Masyarakat Indonesia mengapresiasi dengan baik penyelenggaraan Digiland Run 2024 oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Perhelatan event lari pada Juli 2024 itu membawa dampak positif bagi citra Telkom.
Dalam laporan survei bertajuk Digiland Run 2024 yang disusun oleh Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 97,8 persen responden mengaku puas terhadap Digiland Run 2024 dan 98,2 persen ingin berpartisipasi kembali pada acara mendatang.
Sementara 98,4 persen dari responden juga menyatakan akan merekomendasikan event lari tersebut kepada orang lain. Adapun 96,9 persen responden mengaku bakal loyal terhadap penyelenggara Digiland Run 2024.
Kepuasan responden berdasarkan sejumlah keunggulan yang dimiliki Digiland Run 2024 ketimbang acara sejenis lainnya. Misalnya saja, event tersebut dinilai unggul oleh 82,0 persen responden dari sisi biaya pendaftaran. Ada pula keunggulan dari sisi rute lari (71,7 persen) dan fasilitas hiburan (92,0 persen).
Para peserta juga memberikan skor yang tinggi ihwal pemenuhan kebutuhan mereka, yakni hiburan (9,04), kesehatan (8,84) pengetahuan (8,67), dan networking (8,67).
Digiland Run 2024 secara keseluruhan memberikan dampak yang baik bagi Telkom. Survei yang sama memperlihatkan 95,1 persen responden memberikan penilaian citra positif pada Telkom. Selain itu, 96,5 persen responden menilai Telkom sebagai perusahaan yang memiliki nilai inovatif dan transformatif.
Perusahaan telekomunikasi itu pun dikatakan memiliki keunggulan pada dua aspek, yakni transformasi digital (93,0 persen) serta inovasi produk dan layanan (97,4 persen).
Dalam jajak pendapat ini terungkap sebanyak 84,6 persen dari peserta Digiland Run merupakan pelanggan Telkom. Mereka telah menggunakan layanan perusahaan, di antaranya Telkomsel, IndiHome, dan Mangoesky.
Sebagai catatan, survei ini melibatkan 1.642 responden dengan metode face to face dan CAWI (Computer Assisted Web Interviewing) pada Juli-Agustus 2024. Adapun respondennya terdiri dari runner, visitor, pelanggan, dan masyarakat umum.
Digiland Run 2024 diikuti oleh 10.000 peserta yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Event lari ini berlangsung mulai dari Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK) dan berakhir di Plaza Utara GBK dengan menghadirkan tiga kategori lomba, yaitu 5K, 10K, dan 21K.