp 2 triliun.  

Capaian ini didorong oleh tingginya aktivitas transfer, direct payment, QRIS, dan berbagai transaksi digital lainnya, hal ini mencerminkan bahwa aplikasi SeaBank terbukti mampu memenuhi kebutuhan finansial Nasabah sehari-hari.

Selain prestasinya dalam segi finansial, SeaBank juga berhasil dipilih sebagai bank digital favorit Gen Z. Berdasarkan survei Populix pada Juli 2024, SeaBank meraih market share sebesar 57% di kalangan Gen Z Indonesia. 

Menanggapi informasi seputar SeaBank sebagai bank paling dipilih Gen Z, Sasmaya melihat hasil ini sebagai buah dari strategi bisnis yang efektif, dedikasi seluruh karyawan, serta pemasaran yang selaras dengan kebutuhan nasabah Indonesia. 

“Kepercayaan Gen Z pada SeaBank adalah bukti bahwa layanan kami dapat memenuhi kebutuhan finansial anak muda. Dengan berbagai kemudahan, seperti bebas biaya transfer, serta promosi menarik, kami akan terus berinovasi untuk memberikan layanan yang semakin relevan bagi nasabah kami di masa depan, ” tutup Sasmaya.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail