[Foto] Potret Pilihan Pekan Ini, Calon Penghuni Kabinet Prabowo Subianto

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Penulis: Fauza Syahputra
20/10/2024, 06.30 WIB

Prabowo Subianto mulai menyusun jajaran calon menteri dan wakil menteri yang akan masuk kabinet pemerintahannya. Pada Senin (14/10), presiden terpilih untuk periode 2024-2029 ini mengundang 49 tokoh ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Sebanyak 18 orang merupakan penghuni kabinet Presiden Joko Widodo, yakni 16 menteri dan dua wakil menteri. Mereka di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia.

Pada hari berikutnya, Prabowo melanjutkan pemanggilan sebanyak 59 tokoh, ada yang dari kalangan profesional dan partai. Mereka di antaranya Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono dan Suahasil Nazara, Ketua Umum Partai Prima Agus Jabo Priyono, Politikus Golkar Dyah Roro Esti Widya Putri, hingga legenda bulu tangkis Indonesia Taufik Hidayat.

Lalu, Prabowo Subianto mengadakan pembekalan di kediamannya di Hambalang, Kabupaten Bogor. Pada hari pertama, Rabu (16/10), diperuntukkan bagi calon menteri dengan topik geopolitik, ekonomi, ketahanan pangan, hingga ketahanan energi. Tokoh-tokoh yang datang di antaranya Menteri Sosial Saifullah Yusuf, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Supratman Andi Agtas, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Adapun pembekalan bagi calon wakil menteri digelar pada Kamis (17/10). Topiknya mengenai kecerdasan buatan, komunikasi, lapangan kerja masa depan, dan antikorupsi. Mereka yang datang seperti Walikota Bogor periode 2019-2024 Bima Arya, Guru Besar Tsinghua University Stella Christie, politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha, dan akademisi Atip Latipulhayat.

Reporter: Fauza Syahputra, Antara, Ade Rosman