Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 181 Kurikulum Merdeka

Freepik
Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 181 Kurikulum Merdeka
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Safrezi
16/2/2024, 11.48 WIB

Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang diterima setiap siswa Muslim di seluruh Indonesia. Tentu saja tujuannya untuk pendalaman agama dan penerapannya di kehidupan nyata.

Salah satunya yaitu belajar tentang surat yang ada di Al Quran. Termasuk cara membacanya sesuai dengan kaidah dan tajwid.

Tak hanya itu, siswa juga diajari bagaimana cara memahami surat Al Quran dalam berbagai tahapan. Ada pun yang terpenting, yaitu mengerti bagaimana cara membacanya.

Terkait dengan itu, kali ini kami ingin membahas tentang kunci jawaban PAI Kelas 11 Halaman 181 Kurikulum Merdeka yang patut diketahui. Selengkapnya, simak tulisan di bawah ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 181 Kurikulum Merdeka

1. Mengkaji Q.S. Yūnus/10: 40-41 tentang toleransi

Mengkaji surat Yunus dapat dilakukan dengan enam tahap yang patut diketahui. Di antaranya yaitu membaca, mengidentifikasi tajwid, mengartikan perkata, menerjemahkan ayat, menganalisis isi, dan menerapkannya.

a. Membaca Q.S. Yūnus/10 : 40-41 dengan tartil

Perhatikan teks lengkap Q.S. Yūnus/10 : 40-41 di bawah ini!

وَمِنْهُم مَّن يُؤْمِنُ بِهِۦ وَمِنْهُم مَّن لَّا يُؤْمِنُ بِهِۦ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِٱلْمُفْسِدِينَ

Arab-Latin: wa min-hum may yu`minu bihī wa min-hum mal lā yu`minu bih, wa rabbuka a'lamu bil-mufsidīn

Artinya: Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

وَإِن كَذَّبُوكَ فَقُل لِّى عَمَلِى وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنتُم بَرِيٓـُٔونَ مِمَّآ أَعْمَلُ وَأَنَا۠ بَرِىٓءٌ مِّمَّا تَعْمَلُونَ

Arab-Latin: wa ing każżabụka fa qul lī 'amalī wa lakum 'amalukum, antum barī`ụna mimmā a'malu wa ana barī`um mimmā ta'malụn

Artinya: Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".

b. Mengidentifikasi Tajwid dalam Q.S. Yūnus /10 : 40-41

Apabila sudah membaca surat di atas dengan tartil, identifikasilah ayat-ayat pada Surat Yunus tersebut. Terdapat potongan dari masing-masing ayat yang sudah dicetak berwarna merah. Anda harus menjawab apa hukum bacaan atau tajwidnya.

Aktivitas 6.4

Isilah titik-titik pada tabel dibawah ini, yaitu pada kolom hukum bacaan dan alasan sebagaimana seperti di contoh. Berikut kunci jawabannya.

1. مَّنْ يُّؤْمِنُ
Hukum Bacaan: Idgham bighunnah (Nun sukun bertemu dengan huruf ya)

2. وَمِنْهُمْ مَّنْ
Hukum Bacaan: Idgham mimmi (Mim sukun bertemu huruf mim)

3. مَّنْ لَّ
Hukum Bacaan: Idgham bilaghunnah (Nun sukun bertemu huruf lam)

4. بِالْمُفْسِدِينَ
Hukum Bacaan: Mad Aridh Lisukun (Ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i)

5. وَاِنْ كَذَّبُوْكَ
Hukum Bacaan: Ikhfa Haqiqi (Nun mati bertemu dengan huruf kaf)

6. عَمَلِيْ
Hukum Bacaan: Mad thabi'I (Huruf Ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah)

7. وَلَكُمْ عَمَلُكُمْۚ
Hukum Bacaan: Idzhar (Mim mati bertemu dengan huruf ain)

8. اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ
Hukum Bacaan: Ikhfa syafawi (Mim mati bertemu dengan huruf ba)

9. مِمَّآ اَعْمَلُ
Hukum Bacaan: Idgham ma'al ghunnah (Mim bertasydid cara bacanya ditahan dengan dengung)

10. تَعْمَلُوْنَ
Hukum Bacaan: Mad Aridh Lisukun (Mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika diwakafkan, cara bacanya panjang 2 sampai 6 harakat).

Itulah penjelasan tentang kunci jawaban PAI Kelas 11 Halaman 181 Kurikulum Merdeka yang bisa dijadikan bahan belajar di rumah. Patut diperhatikan bahwa penjelasan di atas tidak diperuntukkan untuk tindakan curang seperti bahan sontekan.

Siswa dapat mempelajarinya terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan memahami konsep dan mengingat enam tahap mengkaji surat Al Quran. Sementara identifikasi tajwid dapat dilakukan dengan mengingat jenis dan cara membacanya.