Telkom Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan

Telkom
SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza (Tengah), VP Network/IT Strategy, Technology & Architecture Telkom Rizal Akbar (Kiri), dan EGM Divisi Information Technology Telkom Sihmirmo Adi (Kanan) pada Press Conference, di Telkom Landmark Tower (22/8).
Penulis: Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
23/8/2022, 11.06 WIB

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (Telkom) menegaskan tidak ada kebocoran data pelanggan IndiHome seperti yang dibicarakan di pemberitaan media pekan lalu.

Seperti yang telah disampaikan juga saat pendalaman yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Telkom memastikan bahwa tidak terdapat temuan data yang mengandung nomor IndiHome yang valid.  Selain itu tidak ada sistem di Telkom yang menyimpan riwayat pencarian (browsing history) dan data pribadi pelanggan secara berdampingan.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menyampaikan, setelah melakukan penelusuran dan investigasi menyeluruh, perseroan meyakini dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran data pelanggan di sistem Telkom. 

“Ini 100% merupakan data yang difabrikasi oleh pihak maupun oknum yang ingin memojokkan Telkom,” kata dia dalam jumpa pers bersama VP Network/IT Strategy, Technology & Architecture Telkom Rizal Akbar dan EGM Divisi Information Technology Telkom Sihmirmo Adi di Telkom Landmark Tower (22/8).

Keseluruhan data pelanggan, kata dia, disimpan di dalam sebuah sistem keamanan siber yang terintegrasi dan dikelola berdasarkan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku.

Halaman: