Memahami Cara Tawakal Kepada Allah SWT dan Keutamannya

Unsplash
Ilustrasi, seorang perempuan tengah berdoa.
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
28/3/2023, 10.35 WIB

Cara tawakal kepada Allah SWT banyak dicari saat cobaan hidup menerpa. Kita penting memahami lebih jauh perihal tawakal karena merupakan bagian dari ajaran Islam yang terbilang penting. Tawakal termasuk salah satu sikap terpuji yang sebaiknya dimiliki oleh umat muslim.

Tawakal diartikan sebagai berserah diri kepada Allah SWT. Dalam ajaran Islam, tawakal berarti berserah sepenuhnya kepada Allah setalah melakukan beragam usaha. Sikap tawakal ini jadi salah satu penilaian di antara tingkat keimanan seseorang.

Pengertian Tawakal

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tawakal diartikan sebagai berpasrah diri terhadap kehendak Allah SWT. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa untuk bersikap tawakal terhadap beragam situasi yang terjadi.

Melansir dari An-nur.ac.id, tawakal secara bahasa berasal dari kata وكل (wakala) yang artinya menyerahkan, mewakilkan atau mempercayakan segala sesuatu kepada orang lain. Tujuan penyerahan kepada Allah SWT ini untuk menghilangkan kemudaratan dan mendapat kemaslahatan.

Pengertian tawakal secara istilah yaitu menyerahkan urusan kepada Allah SWT yang telah mengatur segala sesuatu. Berserah diri kepada Allah SWT merupakan salah satu perkara yang diwajibkan dalam Islam.

Berserah diri dilakukan oleh umat muslim setelah melakukan usaha dengan maksimal dan sungguh-sungguh, sesuai kemampuannya. Tawakal hanya ditujukan kepada Allah SWT, bukan hal lainnya yang bisa menimbulkan sirik.

Cara Tawakal Kepada Allah SWT

Terkait cara tawakal kepada Allah SWT bisa dilakukan dengan menerapkan perilaku tawakal dalam kehidupan sehari-hari, berikut di antaranya:

• Selalu bersyukur atas segala sesuatu yang diperoleh
• Bersabar saat diterpa oleh musibah
• Tidak mudah putus asa saat berusaha
• Menerima ketentuan Allah SWT dengan ikhlas
• Saat mendapat masalah, berserah diri kepada Allah SWT dan berdoa agar memperoleh solusi terbaik
• Berprasangka baik kepada Allah SWT atas kejadian yang diterima
• Tidak gelisah, berkeluh kesah dan tetap berikhtiar
• Menyerahkan semuanya kepada Allah SWT selepas berusaha
• Berikhtiar dan berusaha dengan maksimal lalu tawakal

Keutamaan Tawakal

Selain cara tawakal kepada Allah SWT, Anda juga perlu mengetahui beberapa keutamaan tawakal. Sebagai bentuk sikap terpuji dalam Islam, tawakal diyakini memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim, berikut di antaranya:

1. Dicukupkan oleh Allah SWT

Orang yang bertawakal dijamin memperoleh rasa cukup oleh Allah SWT. Sebab orang yang memiliki sifat tawakal telah menyerahkan dirinya kepada Allah SWT. Ia meyakini bahwa Allah SWT telah menjamin rezeki untuknya.

2. Meningkatkan Keimanan

Tawakal merupakan salah satu bentuk dari keimanan seorang muslim. Hal ini telah tercantum dalam surah Al-Maidah ayat 23, berikut isinya:

Surah Al-Maidah Ayat 23 (Brainly.co.id)

3. Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Keutamaan tawakal berikutnya yaitu memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat. Hal ini telah termuat dalam firman Allah SWT, surah An-Nahl ayat 41-42 yang isinya sebagai berikut:

Surah An-Nahl 41-42 (Alquranmulia.wordpress.com)

4. Terhindar dari Godaan Setan

Terhindar dari godaan setan merupakan keutamaan tawakal berikutnya. Allah SWT sesungguhnya tidak akan membiarkan setan mendekati manusia yang berserah kepada-Nya. Keutamaan ini telah termuat dalam surah An-Nahl ayat 99 yang bunyinya sebagai berikut:

Surah An-Nahl ayat 99 (Tafsirq.com)

5. Memperoleh Kesabaran

Dengan bertawakal maka sama halnya dengan kita melatih diri untuk sabar. Tawakal termasuk sikap yang perlu dimiliki saat memiliki impian tinggi. Menuju mimpi yang tinggi diperlukan kesabaran dalam jangka panjang.

6. Memperoleh Keselamatan Hidup

Memperoleh keselamatan hidup bisa dilihat dari peristiwa Nabi Ibrahim yang dilempar oleh Raja Namrud ke dalam api neraka. Karena ketawakalan Nabi Ibrahim, Allah SWT memberikannya pertolongan dan menyelamatkan hidupnya dengan menjadikan api neraka dingin.

7. Memperoleh Kecukupan Hidup

Tawakal jadi kunci meraih kesuksesan di dunia dan akhirat. Dengan tawakal, Allah SWT mencukupkan rezeki umatnya di dunia. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah At-Thalaq ayat 3, berikut bunyinya:

Surah At-Talaq ayat 2-3 (Medan.tribunnews.com)

Beberapa cara tawakal kepada Allah di atas bisa Anda pertimbangkan agar selalu sabar dalam menghadapi beragam situasi yang tidak diinginkan. Penting juga memahami beberapa keutamaan dalam Islam yang bisa Anda renungkan.