Dalam mata pelajaran IPS kelas 8 kurikulum merdeka, siswa akan mempelajari tentang kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap penjelajahan samudra.
Ketika mempelajari materi ini, siswa juga akan belajar tentang Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa. Mengingat pentingnya materi ini, siswa dihimbau untuk berlatih berbagai macam soal serta kunci jawabannya untuk mempermudah proses belajar.
Salah satu soal yang bisa dipelajari yaitu soal dan kunci jawaban IPS kelas 8 kurikulum merdeka halaman 145 dan 146.
Nantinya siswa akan diminta untuk mengerjakan soal Lembar Aktivitas 1: Aktivitas Kelompok pada halaman 145 terlebih dahulu. Baru setelah itu, mereka bisa mengerjakan soal pada Lembar Aktivitas 2: Aktivitas Kelompok di halaman 146.
Kedua tugas tersebut akan menyajikan pertanyaan uraian yang harus dijawab dengan benar dan tepat oleh para siswa.
Untuk lebih jelasnya, simak soal dan kunci jawabannya di bawah ini.
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Halaman 145 dan 146
Berikut ini soal beserta kunci jawaban IPS kurikulum merdeka halaman 145 dan 146 yang bisa dijadikan bahan belajar siswa kelas 8.
Halaman 145
Soal
Lembar Aktivitas 1: Aktivitas Kelompok
Kamu dapat berdiskusi dengan teman sebangkumu untuk mengerjakan aktivitas di bawah ini:
- Bagaimana kondisi geografis Indonesia?
- Setelah mengetahui bahwa kondisi geografis Indonesia merupakan salah satu faktor yang memengaruhi proses penjelajahan samudra, carilah informasi dari buku atau internet tentang pengaruh letak geografis Indonesia. (kalian sudah mempelajari di kelas VII)
- Jelaskan pengaruh kondisi geografis Indonesia sehingga berpengaruh pada penjelajahan samudra. Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya.
Kunci Jawaban
1. Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudra yaitu Benua Asia-Australia dan Samudra Hindia-Pasifik. Letak geografis Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis.
Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5° LU dan 23,5° LS. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang memiliki berbagai kekayaan dan keanekaragaman.
2. Pengaruh letak geografis Indonesia, yaitu:
- Musim hujan dan Musim kemarau
Letak geografis memengaruhi perbedaan iklim dan kondisi tanah di Indonesia dan Eropa. Hal ini menyebabkan hasil bumi juga yang berbeda.
Keberadaan musim hujan dan musim kemarau di Indonesia menyebabkan berbagai tanaman tumbuh dan berkembang di Indonesia. Tanaman kebutuhan sehari-hari dapat ditanam di setiap waktu.
Hal ini berbeda dengan bangsa-bangsa Eropa yang memiliki empat musim, yaitu musim panas, musim dingin, musim semi dan musim gugur. Rempah-rempah merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia dan diperlukan oleh bangsa-bangsa Eropa.
- Letak yang strategis
Letak geografis Indonesia sangatlah strategis karena terletak di antara jalur persimpangan lalu lintas perdagangan Internasional. Dengan kata lain, letak Indonesia dapat meningkatkan ekonomi perdagangan. Dalam hal ini, lalu lintas yang dimaksud bisa berupa lalu lintas laut atau lalu lintas udara.
- Kebaragaman budaya
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan dan keanekaragaman budaya. letak geografis berupa negara kepulauan memberikan perbedaan tradisi di masing-masing masyarakat antarpulau.
3. A. Pengaruh letak geografis Indonesia dalam bidang sosial, yaitu:
- Terbentuknya pola pemukiman yang berbeda antara daerah gunung dan dataran rendah
- Beragamnya mata pencaharian masyarakat
- Beragamnya tradisi, kebudayaan, serta adat istiadat akibat berbedanya bentuk daerah-daerah yang didiami masyarakat Indonesia
- Terjadi alkuturasi budaya akibat banyaknya orang asing yang singgah di Indonesia.
