Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 109 Kurikulum Merdeka

Freepik
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 109 Kurikulum Merdeka
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Safrezi
15/2/2024, 12.27 WIB

Sebagai mata pelajaran wajib, bahasa Indonesia mengajari siswa untuk bagaimana menulis dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Termasuk pemilihan kata dan penulisan karya tulis tertentu.

Pada kesempatan ini, kami ingin membahas lebih lanjut tentang kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 109 Kurikulum Merdeka. Pada bab ini, siswa disuguhkan narasi sebagai bahan bacaan dengan tema lingkungan.

Soal pada halaman 109 ini menuntut siswa untuk menuliskan istilah atau kata yang belum dipahami pengertiannya. Patut diketahui bahwa soal bagian ini berkaitan dengan halaman sebelumnya. Berikut soal dan jawaban dari halaman 108:

Tabel 4.3 Prediksi Setelah Membaca

Penyataan nomor 1:

Mangrove adalah ekosistem terpenting yang berada di pesisir pantai. Wilayah ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.

Kunci Jawaban: Prediksi Saya Benar

Penyataan nomor 2:

Selain menjaga kelestarian alam, konservasi mangrove dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Kunci Jawaban: Prediksi Saya Salah

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 109 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Penyataan nomor 3:

Membuang sampah di gunung akan menyebabkan bencana alam.

Kunci Jawaban: Saya Tak Menemukan Jawabannya pada Bacaan

Penyataan nomor 4:

Salah satu tujuan aksi nyata memunguti sampah di gunung adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Kunci Jawaban: Prediksi Saya Benar

Penyataan nomor 5:

Pihak yang paling dirugikan oleh banyaknya sampah adalah manusia.

Kunci Jawaban: Prediksi Saya Salah

Carilah jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam sumber bacaan yang lain. ensiklopedia merupakan sumber informasi yang baik. apabila kalian menelusuri sumber informasi daring, pastikan kalian memilih sumber yang kredibel. Berkonsultasilah dengan guru kalian.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 109 Kurikulum Merdeka

Maka dari itu, simak kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 109 Kurikulum Merdeka di bawah ini.

Jawaban :

Hal-hal yang belum saya pahami.

1. Mengapa konservasi mangrove yang menjadi pilihan? Apa tidak bisa dengan tanaman lain?
2. Apa itu pelatihan daur ulang kertas? Bagaimana caranya?
3. Bagaimana aksi nyata saving water and energy?
4. Apa itu bank sampah?

Contoh Jawaban:

1. Mangrove bertindak sebagai penghalang alami terhadap erosi pantai, gelombang badai, dan tsunami. Sistem akarnya yang padat menstabilkan garis pantai dan mengurangi dampak gelombang dan arus, membantu melindungi masyarakat pesisir dari dampak bencana alam yang menghancurkan. Ekosistem mangrove menyediakan berbagai jasa ekosistem yang vital bagi mata pencaharian jutaan orang di seluruh dunia. Ini termasuk hasil hutan kayu dan non-kayu, pariwisata, dan peluang rekreasi. Melestarikan mangrove berkontribusi pada kesejahteraan ekonomi masyarakat pesisir.

2. Daur ulang kertas adalah proses mengubah kertas bekas menjadi produk kertas baru. Ini adalah bagian penting untuk mengurangi limbah dan melestarikan sumber daya, terutama pohon. Dengan mendaur ulang kertas, kita dapat menghemat sumber daya alam yang berharga, mengurangi konsumsi energi, dan meminimalkan limbah yang dibuang ke tempat pembuangan sampah. Ini juga membantu mengurangi dampak lingkungan yang terkait dengan produksi kertas, seperti deforestasi, perusakan habitat, dan polusi.

Peserta pelatihan dapat belajar tentang langkah-langkah yang terlibat dalam daur ulang kertas, mulai dari pengumpulan dan penyortiran hingga pemrosesan dan pembuatan menjadi produk kertas baru. Peserta juga dapat belajar tentang insentif ekonomi untuk kertas daur ulang, seperti penghematan biaya untuk bisnis dan kotamadya, penciptaan lapangan kerja di industri daur ulang, dan perolehan pendapatan dari bahan daur ulang.

3. Berikut beberapa aksi nyata untuk menghemat air dan energi:

a. Menampung air hujan
Pasang tong hujan atau tangki air untuk mengumpulkan air hujan untuk penggunaan di luar ruangan, seperti menyiram tanaman atau mencuci mobil. Ini mengurangi kebutuhan air olahan dari pasokan kota.

b. Gunakan air secukupnya
Perhatikan kebiasaan penggunaan air, seperti mematikan keran saat menyikat gigi, mencukur, atau mencuci piring. Hanya jalankan mesin cuci dan mesin pencuci piring dengan beban penuh untuk memaksimalkan efisiensi.

c. Mencabut sambungan Listrik ketika tidak digunakan
Matikan dan cabut elektronik dan peralatan saat tidak digunakan untuk menghindari konsumsi daya siaga. Gunakan strip daya untuk memutuskan sambungan beberapa perangkat sekaligus dengan mudah.

4. Bank sampah adalah komunitas berbasis masyarakat yang bertujuan untuk mempromosikan daur ulang, pengelolaan limbah, dan konservasi lingkungan. Dalam sistem bank sampah, individu atau rumah tangga menukar bahan limbah daur ulang mereka, seperti botol plastik, kaleng aluminium, kertas, dan kardus, dengan uang tunai, barang-barang rumah tangga, atau insentif lainnya.

Mereka mengalihkan bahan yang dapat didaur ulang dari tempat pembuangan sampah, dengan tujuan mengurangi pencemaran lingkungan. Anggotanya mengumpulkan bahan limbah yang dapat didaur ulang dari rumah atau lingkungan mereka dan membawanya ke tempat pengumpulan sampah.

Demikian pembahasan tentang kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 109 yang bisa digunakan. Dianjurkan agar siswa hanya menggunakannya sebagai acuan dalam menjawab soal dan tidak menyalin kalimat sama persis seperti penjelasan di atas.