Apa itu Sesar Garsela? Benarkah Pemicu Gempa yang Terjadi di Bandung

ANTARA/HO-Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG/am.
Apa itu Sesar Garsela
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
19/9/2024, 15.22 WIB

Apa itu sesar garsela? Menarik untuk dibahas kerena disebut sebagai penyebab gempa bumi di Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 18 September 2024. Gempa berkuatan 4.9 Magnitudo ini cukup membuat masyarakat sekitar panik.

Pergerakan sesar menjadi salah satu penyebab terjadinya gempa bumi di Indonesia. Mengutip Buletin Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, sesar garsela adalah salah satu sesar yang cukup aktif, berada di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Garut.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan bahwa gempa bumi terletak pada koordinat 7,23° LS ; 107,65° BT. Tepatnya 25 km tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kedalaman 10 km.

Apa itu Sesar Garsela?

Sesar Garsela Penyebab Gempa Bandung (ANTARA) (ANTARA)

Berdasarkan laman dari Badan Geologi Kementerian ESDM, apa itu sesar garsela? Sesar garsela adalah patahan aktif garsela, atau sesar Garut Selatan. Aktivitas patahan ini, harus diwaspadai perkembangannya untuk mengurangi risiko gempa yang terjadi lebih besar.

Sesar garsela terdiri atas segmen rakutai di timur laut denga panjang 19 km, dan segmen kencana dengan panjang 17 km di barat daya. Sesar membentang dari Garut hingga selatan Bandung sepanjang 42 kilometer. Lokasi sesar Garsela dikelilingi oleh gunung api aktif, seperti Gunung Guntur, dan Gunung Papandayan.

Meski tergolong aktif, penelitian di wilayah sesar garsela cukup minim, terutama pada bidang analisis gravitasi, atau metode gaya berat. Terlebih lagi, letak segmen Kencana ada di daerah dekat dengan pemukiman penduduk.

Tahun ini, Badan Geologi melalui Pusat Survei Geologi (PSG) menargetkan 10 lembar peta patahan aktif, salah satunya peta patahan aktif di Kabupaten Garut. Menurut Rio Alcanadre, Ketua Tim Patahan Aktif Garsela, menyampaikan bahwa penyelidikan patahan aktif dilakukan untuk mengetahui karakteristik dari patahan aktif garsela. Meliputi jenis, segmen, mekanisme, kinematik, dan potensial maksimum dari patahan tersebut.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, ada bukti patahan berupa longsoran, kekar, dan offset. Dari hasil pengukuran di lapangan, ada patahan aktif garsela berarah timur laut-barat daya, dengan jenis patahan mendatar menganan (strike slip dextrall) yang teridentifikasi terdiri atas 4 segmen.

Berdasarkan data pengukuran lapangan yang memperlihatkan adanya potensi patahan naik yang memotong, diduga mengaktifkan kembali patahan aktif garsela.

Sesar Garsela Menjadi Penyebab Gempa di Bandung, 18 September 2024

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa di Bandung yang terjadi pada tanggal 18 September 2024 merupakan aktivitas sesar garsela. Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono bahwa dengan memperhatikan lokasi hipesentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal karena adanya aktivitas sesar garsela. Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber, menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun.

Dampak yang Ditimbulkan Sesar Garsela

Tidak kalah penting dari mengetahui apa itu sesar garsela, ketahui juga dampak yang ditimbulkannya. Aktivitas sesar garsela memiliki banyak potensi bahaya, terutama terkait gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja, tanpa peringatan dini. Berikut dampak yang ditimbulkan sesar garsela:

1. Gempa Bumi

Dampak yang ditimbulkan sesar garsela yaitu gempa bumi. Apabila terjadi pergerakan besar pada patahan ini, gempa dengan magnitudo signifikan dapat mengguncang wilayah Garut dan sekitarnya.

2. Tanah Longsor

Gempa bumi yang disebabkan oleh sesar garsela tidak hanya memicu getaran, tetapi juga meningkatkan risiko tanah longsor, terutama di wilayah perbukitan dan lereng curam sekitar Garut Selatan. Guncangan tanah yang kuat dapat menyebabkan tanah yang tidak stabil bergeser, menciptakan longsor berbahaya bagi pemukiman, dan infrastruktur di area tersebut.

3. Tsunami

Meski jarang terjadi, gempa di sepanjang patahan dekat pesisir dapat memicu tsunami. Apabila gempa cukup kuat, dan pusatnya di bawah laut, getaran dapat memicu gelombang besar yang dapat menenggelamkan wilayah pesisir Garut Selatan.

Dapat disimpulkan apa itu sesar garsela, yaitu patahan aktif yang melintasi wilayah Garut, Jawa Barat. Patahan tersebut berpotensi dapat memicu gempa bumi yang signifikan, mengingat aktivitas geologisnya yang berada di kawasan rawan gempa.