5 Doa Pembukaan Ibadah Kristen Protestan agar Ibadah Khidmat

Freepik
Ilustrasi, ibadah di gereja.
Editor: Agung
28/5/2024, 14.07 WIB

Doa merupakan salah satu cara manusia untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Pada saat berdoa, manusia bisa mengungkapkan rasa syukur, terima kasih, keinginan, serta memohon ampunan atas segala dosa dan kesalahan yang dilakukan.

Dalam ajaran agama Kristen Protestan, doa bisa dipanjatkan kapan saja termasuk ketika hendak melakukan ibadah di gereja. Doa ini sendiri biasanya dipimpin seorang pemimpin ibadah (worship leader) dan berlangsung singkat.

Adapun isi dari doa pembukaan ibadah ini yaitu permohonan kepada Tuhan agar kegiatan ibadah dapat berlangsung lancar dan tanpa kendala dengan pertolongan berkat penyertaan Tuhan.

Berikut di bawah ini kumpulandoa pembukaan ibadah Kristen Protestan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Doa Pembukaan Ibadah Kristen Protestan

Berikut ini lima doa pembukaan ibadah umat Kristen Protestan agar ibadah yang dilakukan berjalan lancar dan khidmat.

Doa Pembukaan Ibadah Kristen Protestan (Freepik)

Doa Pembukaan Ibadah Kristen Protestan 1

Ya Kristus yang mulia, di hari ini kami banyak mengucap terima kasih karena Engkau telah memberkati kami sehingga dapat menuju gereja dengan selamat tanpa halangan apapun.

Terimakasih pula telah menyertai kami dengan tempat yang nyaman, teduh, serta sejuk sehingga kami dapat memuji dan memuliakan nama-Mu dengan penuh syukur.

Ya Kristus, pada kesempatan kali ini kami akan melaksanakan serangkaian kegiatan ibadah, yang diawali dengan doa pembuka ibadah yang tengah kami bacakan ini.

Tuhan, berkatilah acara-acara berikutnya agar tetap lancar, berjalan sesuai kehendak-Mu. Biarlah apa yang datang kemudian terjadi sesuai rencana-Mu yang begitu baik.

Berkatilah kami, para pelaku ibadah, jemaat gereja, pelayan, pemain musik, tamborine, penyanyi lagu rohani, penerima tamu, hingga worship leader agar dapat beribadah dengan baik untuk-Mu.

Terakhir, bimbinglah kami agar dapat menjadi manusia yang dapat selalu ingat akan Engkau. Biarlah pergumulan ini dapat terulang di pertemuan ibadah berikutnya. Atas nama Yesus Putera Maria, kami mohon doa. Amin.

Doa Pembukaan Ibadah Kristen Protestan 2

Ya Bapa, saat ini, kami anak-anakMu tengah memohon kasih dan karunia-Mu supaya Engkau hadir di tengah kami. Kami yang hendak memulai ibadah pada hari ini, berserah dalam tangan-Mu supaya Engkau memberikan penyertaan serta hikmat dan berkat-Mu.

Tuhan, kami berdoa mohon bilamana saat ini kami hendak memulai ibadah, kiranya Engkau senantiasa memberikan penyertaan dalam ibadah kami sehingga hati kami hanya tertuju untuk menyerukan serta memuji nama-Mu yang agung.

Terima kasih ya Bapa,kiranya hanya kasih setia-Mu yang menyertai kami mulai dari hari ini hingga selama-lamanya. Bawa kami mengerti firman-Mu dan biarkan kami terbuka menerima perintah-Mu. Di dalam namaMu kami berdoa. Amin.

Doa Pembukaan Ibadah Kristen Protestan 3

Ya Allah yang Maha Pengasih, di hadapan-Mu yang penuh kemuliaan, kami memulai ibadah ini dengan rasa takjub dan syukur. Ijinkanlah kami merayakan keberagaman dan kesatuan kami sebagai umat-Mu. Bimbinglah dengan cahaya kasih-Mu, agar setiap langkah ibadah ini mencerminkan keindahan persatuan dalam keberagaman.

