Supaya Aman Saat Gunakan Laptop Kantor

Penulis: Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
7/6/2022, 12.26 WIB

Guna menunjang aktifitas bekerja dari rumah atau work from home (WFH), sebagian perusahaan meminjamkan laptop kepada para pekerja. Ya, WFH menjadi aktivitas yang umum setidaknya dalam dua sampai tiga tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

Mendapat laptop maupun perangkat komputer lain dari kantor tentu membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat mengakses gawai milik perusahaan tersebut.

Dikutip dari sejumlah sumber, aktivitas seperti menyimpan data pribadi, dan mengakses wifi di tempat umum sebaiknya dihindari. Menyimpan data pribadi di laptop kantor menimbulkan risiko kehilangan data tersebut. Sejumlah perusahaan menggunakan perangkat keamanan yang otomatis menghapus semua data di perangkat jika ditenggarai ada kebocoran.

Sementara mengakses wi-fi di tempat umum sebaiknya dilakukan dengan sangat berhati-hati terutama yang tidak menyertakan kata sandia tau password karena bisa menyebabkan kebocoran data. Hal ini sama dengan mengakses situs berbahaya.

Selain itu, upayakan hanya gunakan laptop untuk mengoperasikan aplikasi ataupun software terkait pekerjaan. Jangan install aplikasi seperti gim yang tidak terkait pekerjaan. Jangan lupa juga untuk selalu perbarui perangkat lunak terkait pekerjaan untuk membantumu mengerjakan tugas sehari-hari.