[Foto] Beradu Cepat di Sirkuit MotoGP Mandalika 2024

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Penulis: Fauza Syahputra
30/9/2024, 16.00 WIB

Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin meraih kemenangan Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/9). Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Martin di MotoGP Mandalika setelah dua tahun berturut-turut gagal finis karena terjatuh.

Sejak memulai balapan di posisi pertama, ia langsung tancap gas hingga tak pernah disusul pembalap lainnya. Jorge Martin juga terlihat penuh perhitungan. Ia mencoba untuk tidak mengulangi kesalahannya pada sprint race yang membuatnya terjatuh dan finis di posisi ke-10.

Di posisi kedua, pembalap dari KTM GasGas Tech3, Pedro Acosta, juga tampil konsisten. Acosta berusaha mengejar Jorge Martin. Namun hingga balapan berakhir, dia tak mampu menyalip. Adapun juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) harus tercecer hingga posisi keenam setelah mendapatkan start yang kurang maksimal pada awal balapan.

Persaingan sengit terjadi di posisi ketiga. Enea Bastianini (Ducati Lenovo) yang berada di posisi kelima berusaha menyalip dua pembalap, yaitu Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) dan Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46). Secara perlahan Enea merebut posisi keempat dari Bezzecchi pada putaran ke-15. Dua putaran setelahnya ia sukses menyalip Morbidelli dan mengambil alih posisi ketiga.

Jorge Martin yang tampil konsisten selama balapan, berhasil meraih kemenangan pada MotoGP Mandalika yang diikuti Pedro Acosta dan Francesco Bagnaia dengan masing-masing terpaut 1,404 detik dan 5,595 detik. Dengan hasil ini, Jorge Martin masih memimpin klasemen sementara MotoGP dengan meraih 366 poin, selisih 21 poin dari Francesco Bagnaia yang menempati posisi kedua dengan 345 poin.

Untuk posisi ketiga dan keempat dihuni Enea Bastianini dengan 291 poin dan Marc Marquez dengan 288 poin. Pedro Acosta yang finis di posisi kedua MotoGP Mandalika berada di urutan kelima klasemen dengan 181 poin. Balapan MotoGP musim 2024 akan berlanjut pada putaran ke-16 di Sirkuit Motegi, Jepang, pada 4-6 Oktober mendatang.

Reporter: Antara