Dalam dunia akademik, PKL atau Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu fase yang wajib diikuti siswa maupun mahasiswa di mana mereka mempelajari dunia kerja secara langsung di perusahaan. 

Setelah menyelesaikannya, mereka diwajibkan membuat laporan PKL untuk menyampaikan proses kinerja serta hasil pekerjaan mereka.

Dalam proses penulisannya, terdapat beberapa struktur laporan yang wajib dimasukkin termasuk kata pengantar yang merupakan bagian awal yang ditulis dalam sebuah laporan.  Kata pengantar sendiri biasanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih dari penulis.

Adapun susunan kata pengantar terbagi ke dalam tiga bagian, yakni pembuka, isi dan penutup.

Pada artikel ini, terdapat berbagai contoh kata pengantar laporan PKL yang bisa dipelajari sebagai referensi. Berikut di bawah ini beberapa contohnya.

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Berikut ini empat contoh kata pengantar laporan PKL dari berbagai sumber yang bisa dipelajari sebagai referensi.

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL (Pexels)

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL 1

KATA PENGANTAR 

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah yang telah memberikan kesehatan dan kekuatan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penulisan laporan PKL ini.

Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini berjudul "Analisis Laporan Keuangan di Dinas Sosial Kabupaten Garut". Kerja Praktik Lapangan telah penulis laksanakan di Dinas Sosial Kabupaten Garut, jalan Maleber Raya No 02.

Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa S1 fakultas ekonomi STMIK LIKMI, Bandung.

Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk mempraktikkan semua teori yang dipelajari di fakultas dengan pengaplikasian di lapangan.

Penulis membahas secara rinci bagaimana pengaruh pemberian bonus terhadap kinerja karyawan.

Dalam penulisan laporan ini kami ucapkan banyak terima kasih kepada setiap pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan dan pelaksanaan PKL hingga selesai.

Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada para staf Dinas Sosial kabupaten Garut. Di samping itu, penulis juga haturkan terima kasih kepada para dosen pembimbing STMIK LIKMI Bandung.

  • Ir. Soemaryono
  • Prof. Ahmad Dahlan
  • Dr. Dede Maryana, M.Si
  • Drs. Sulmi, SE

Penulis menyadari bahwa laporan PKL ini memiliki banyak sekali kekurangan. Penulis terbuka dan menerima setiap kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.

Akhir kata, penulis berharap laporan PKL ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi mahasiswa/i STMIK LIKMI, Bandung.

Bandung, Maret 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL 2

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya penulis bisa menyelesaikan laporan praktik kerja lapangan (PKL) dengan mudah. Pada laporan ini, penulis hendak mengucapkan terima kali kepada seluruh pihak yang sudah membantu selama kegiatan PKL hingga penyusunan laporan ini.

Laporan PKL ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas PKL dan memberikan informasi seputar kegiatan PKl yang telah dilakukan penulis. Harapannya, laporan ini dapat memberikan manfaat kepada penulis maupun pembaca.

Meskipun demikian, penulis tetap terbuka untuk segala saran dan kritik yang diberikan. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih karena telah membaca laporan ini dari awal hingga akhir.

Jakarta, 1 Maret 2020

Penulis

Ahmad

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL 3

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga penyusun dapat membuat laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.

Walaupun demikian, penyusun berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun dalam menunaikan praktik kerja di dunia industri. Saran dan kritik yang sifatnya membangun begitu diharapkan oleh penyusun demi kesempurnaan dalam penulisan laporan berikutnya.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini, di antaranya:

Bapak Yasin, M.Pd., selaku Kepala SMA NU Pekalongan.

Ibu Ida, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran.

Bapak H. Asduli, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan.

Bapak Zuhdi Arimbi, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi.

Bapak Abadi Hariesok, S.Pd., selaku Pembimbing dari pihak sekolah.

Rekan se-angkatan.

Akhir kata, penyusun berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat membantu bagi kemajuan serta perkembangan SMK NU Pekalongan. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu, semoga Allah Swt. membalas semua kebaikan kalian. Amin.

Pekalongan, 29 September 2021

Penyusun



Budi Sudarsono

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL 4

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sesuai aturan dan deadline yang telah ditentukan. 

Tujuan disusunnya laporan ini adalah untuk memenuhi tugas Praktik Kerja Lapangan. Selain itu, laporan ini juga berguna untuk menambah wawasan mengenai praktik kerja di industri kontraktor perumahan 

Terlebih dahulu, izinkan penyusun mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat, terutama kepada Bapak Abdul Sholeh, MCE, selaku dosen pembimbing yang telah mengarahkan selama PKL berlangsung. 

Saya menyadari bahwa laporan praktik kerja lapangan ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini. 

Jakarta, 22 April 2022

Penulis

Itulah empat contoh kata pengantar laporan PKL yang bisa dijadikan referensi untuk mempermudah proses penyusunannya.