Terima kasih atas kelimpahan rahmat-Mu yang tak pernah berhenti mengalir. Dalam keceriaan Natal ini, hadirkan kedamaian dan sukacita dalam hati kami. Jadikanlah ibadah ini sebagai panggilan untuk menyebarkan cahaya kasih-Mu kepada sesama.

Engkau, Tuhan, adalah sumber inspirasi dan keajaiban. Berkati setiap aspek ibadah ini, agar Engkau diberi hormat dan kemuliaan. Dalam kerendahan hati, kami bersatu sebagai keluarga iman, merayakan keajaiban kelahiran Putra-Mu, Yesus Kristus. Amin.

Doa Pembukaan Ibadah Kristen Protestan 4

Yesus yang maha baik, hari ini kami akan melaksanakan ibadah untuk memperingati hari kelahiran-Mu. Tepatnya di hari natal, tanggal 25 Desember yang menjadi rutinitas kami setiap tahunnya.

Sebelumnya, kami mengucap terimakasih atas berkat dan penyetaaan yang Engkau berikan sehingga kami dapat berkumpul pada gereja ini tanpa kekuarangan suatu apa.

Yesus, berkatilah kami untuk dapat menjalankan kegiatan ibadah ini dengan baik. Sehingga kami dapat memuji dan memuliakan nama-Mu sebagaimana ibadah-ibadah sebelumnya.

Berkatilah pula para pelayan gereja, pembawa acara, worship leader, penyanyi rohani, dan para jemaat yang akan mengikuti serangkaian acara pada ibadah kali ini.

Bimbinglah kami agar selalu ingat akan Engkau, menjadi anak-Mu yang selalu ingat bahwa Engkau akan tetap ada di samping kami sebagai penolong, penyemangat, dan penyerta ketika dalam kesulitan.

Terakhir, mohon bantulah kami agar dapat menjadi manusia sesuai seperti yang Engkau kehendaki. Kami yakin bahwa rencana-Mu sungguh baik, maka biarlah kegiatan ibadah ini dapat berjalan sesuai rencana-Mu. Amin.

Doa Pembukaan Ibadah Kristen Protestan 5

Bapa kami yang berada di Sorga. Terima kasih atas segala penyertaan yang Engkau berikan sehingga kami bisa berkumpul dalam acara ibadah di gereja bersama sanak saudara, keluarga dan teman-teman dekat kami semua.

Bapa, kami mengucap banyak syukur atas pertolongan-Mu yang menjadikan kami dapat berdiri di sini dengan kondisi sehat, diselamatkan ketika berangkat dari rumah, dan diberkati untuk mengikuti acara ibadah yang bermanfaat ini.

Sungguh kami tidak bisa mengungkapkan betapa besar kasih yang Engkau berikan kepada kami, anak-anakMu yang penuh dosa dan kadang lupa diri sehingga sedikit pujian dan penyembahan yang kami berikan kepada Engkau.

Bapa, dalam waktu ini kami ingin berkenan kepada-Mu, mohon berkatilah seluruh pelayan yang membantu kegiatan ibadah ini sehingga dapat dimulai dengan baik.

Berkatilah pula para singers, pemain tamborine, worship leader, pemain musik hingga mereka yang bertugas mengisi buku tamu di depan.

Semoga ibadah yang kami lakukan dapat berjalan dengan lancar dan dijauhkan dari segala ancaman dan kemungkinan buruk yang mungkin terjadi mulai dari awal, pertengahan hingga akhir acara. Biarlah Tuhan melindungi kami dan acara ini.

Terakhir, kami mohon sertai dan bimbinglah kami agar tetap bisa menjadi manusia yang ingat akan Engkau. Selalu memiliki keinginan kuat untuk beribadah kepada-Mu.

Sebagai bentuk kecil ungkapan rasa syukur atas penyertaan luar biasa yang Engkau berikan kepada kami. Haleluya. Amin.

Itulah  lima doa pembukaan ibadah Kristen Protestan yang bisa dipanjatkan agar ibadah yang dilakukan berjalan lancar dan khidmat.