Pada acara tahunan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut dan Yayasan Bakti Barito memberikan penghargaan kepada penerima Adiwiyata.

Hal tersebut  sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa dari 31 sekolah yang bekerja di masyarakat untuk mendorong pengembangan menuju kelestarian lingkungan dan ketahanan iklim.

Upacara penghargaan berlangsung pada Rabu (5/6) ini, turut dihadiri Bupati Barnas Adjidin, pejabat pemerintah daerah, tokoh pendidikan, dan perwakilan organisasi lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama, Yayasan Bakti Barito menerima Penghargaan Mitra 2024 dari Pemerintah Kabupaten Garut karena dedikasinya terhadap pendidikan lingkungan hidup dan keberlanjutan.

“Dengan memberdayakan sekolah dan masyarakat, kami menciptakan masa depan yang lebih berketahanan dan berkelanjutan bagi semua orang. Para penerima penghargaan ini menunjukkan komitmen dan inovasi yang dibutuhkan untuk mengatasi tantangan lingkungan hidup,” kata Direktur Eksekutif Yayasan Bakti Barito Fifi Pangestu dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6).

Ia menambahkan, program unggulan Yayasan Bakti Barito adalah Green Guardians yang merupakan inisiatif bantuan sekolah holistik. Tujuannya menggunakan pendidikan iklim sebagai alat yang ampuh untuk memberdayakan generasi muda untuk memimpin perubahan progresif di masyarakat dan lingkungan lokal.

Perayaan Penghargaan Adiwiyata

Upacara Penghargaan Adiwiyata Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Garut dihadiri oleh sejumlah tokoh dan aktivis lingkungan hidup.

“Pemenang Penghargaan Adiwiyata tahun ini menunjukkan kepada kita bagaimana aksi lokal dapat mendorong perubahan global. Setiap orang mempunyai kekuatan untuk membuat perbedaan di komunitasnya, dan para pendamping ini membantu ratusan anak menjalani kehidupan yang berketahanan iklim,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut Jujun Juansyah Nurhakim.

Tahun ini, 31 sekolah mendapat kehormatan dengan Penghargaan Adiwiyata dalam bentuk piala. Selain penghargaan utama, beberapa sekolah akan menerima pengakuan khusus dalam bentuk sertifikat untuk upaya mereka yang luar biasa dalam kategori-kategori spesifik:

  • Best Effort Award SD 2024 (Juara 1, 2, dan 3)
  • Best Effort Award SMP 2024
  • Best Cadre Award 2024
  • Best Administrative Award 2024
  • Best Garden Landscaping 2024