Memahami Contoh Kata Pengantar Laporan Magang sebagai Referensi Penulisan

Pexels
Contoh Kata Pengantar Laporan Magang
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Safrezi
8/10/2024, 15.58 WIB

Laporan magang merupakan dokumen tertulis yang dibuat oleh peserta magang untuk meringkas dan mencatat pengalaman, aktivitas, serta pengetahuan yang diperoleh selama masa magang.

Singkatnya, laporan sebagai salah satu output magang, berguna sebagai laporan sebagai alat evaluasi untuk menilai sejauh mana peserta memahami pekerjaan dan kontribusinya selama magang.

Laporan magang memungkinkan peserta untuk memberikan masukan terkait program magang, lingkungan kerja, dan pengalaman yang mereka alami. Selain itu, laporan ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau institusi untuk menilai dan mengembangkan program magang di masa depan.

Pada beberapa program magang, laporan digunakan oleh pembimbing atau supervisor untuk mengevaluasi kinerja peserta. Laporan yang disusun dengan baik dan terorganisir dapat mencerminkan sejauh mana peserta magang memahami tugas serta tanggung jawabnya.

Untuk memulai sebuah laporan, penulis memerlukan pendahuluan sebagai pengantar. Sebelum itu, termasuk di dalamnya, rangkaian kata pengantar yang menyertakan ungkapan-ungkapan terima kasih dan syukur dari penulis.

Selain itu, kata pengantar menyajikan ringkasan mengenai isi laporan yang akan dibahas. Fungsinya juga memudahkan pembaca untuk memahami latar belakang dan maksud dari laporan tersebut.

Berikut ini beberapa contoh kata pengantar laporan magang yang menjadi referensi penulisan. Selengkapnya, simak tulisan berikut ini.

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang (1)

Sumber: Laporan Magang Dinas Komunikasi dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat (Ivana Adam Suangsa/Universitas Muhammadiyah Mataram)

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkah dan rahmat-Nya lah maka penyusun dapat menyusun laporan magang tepat pada waktunya.

Penyusunan laporan ini merupakan salah satu dari persyaratan bagi penulis dalam rangka menyelesaikan magang. Laporan magang ini disusun berdasarkan pengalaman selama melakukan magang di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik provinsi NTB yang dilaksanakan dari tanggal 03 Februari s/d 31 Maret 2023.

Dalam penyelesaian laporan magang ini penulis banyak mendapatkan bimbingan dan bantuan yang bermanfaat dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini perkenankanlah penyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. YUDHI LESTANATA, S.IP.,M.I.P. Selaku Kaprodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Mataram.

2. INKA NUSAMUDA PRATAMA, S.IP,M.IP. Selaku Dosen Pembimbing.

3. Dr. NAJJAMUDDIN AMY, S.Sos., MM. Selaku Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi NTB.

4. Pegawai dan Staf di Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi NTB terkhususnya Bidang Sekretariat.
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa dalam laporan ini tentu belum sempurna seperti yang diharapkan, Oleh karena itu kritik dansaranyang sifat yang membangun sangat penulis harapkan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Mataram, 21 Maret 2023

Penulis

Ivana Adam Suangsa

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang (2)

Sumber: Laporan Magang, Laporan PKL pada Bagian Divisi Human Resources Development PT. Mitra Toyotaka Indonesia (Melliyana Anggraeni/Universitas Esa Unggul)

Puji syukur kepada Allah SWT karena atas rahmat-Nya Praktikan dapat Menyusun dan menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Lapangan ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Praktik kerja Lapangan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan akademik pada Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Esa Unggul Dalam Penulisan ini Praktikan banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini praktikan ingin menyampaikan terima kasih kepada :

1. Bpk. Dr.Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA selaku Rektor Universitas Esa Unggul

2. Bpk. Dr. Tantri Yanuar Rahmat Syah, SE, MSM selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul

3. Ibu Dr. Ir. Rojuaniah, MM Selaku dosen pembimbing magang

4. Bpk. Yusuf Selaku Personalia sekaligus pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Mitra Toyotaka Indonesia

5. Seluruh Pegawai Kantor/staff PT. Mitra Toyotaka Indonesia yang telah membantu Praktikan secara langsung maupun tidak langsung dalam melaksanakan Kegiatan PKL

6. Orang tua dan keluarga yang terus memberikan dukungan dan motivasi sehingga Praktikan dapat menyelesaikan laporan dengan baik

7. Seluruh teman-teman Manajemen 2018 yang telah selalu mendukung dan membantu Praktikan dalam mengerjakan Laporan PKL

Praktikan menyadari masih banyak kekurangan dalam menyelesaikan Laporan PKL ini. Oleh karena itu Praktikan sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak. Praktikan berharap semoga Laporan Praktik Kerja Lapangan ini dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi Praktikan dan para pembacan serta teman-teman mahasiswa pada khususnya.

Akhir kata semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi mahasiswa/i yang ingin magang atau melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Mitra Toyotaka Indonesia

Jakarta, 2 Februari 2022

Melliyana Anggraeni

Berikut adalah beberapa contoh kata pengantar laporan magang yang dapat digunakan sebagai panduan. Anda dapat menjadikannya sebagai inspirasi dalam menyusun kata pengantar yang sesuai dengan kebutuhan laporan. Semoga informasi ini memberikan manfaat dan membantu proses penulisan Anda.