CVV adalah kepanjangan dari Card Verification Value. CVV merupakan 3 digit angka dari kartu kredit atau debit bermerek VISA, Mastercard dan Discover. Sedangkan kartu kredit atau debit dari merek American Express berjumlah empat digit.

Ketika melakukan transaksi online menggunakan kartu kredit, biasanya Anda akan diminta untuk memberikan nomor, nama, tanggal kadaluarsa dan CVV yang terdapat di kartu. Tiga atau empat digit nomor ini tersimpan di bagian belakang kartu untuk mengamankan transaksi.

Fungsi dari CVV adalah untuk verifikasi bahwa Anda merupakan pemilik kartu kredit sehingga transaksi bisa dilanjutkan. Perlu diketahui CVV berbeda dengan PIN, CVV diperlukan ketika melakukan transaksi online sedangkan PIN digunakan untuk penarikan tunai.

Nama lain CVV adalah

CVV memiliki sejumlah nama lain di antaranya CSC, CVV2, CVC2, CID dan CVD. Semua nomor keamanan tertera di kartu dan tidak tersimpan di dalam chip atau strip magnetik. Untuk detail nama lain CVV dan penerbit yaitu sebagai berikut:

AkronimDefinisiPenerbit
CIDCard Identification NumberDiscover
CVC2Card Validation CodeMaster Card
CSCCard Security CodeDebit Card
CVV2Card Verfication Value 2Visa

Jenis Kartu Debit dan Kredit dengan CVV

Beragam penerbit kartu debit dan kredit menggunakan CVV, berikut jenis kartu yang menggunakan CVV dilansir dari Ekrut.com:

1. Visa dan MasterCard
Jenis kartu yang umum menggunakan CVV ialah Visa dan Mastercard. Visa dan Mastercard merupakan perusahaan yang menangani transaksi ketika Anda menggunakan kartu kredit, debit atau prabayar. Visa dan MasterCard merupakan perantara antara Anda, bank dan merchant.

2. Discover
Discover hampir sama dengan American Express yaitu penerbit kartu kredit sekaligus sebagai jaringan pembayaran. Penggunaan kartu kredit Discover cenderung lebih umum di Amerika Serikat. Adapun letak kode CVV di kartu Discover yaitu berada di bagian belakang kartu dan terdiri dari 3 digit nomor CVV/CVC.

3. American Express
American Express merupakan penerbit kartu kredit sekaligus sebagai jaringan pembayaran. Jumlah angka dan letak CVV berbeda dengan Visa dan Mastercard. Kartu kredit American express mencantumkan CVV di bagian depan, di atas nomor kartu kredit, ukurannya cenderung lebih kecil dan berjumlah empat digit.

Cara Menggunakan CVV untuk Transaksi

Kode CVV diperlukan ketika melakukan transaksi online, berikut cara menggunakannya:

• Masuk ke situs belanja terlebih dahulu
• Tentukan barang yang ingin dibeli
• Check out lalu masukan data pengiriman di antaranya alamat dan data diri
• Pilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit
• Masukan kode CVV berupa 3 digit di belakang kartu kredit
• Setelah diproses, Anda akan diarahkan ke halaman yang meminta kode verifikasi lain. Kode verifikasi ini akan dikirimkan ke nomor HP yang digunakan untuk mendaftar kartu kredit dalam bentuk pesan singkat
• Jika sudah menerima kode, masukan kode di halaman tersebut untuk melakukan verifikasi transaksi
• Beberapa transaksi online terkadang tidak akan meminta kode verifikasi lagi. Namun ada juga setelah memasukan CVV pembayaran langsung diterima
• Selesai

Tips Menggunakan CVV

Perlu ditekankan, CVV adalah kode yang tidak boleh diberikan kepada siapa pun. Agar kode CVV tetap terjaga, berikut tips menggunakannya:

• Tutup kode CVV menggunakan selotip sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain
• Jangan simpan kode di dalam ponsel atau yang bersifat terbuka
• Ketika melakukan transaksi langsung, pastikan kartu kredit digesek di dalam mesin EDC saat membayar, bukan di mesin kasir. Hal ini dilakukan untuk menghindari duplikasi ilegal kartu kredit dari pihak yang tidak bertanggung jawab
• Menggunakan sistem keamanan ganda yaitu dengan memasang PIN untuk setiap transaksi kartu kredit secara offline
• Jangan simpan data kartu kredit atau debit di dalam aplikasi untuk menghindari pencurian data
• Jangan masukan data kartu kredit dan kode CVV sembarangan
• Jangan klik atau isi formulir yang meminta semua data kartu kredit atau kode CVV yang tidak jelas dari pihak manapun, termasuk pihak penerbit kartu kredit
• Blokir jika ada transaksi mencurigakan. Terlebih jika tiba-tiba ada pesan masuk kode verifikasi pembayaran padahal Anda tidak sedang melakukan transaksi online

Melalui ulasan sebelumnya Anda telah mengetahui CVV adalah kode rahasia yang harus dijaga keamanannya. Kode ini diperlukan ketika melakukan transaksi online menggunakan kartu kredit sehingga jangan sampai disalahgunakan oleh orang lain.