Mahfud Fokus Bahas Biaya Hidup dan Kepastian Hukum di Debat Cawapres

ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/aww.
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyampaikan paparannya saat acara silaturahim di gedung iNews Tower, Jakarta, Selasa (5/12/2023). Kegiatan yang dihadiri perwakilan pondok pesantren dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Jabodetabek tersebut dihelat Partai Perindo sekaligus sebagai ajang kampanye pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3.
Penulis: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
22/12/2023, 18.37 WIB

Calon Wakil Presiden Nomor Urut Tiga Mahfud MD akan fokus membahas tiga hal dalam debat perdana Cawapres pada hari ini, Jumat (22/12) yang dimulai pukul 19.00 WIB. Ketiga hal tersebut adalah penciptaan lapangan kerja, biaya hidup, dan kepastian hukum dalam berusaha. 

Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD Arsjad Rasjid mengatakan bahan debat yang akan dibawakan Mahfud MD adalah hasil blusukan. Menurutnya, masalah hukum menjadi sangat penting dalam keberlanjutan dunia usaha di dalam negeri 

"Karena kepastian hukum menyangkut penciptaan lapangan kerja, karena hal yang menghambat investor yang ingin masuk adalah masalah hukum. Biaya hidup dijaga dan kepastian hukum, itu hal yang paling penting," kata Arsjad di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12).

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Arsjad memasuki kawasan JCC sekitar pukul 18.00 WIB. Arsjad menggunakan kemeja pink dengan tulisan "Sat-Set" dan wajah duet Ganjar-Mahfud. 

Ia mengatakan, para pendukung Fanjar-Mahfud menggunakan pakaian yang sama dengan dirinya dalam rangka memperingati Hari Ibu. Menurut dia,  ibu merupakan kelompok yang akan diperjuangkan Ganjar-Mahfud. 

"Kami hari ini dalam rangka menghormati semua ibu-ibu, sebagaimana ibu-ibu adalah pejuang bangsa," ujarnya.

Ganjar - Mahfud mengusung visi “Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045”. Keduanya cukup ambisius menjanjikan rata-rata  pertumbuhan ekonomi mencapai 7%, serupa dengan janji Jokowi saat Pilpres 2009 yang belum pernah tercapai.

Ganjar dan Mahfud menjanjikan 17 juta lapangan kerja baru per tahun. Tingkat kemiskinan ditargetkan turun menjadi hanya 2,5% dan kemiskinan ekstrem dalam lima tahun memimpin jika terpilih. Untuk mencapai target-target tersebut, Ganjar - Mahfud berjanji akan mendorong industrialisasi dan menargetkan rata-rata pertumbuhan industri mencapai 7-8%.

Pasangan ini juga menjanjikan sejumlah upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, antara lain melalui program wajib belajar 12 tahun gratis, satu keluarga satu sarjana dan melipatgandakan anggaran riset dan penelitian.  Di sisi lain, pasangan ini berencana untuk meneruskan proyek Ibu Kota Nusantara dan program keluarga harapan atau PKH dengan target lebih banyak yakni mencapai 15 juta kepala keluarga. 

Reporter: Andi M. Arief