Upaya BRI dalam mengadopsi transformasi digital untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan transaksi nasabah mendapatkan apresiasi dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024. BRI memperoleh peringkat pertama dalam kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina.
Survei yang dilakukan oleh lembaga riset MRI bekerjasama dengan Majalah Infobank ini menunjukkan peningkatan kinerja pada sejumlah aspek produk dan layanan BRI khususnya sisi digital channel.
Pada sisi Mobile Banking Bank, secara keseluruhan score BRI meningkat 2.65 point dan naik 3 (tiga) peringkat dari tahun lalu, menjadikan BRImo Mobile Banking terbaik versi penilaian MRI dan menduduki peringkat 1 di tahun 2024.
Selain itu, Chatbot BRI “Sabrina” juga menyabet predikat Performa Terbaik Chatbot Bank, dengan peningkatan score signifikan sebesar 16.28 point dari tahun lalu menjadikan Sabrina Chatbot peringkat 1 di tahun 2024.
Saat ini, super apps BRImo telah dikembangkan untuk dapat memberikan berbagai layanan keuangan yang dapat diakses nasabah, mulai dari tabungan, investasi, asuransi, hingga fasilitas untuk menjadi merchant BRI.
Nasabah juga dengan sangat mudah dapat berinvestasi melalui BRImo, mulai dari pembelian emas, surat berharga, dana pensiun, hingga pembukaan deposito.
Chatbot BRI Sabrina juga telah dirancang dan dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence untuk berinteraksi dengan nasabah layaknya manusia. Nasabah dapat menyapa dan berbincang dengan Sabrina terkait produk dan layanan BRI, seperti informasi lokasi kantor, ATM BRI, AgenBRILink, dan lokasi merchant BRI terdekat.
Adapun, chatbot juga memberikan informasi terkait promo BRI, cek saldo, mutasi rekening, hingga membantu mengatasi kendala transaksi nasabah.
Selain itu, Sabrina telah menggunakan teknologi Large Language Model (LLM) yang dapat meningkatkan pemahaman berbagai pertanyaan dan situasi yang dihadapi sehingga mampu memberikan respons yang semakin presisi dan relevan dengan berbagai bahasa daerah Indonesia, seperti bahasa Jawa, Sunda, Padang, dan sebagainya.
Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan, perseroan selalu berupaya menyesuaikan diri dengan kebutuhan layanan keuangan masyarakat. Pencapaian tersebut menjadi motivasi tambahan bagi BRI untuk terus memberikan layanan yang melebihi harapan nasabah.
“Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan baik dari sisi walk in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk menjaga experience nasabah yang seragam di semua touchpoints,” kata Andrijanto