Katadata Insight Center (KIC) melalui Katadata Corporate Sustainability Index (KCSI) memberikan penghargaan kepada tiga pemenang di sektor makanan dan minuman atau food and beverages (F&B). KCSI melakukan perhitungan indeks kepada 18 perusahaan F&B yang memberikan laporan keuangan berkelanjutannya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PT Sentra Food Indonesia Tbk menempati posisi pertama pada KCSI dengan nilai 67,2. Di posisi kedua, terdapat PT Panca Mitra Multiperdana Tbk dengan nilai 65,6. Pada posisi ketiga, diduduki oleh PT Wahana Interfood Nusantara Tbk dengan nilai 65.

Ketiga perusahaan ini unggul dalam upaya berkelanjutan, khususnya dari segi lingkungan. Sebagai pemenang pertama, Sentra Food Indonesia melakukan upaya berkelanjutan dengan menggunakan teknologi terkini untuk mendorong efisiensi energi. Kemudian, perusahaan ini juga mengelola limbah cair, padat, dan B3 sesuai aturan berlaku.

Adapun Paca Mitra Multiperdana melakukan penghematan biaya energi listrik senilai US$ 17.330 pada 2021. Selain itu, mereka juga mendaur ulang limbah menjadi pakan ternak dan produk plastik. Terakhir, Wahana Interfood Nusantara berupaya mengurangi 91 persen limbah cair dan mengurangi konsumsi air hingga 91,2 persen pada 2021.

Untuk F&B, indikator penilaiannya dilihat dari segi energi dan air, emisi dan limbah, serta upaya sosial dan lingkungan hidup. Penentuan pilar dan indikator tersebut mengikuti panduan OJK yang tertuang dalam POJK Nomor 51 Tahun 2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.