Pada era digital saat ini, banyak orang lebih memilih melakukan transaksi secara non tunai. Maka tidak heran jika kehadiran dompet digital atau e-wallet banyak digandrungi masyarakat.
Hal ini dikarenakan e-wallet memungkinkan mereka membeli apapun yang diinginkan hanya dengan bermodalkan HP tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Dengan demikian, kegiatan belanja bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.
Dari berbagai dompet digital yang bermunculan, OVO dan Shopeepay termasuk yang paling banyak digunakan.
Pasalnya dengan kedua dompet digital ini, pengguna bisa melakukan berbagai transaksi seperti menarik uang, membayar tagihan, maupun transfer uang ke rekening bank atau e-wallet lainnya. Namun untuk bisa melakukan berbagai transaksi di atas, tentunya diperlukan saldo yang cukup.
Pada artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap cara transfer OVO ke Shopeepay. Cara ini sendiri bisa diterapkan bila pengguna ingin melakukan belanja online di Shopee namun tidak memiliki saldo yang cukup.
Berikut di bawah ini penjelasan lengkapnya.
Syarat Transfer OVO ke ShopeePay
Untuk bisa melakukan transfer OVO ke Shopeepay, terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Adapun syarat yang dimaksud, yaitu:
- Pastikan bahwa akun OVO dan ShopeePay aktif dan terdaftar dengan benar.
- Memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transfer.
- Koneksi internet yang stabil untuk menjalankan aplikasi OVO dan ShopeePay.
- Memiliki akun OVO Premier untuk memudahkan transfer antar bank atau dompet digital lain.
Cara Upgrade OVO Premier
Seperti penjelasan di atas, Anda baru bisa melakukan transfer ke Shopeepay bila akun OVO telah diupgrade menjadi OVO Premier.
Dengan mengupgradenya, nantinya Anda akan bisa menggunakan seluruh layanan keuangan yang disediakan OVO, termasuk layanan transfer ke sesama OVO maupun antar bank.
Berbeda dengan akun OVO biasa, dengan OVO Premier, Anda bisa memiliki limit saldo maksimal Rp 10 juta dengan limit transaksi maksimal dalam sebulan sebesar Rp 20 juta.
Namun untuk bisa mengupgradenya, Anda membutuhkan KTP atau kartu identitas.Berikut ini langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi OVO yang terinstal di ponsel
- Klik banner Upgrade di halaman utama aplikasi OVO
- Pengguna juga bisa masuk ke menu Profile di halaman utama aplikasi OVO dan Klik menu Upgrade
- Siapkan KTP dan pastikan kamu mengisi semua data dengan lengkap, benar dan pastikan dokumen yang kamu upload adalah asli, jelas terbaca dan tidak terpotong
- Pastikan selfie diri dan foto KTP yang kamu upload tidak buram dan kondisi KTP dalam keadaan baik dan tidak rusak
- Tunggu notifikasi tentang status aplikasi upgrade.
Cara Transfer Ovo Ke Shopeepay
Bila persyaratan di atas telah dipenuhi, barulah Anda bisa melakukan transfer OVO ke Shopeepay. Terdapat dua cara mudah yang bisa dilakukan, yaitu lewat OVO dan Shopeepay. Berikut dibawah ini penjelasan masing-masing caranya.
1. Lewat OVO
Cara transfer OVO ke Shopeepay yang pertama yaitu melalui menu transfer yang terdapat pada aplikasi OVO sendiri. Caranya sendiri cukup mudah dilakukan.
Berikut ini langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi OVO
- Klik menu Transfer yang dapat ditemukan di halaman utama
- Lalu, klik opsi Rekening Bank
- Tentukan bank tujuan, misalnya Bank Mandiri
- Selanjutnya, masukkan kode 893 diikuti dengan nomor HP yang terdaftar di akun Shopee Masukkan nominal saldo yang hendak di-transfer, minimal saldo Rp10.000
- Setelah itu, klik Lanjutkan dan Konfirmasi
- Masukkan PIN OVO dan cek saldo ShopeePay apakah saldo sudah bertambah atau belum
2. Lewat Shopeepay
Cara Transfer OVO ke ShopeePay berikutnya yaitu lewat Shopee yang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Pertama-tama, buka aplikasi Shopee pada HP
- Pilih menu ShopeePay pada halaman utama
- Lalu, pilih opsi Top Up atau Isi Saldo
- Pilih bank top up.
- Klik Konfirmasi
- Akan muncul kode virtual account atau VA pada layar.
- Salin kode VA tersebut
- Buka aplikasi OVO
- Klik menu Transfer, klik menu Ke Rekening Bank
- Pilih bank yang sama saat memilih di Shopee
- Masukkan nominal saldo yang akan di-transfer, minimal Rp10.000
- Konfirmasi transaksi tersebut.
- Klik Transfer
- Setelah itu, masukkan PIN OVO dan cek saldo ShopeePay Anda
Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer
Bila Anda telah melakukan kedua cara di atas namun tidak berhasil, bisa jadi ada hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini beberapa penyebab OVO tidak bisa melakukan proses transfer, yaitu:
- Nomor rekening tujuan salah dan kode bank tujuan. Jika Anda salah memasukkan satu huruf saja, maka proses transfer akan gagal dilakukan.
- Jaringan internet bermasalah. Sebelum melakukan proses transfer, cek terlebih dahulu jaringan internet agar tidak terjadi kendala.
- Akun OVO belum ditingkatkan menjadi premium. Adapun, salah satu sebab proses transfer menggunakan OVO tidak dapat dilakukan adalah akun belum ditingkatkan ke premium. Oleh karena itu, upgradelah atau tingkatkan akun Anda terlebih dahulu.
- Data cache OVO belum terhapus. Banyaknya data singgahan atau cache dapat jadi salah satu penyebab OVO tidak dapat melakukan proses transaksi.
- Aplikasi OVO belum diperbaharui. Untuk memperbarui aplikasi, Anda dapat melakukannya melalui Play Store maupun App Store.
Itulah rangkuman dua cara transfer OVO ke Shopeepay beserta informasi lainnya yang penting untuk diketahui. Dengan menerapkan salah satu cara di atas, Anda bisa melakukan proses transfer dengan mudah, praktis, dan cepat.