Menyimak Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian dan Penjelasannya

Unsplash
Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Safrezi
10/10/2024, 16.54 WIB

Kata pengantar pada tulisan karya ilmiah termasuk ke dalam pendahuluan yang dibuat oleh penulis. Tujuannya untuk memberikan gambaran singkat tentang isi dari pembahasan. Penulis menguraikan alasan yang menjadi pendorong dilakukannya penelitian, mencakup permasalahan atau isu yang ingin diselesaikan atau dijawab melalui penelitian tersebut.

Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa (2001), kata pengantar merupakan bagian pembuka yang menyampaikan ringkasan tentang latar belakang, tujuan, serta maksud dari karya yang ditulis. Selain itu, kata pengantar juga berperan sebagai sarana untuk menyampaikan apresiasi atau ucapan terima kasih kepada individu atau pihak yang telah membantu dalam penyusunan karya tersebut.

Ucapan terima kasih merupakan salah satu bagian penting dalam kata pengantar. Penulis biasanya mengungkapkan rasa penghargaan dan terima kasih kepada dosen pembimbing, institusi, atau pihak-pihak yang telah memberikan dukungan atau bimbingan selama penyusunan proposal penelitian.

Sebelum memulai pembahasan utama, kami ingin menjelaskan struktur penyusunan kata pengantar sebagai dasar pemahaman bagi penulis. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Struktur Kata Pengantar Proposal Penelitian

Umumnya, struktur kata pengantar terdiri dari beberapa bagian penting yang diatur secara sistematis untuk memberikan pengantar yang efisien bagi pembaca.

1. Pembuka

Pembuka pada kata pengantar berisi ungkapan terima kasih dan rasa syukur terkait proses penulisan proposal. Contohnya yaitu rasa syukur dan terima kasih kepada orang tua, saudara, sahabat, dan pembimbing.

2. Isi

Bagian ini membahas tentang gambaran umum tentang keseluruhan penelitian. Contohnya menyinggung fokus penelitian dan permasalahan yang ingin diselesaikan.

3. Penutup

Penutup berisi permohonan maaf atas kesalahan dan kekeliruan pada penulisan atau proses penelitian. Selain itu juga membahas tentang harapan agar penelitian bermanfaat untuk ke depannya.

Selain itu, kami juga akan menyajikan beberapa contoh kata pengantar proposal penelitian yang dapat digunakan sebagai referensi dalam penulisan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian (1)

Sumber: UNIKOM (Mutia Ayustin)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha pengasih lagi Maha penyayang, saya panjatkan puja dan puji syukur kepada hadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan usulan penelitian yang berjudul “Kemandirian Keuangan Daerah yang Dipengaruhi Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah."

Adapun maksud dan tujuan dalam penyusunan proposal penelitian ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat untuk menempuh Program Strata 1 guna memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia.

Dalam proses penyusunan proposal penelitian ini penulis banyak sekali mendapatkan dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penulis mampu menyelesaikan proposal penelitian ini.

Akhir kata penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan proposal penelitian ini jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun guna penyempurnaan proposal penelitian ini.

Penulis berharap Allah SWT memberikan limpahan rahmat serta hidayahNya kepada semua pihak-pihak diatas, semoga amal baik yang telah diberikan penulis mendapatkan balasan dari Allah SWT.

Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta membantu penulis dalam melakukan penulisan proposal penelitian ini dan semoga penulisan proposal penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan pembaca umumnya. Semoga semua bantuan, dorongan dan bimbingan yang telah diberikan ini akan mendapat balasan dari Allah SWT.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian (2)

Sumber: UNSIL (W. Sari Meilina)

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul, “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Pelajaran 2012/2013)”. Solawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya dan kepada kita selaku umatnya. Tujuan dari penulisan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh seminar proposal penelitian Pendidikan Matematika.

Dalam penyusunan proposal ini penulis tidak terlepas dari bantuan, bimbingan, dorongan serta arahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat: ...

Penulis berharap semoga proposal ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan umumnya bagi semua pembaca serta bagi kemajuan pendidikan.

Itulah sederet contoh kata pengantar proposal penelitian yang bisa dijadikan acuan. Masing-masing tulisan dikutip dari dokumen proposal penelitian (skripsi) asli sebagaimana sumber yang dicantumkan. Anda bisa menyesuaikan dengan ketentuan penulisan yang ditetapkan tiap kampus.

Pada bagian penutup kata pengantar, penulis biasanya mengungkapkan harapan agar penelitian yang diajukan dapat memberikan manfaat bagi pembaca, memperkaya bidang keilmuan terkait, atau berkontribusi dalam menyelesaikan masalah yang dibahas. Semoga bermanfaat.