- Mudahnya interaksi dan komunikasi dengan bangsa lain
- Dapat menjalin kerja sama dengan negara-negara lain dengan mudah
B. Pengaruh letak geografis Indonesia dalam bidang ekonomi, yaitu:
- Posisi yang strategis menyebabkan Indonesia sebagai jalur perdagangan dunia
- Melimpahnya sumber daya alam
- Bisa menjadi destinasi pariwisata utama
- Sebagai pusat perekonomian di antara dua benua dan dua samudera
C. Pengaruh letak geografis Indonesia dalam bidang budaya, yaitu:
- Keragaman suku
- Keragaman Bahasa
- Keragaman agama
- Keragaman seni dan budaya
Halaman 146
Soal
Lembar Aktivitas 2: Aktivitas Individu
1. Cari informasi mengenai penjelajahan samudra di indonesia.
2. Kalian dapat menggunakan fasilitas perpustakaan atau internet.
3. Selesaikan pertanyaan di bawah ini!
4. Mengapa Indonesia menjadi salah satu tujuan penjelajahan samudra?
5. Jelaskan faktor penyebab bangsa Barat datang ke Indonesia!
6. Catat hasil pekerjaan kalian di buku dan mintalah masukan dari guru.
Kunci Jawaban
1. Alasan Indonesia menjadi salah satu tujuan penjelajahan samudra adalah karena wilayah Indonesia sangat luas, kekayaan melimpah, dan kaya akan berbagai budaya.
Indonesia merupakan salah satu bangsa dengan ciri khas kepulauan. Berbagai potensi sumber daya alam banyak tersedia di Indonesia. Setiap wilayah kepulauan mempunyai potensinya masing-masing. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempah yang beraneka ragam.
Kondisi inilah yang menjadi daya tarik bangsa-bangsa lain datang ke Indonesia. Hubungan dengan bangsa-bangsa asing tidak hanya berdampak positif, tetapi juga negatif. Salah satu dampak negatif hubungan Indonesia dengan bangsa asing adalah terjadinya penjajahan pada masa lalu.
2. Beberapa faktor pendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, yaitu:
a. Kekayaan alam (rempah-rempah)
Indonesia dan bangsa di Eropa memiliki perbedaan kondisi alam. Hal ini menyebabkan hasil bumi juga berbeda. Keberadaan musim hujan dan ke marau di Indonesia memungkinkan berbagai tanaman mudah tumbuh dan berkembang di Indonesia.
Tanaman kebutuhan sehari-hari dapat ditanam sewaktu-waktu, salah satunya adalah rempah-rempah. Berdasarkan kenyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa bangsa-bangsa Barat menginginkan rempah-rempah karena mereka sangat membutuhkannya, sementara persediaan di Eropa sangat terbatas.
Rempah-rempah bagi bangsa-bangsa Eropa dapat digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan obat-obatan.
b. Motivasi 3G (gold, gospel, dan glory)
Terkenal dengan sebutan 3G karena memang semboyan tersebut berawalan denga huruf "G", yakni gold, gospel, giory.
Gold artinya emas, yang identik dengan kekayaan. Semboyan ini menggambarkan tujuan bangsa Barat ke Indonesia adalah. untuk mencari kekayaan sehingga menyebabkan ekspedisi dan penjelajahan.
Glory bermakna kejayaan bangsa.
Gospel adalah keinginan bangsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani, khususnya agama Kristen ke bangsa-bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.
c. Revolusi Industri, merkantilisme, dan kapitalisme
Revolusi Industri merupakan salah satu pendorong imperialisme modern. Revolusi Industri yang terjadi sekitar tahun 1750-1850 merupakan salah satu pendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia.
Revolusi Industri adalah pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya
menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin. Penggunaan mesin dalam industri menjadikan prosukdi lebih efisien, ongkos produksi dapat ditekan, serta barang dapat diproduksi dalam jumlah besar dan cepat.
Berkembangnya revolusi industry menyebabkan bangsa-bangsa Barat memerlukan bahan baku yang lebih banyak. Mereka juga memerlukan daerah pemasaran untuk hasil-hasil industninya.
d. Jatuhnya Konstantinopel oleh Kekaisaran Turki Ustmani tahun 1453
Pada saat itu, Konstantinopel merupakan pusat pemerintahan Romawi Timur. Dengan jatuhnya Konstantinopel, perdagangan di Laut Tengah dikuasai oleh pedagang-pedagang Islam.
Hal ini mendorong pedagang-pedagang Eropa mencari jalan lain untuk mencapai penghasil rempah-rempah (Asia).
e. Tantangan teori heliosentris
Menurut teori heliosentris, pusat tata surya adalah matahari. Bumi berbentuk bulat seperti bola. Teori ini bertentangan dengan teori Geosentris yang menyatakan bahwa pusat tata surya adalah bumi.
Teori heliosentris ini mendorong orang Eropa yang gemar berpetualang untuk membuktikan bahwa bumi bulat.
Oleh karena itu, oleh karena itu mereka berlayar ke arah barat dan timur dari penkjuru Eropa. Keberanian mereka juga didukung oleh teleskop untuk memudahkan penglihatan jarak jauh.
Demikian soal dan kunci jawaban dari mata pelajaran IPS kelas 8 kurikulum merdeka halaman 145 dan 146 . Dengan mempelajari soal dan kunci jawaban ini, siswa diharapkan bisa lebih paham mengenai materi Tema 03: Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa.