8 Cara Mencuci Baju Putih Agar Tidak Kusam dan Bersih

pexels
Ilustrasi, cucian baju putih.
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Agung
30/12/2022, 13.35 WIB

Baju putih merupakan jenis pakaian yang perlu diperhatikan ketika hendak dicuci. Lantaran warnanya yang cerah dan polos, akan mudah terpapar campuran warna dari pakaian lain.

Biasanya baju putih dicuci secara terpisah dengan pakaian lain agar tidak  luntur. Selain itu, baju putih juga perlu ditangani dengan hati-hati agar tidak kusam.

Tak hanya itu, sebaiknya Anda juga memperhatikan suhu air yang digunakan. Beberapa merek deterjen menjual produk yang dapat digunakan baju putih secara khusus.

Permasalahan lain dari baju putih yaitu mudah menguning. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah paparan klorin, nikotin, reaksi kimia dari deodoran, hingga barang yang disimpan dan bereaksi dengan asam lingkungan.

Kali ini, Katadata.co.id ingin memberikan cara mencuci baju putih. Selain itu, juga ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Berikut penjelasannya.

Cara Mencuci Baju Putih

1. Pisahkan Baju Putih

CARA MENCUCI BAJU PUTIH (pexels)

Memisahkan baju putih dari pakaian lainnya berguna untuk menghindari luntur. Mengingat pakaian putih muda menerima transfer dari pewarna lain.

2. Gunakan Penghilang Noda Sebelum Mencuci

Tahap ini dilakukan untuk menghilangkan noda pada titik tertentu. Misalnya warna kotor akibat makanan dan tinta. Adapun yang paling banyak dipasaran adalah klorin atau pemutih berbentuk cairan. Namun perlu diperhatikan bahwa pemutih tersebut dapat merusak kain apabila digunakan secara berlebihan.

3. Gunakan Deterjen Khusus Baju Putih

Sempat dibahas sebelumnya, terdapat beberapa merek yang memiliki deterjen khusus untuk baju putih. Tentu formula di dalamnya berbeda dari deterjen pada umumnya.

Sementara itu, Anda juga perlu memperhatikan jumlah deterjen dengan jumlah pakaian yang akan dicuci. Mengutip dari American Two Shot, penggunaan jenis deterjen ini dalam jumlah banyak bisa mengendap di serat pakaian.

4. Tidak Memasukkan Air secara Penuh

Hal ini dapat diterapkan untuk Anda yang mencuci dengan mesin. Untuk menjaga kecerahan pakaian, Anda perlu menghindari muatan yang berlebihan.

Caranya dengan tidak memasukkan air secara penuh. Apabila beban terlalu berat, tidak akan ada cukup ruang untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran yang mengendap di bagian putih. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab pakaian putih tidak bersih dengan sempurna.

Halaman: