Maybank Bekali Peserta Lomba Marathon 2024 dengan Pelatihan Khusus

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YU
Peserta disambut penampilan kesenian Bali saat mengikuti Maybank Marathon 2023 di Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2023). Ajang lomba Elite Label Road Race satu-satunya di Indonesia tersebut diikuti 13.600 orang pelari dari 50 negara.
Penulis: Muhammad Taufik
15/5/2024, 17.04 WIB

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) memulai rangkaian kegiatan Road to Maybank Marathon 2024 di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (12/5). Peserta dibekali pelatihan dan edukasi berstandar internasional sebelum memulai rangkaian kegiatan ini. 

Project Director Maybank Marathon Widya Permana bersama Head of Sustainability Maybank Maria Trifanny Fransiska turut menghadiri acara kick-off. Keduanya datang bersama para pelari dari berbagai komunitas bertujuan memeriksa persiapan fisik, keamanan, dan keselamatan para peserta.

Widya mengatakan, ajang ini senantiasa menerapkan standar internasional. Misalnya, dengan mengajak peserta lari untuk memperhatikan pentingnya berlatih dan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum berlaga.

“Sebagai ajang Elite Label Road Race dari World Athletic, Maybank Indonesia menerapkan standar internasional dalam penyelenggaraan Maybank Marathon,” ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (15/5). 

Selain itu, para peserta juga akan mendapat pelatihan dan edukasi. Mulai dari sesi lari pemanasan hingga lari dalam jarak jauh.

Ada pula pelatihan maupun edukasi dari aspek strength training, running clinic, pengaturan nutrisi dan waktu istirahat. Peserta juga akan mendapatkan pelatihan dari pelatih lari (coach) yang berpengalaman di bidang sport recovery and mobility.

Pelaksanaan Road to Maybank Marathon 2024 akan berlangsung selama 14 Minggu, sejak 19 Mei hingga 18 Agustus 2024 di sejumlah kota-kota besar.  Yakni, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Widya menjelaskan, kick off Road to Maybank Marathon tahun ini diwarnai unsur baru. Contohnya, program Maybank Marathon Indonesian Fast Runner 2024 (MMIFR24) dan Maybank Marathon 2024 #BaliBeatsBoston.

MMIFR24 merupakan program yang dirancang untuk mewadahi dan mengapresiasi semua pelari maraton Indonesia berperforma tinggi. Mereka merupakan pelari yang tidak berasal dari undangan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Sementara, Maybank Marathon 2024 #BaliBeatsBoston merupakan program yang diperuntukkan khusus bagi pelari yang terdaftar pada program MMIFR24. Hal ini juga berlaku bagi yang berhasil menyelesaikan lomba dengan kriteria waktu dan kelompok usia yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara Boston Marathon 2025.

Selain itu, pesan keberlanjutan dalam kick off rangkaian Road to Maybank Marathon 2024 diwujudkan melalui Easy Plogging Run 5K. Para peserta akan mengutip sampah saat berlari dan melakukan donasi sepatu layak pakai untuk penerima manfaat yang membutuhkan melalui Cinta Kembali.

“Kami mengajak para pelari untuk menerapkan gaya hidup sehat dan berkelanjutan yang memiliki dampak positif untuk masyarakat Indonesia,” ujar Widya.