[Foto] Potret Pilihan Pekan Ini, Kemeriahan HUT RI ke-79 di Berbagai Daerah

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Penulis: Fauza Syahputra
18/8/2024, 16.40 WIB
Pada tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-79 sejak kemerdekaan pada 1945. Hari ulang tahun bangsa ini merupakan momen yang istimewa bagi seluruh masyarakat di berbagai daerah. Berbagai cara dilakukan untuk menyemarakkan hari bersejarah tersebut. 
 
Personil kepolisian, TNI, dan sejumlah instansi, misalnya, mengibarkan bendera merah-putih di Pulau Pelampong, Batam, Kepulauan Riau. Tempat ini berbatasan langsung dengan perairan Singapura. Kemeriahan juga terasa di Sungai Batang Arau, Padang, Sumatera Barat. Masyarakat setempat mengadakan lomba selaju sampan.

Dari Jakarta, suasana sukacita dihadirkan di tempat rekreasi Sea World Ancol melalui atraski penyelam yang menghibur pengunjung dengan mengibarkan bendera merah-putih di kolam raksasa. Sementara itu, untuk memeriahkan HUT RI ke-79, Balai Kesejahteraan Sosial yang berlokasi Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengadakan pentas seni. Pesertanya anak-anak penyandang disabilitas untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengembangkan kemampuan di bidang seni dan budaya.

Berbagai aktivitas menyambut HUT RI yang ke-79 juga ada di beberapa daerah lainnya di Tanah Air. Ada lampu kamar hotel yang dinyalakan membentuk bendera merah-putih dan angka 79 di kawasan Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten. Lalu karnaval kemerdekaan di Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan lomba pelajar di sekolah SMPN 2 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga mural bertema kemerdekaan di Kelurahan Dadapsari, Semarang Jawa Tengah.
 

Reporter: Antara