Belanja Orang RI Meningkat Saat Ramadan dan Lebaran, Ini Buktinya

ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Warga berbelanja pakaian untuk Lebaran di pasar Legi Parakan, Temanggung, Jawa Tengah. Hasil Mandiri Spending Index (MSI) menunjukkan, indeks nilai belanja pada akhir Maret sebesar 136,4 poin yang berada pada tren kenaikan.
Penulis: Abdul Azis Said
12/4/2023, 20.35 WIB

Belanja orang Indonesia meningkat memasuki Ramadan dan diperkirakan semakin terakselerasi menjelang Lebaran. Ini terbukti dari Mandiri Spending Index (MSI) yang menunjukkan indeks nilai belanja pada akhir Maret sebesar 136,4 poin yang berada pada tren kenaikan.

"Tren kenaikan belanja berlangsung sejak akhir Februari dan mengalami akselerasi seiring dimulainya bulan Ramadan di akhir Maret," kata Kepala Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono dalam keterangannya, Rabu (12/4). 

Teguh menyebut, kenaikan pada belanja di awal Ramadan sesuai dengan pola yang terjadi tiap tahun. Tingkat belanja rata-rata tumbuh 4% menjelang Ramadan tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Meski demikian, pertumbuhannya melambat jika dibandingkan Ramadan dua tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, tingkat belanja di awal Ramadan tumbuh rata-rata 15% dibandingkan tahun sebelumnya.

Bila dibandingkan Ramadan 2021 tercatat rata-rata tumbuh 84%. Meski demikian, perlu dicatat pula bahwa pada 2020 Ramadan bertepatan dengan bulan-bulan awal pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said