PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali meraih prestasi di taraf Internasional. Kali ini, Contact BRI meraih silver medal dalam kategori Technology Innovation di ajang Contact Center Asia Pacific Award (CC APAC) 2023.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, penghargaan ini dipersembahkan bagi seluruh Insan BRILiaN (pekerja BRI).

"Penghargaan ini menjadi pemicu bagi kami untuk terus berkomitmen meningkatkan kepuasan nasabah. Penghargaan ini pun sekaligus menjadi pembuktian bahwa layanan BRI selalu diupayakan yang terbaik dan menjadi yang terdepan,” ujarnya dalam siaran pers, dikutip Jumat (8/12).

Kompetisi CC APAC diselenggarakan pada 27 November hingga 1 Desember 2023 di Sunway Resort, Petailing Jaya, Malaysia. Ajang tahunan ini diikuti oleh praktisi contact center dari berbagai negara di Asia Pasifik. Ada 32 perusahaan dari enam negara yang hadir, yaitu dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Tiongkok, dan Hong Kong.

BRI terus berproses dengan perubahan kebutuhan nasabah. Untuk itu, terdapat serangkaian kegiatan perihal pengelolaan contact center, seperti benchmarking dan konferensi dengan praktisi contact center internasional.

Saat ini industri contact center memasuki tahap pemanfaatan chatbot convergent AI dan robotic processing automation business process. Proses yang memanfaatkan kecerdasan buatan ini memperhatikan journey pada customer experience, digital experience, dan employee experience.

Sebelumnya, BRI memborong sembilan penghargaan pada ajang Indonesia Contact Center Association. Rinciannya, lima kategori Corporate, yakni Best Technology Innovation (platinum), Best Employee Engagement (platinum), Best Digital Media (gold), Best Customer Experience (gold), dan Best People Development (silver).

Ditambah, tiga penghargaan kategori Individual, yakni Best Desk Control (bronze), BTB Agent Inbound (bronze), Best Agent Digital Email (silver), serta satu kategori Teamwork, yakni Best Scheduling (platinum).