Jastip War Tiket Coldplay Marak di Sosial Media, Ini Besaran Tarifnya

Anna Lee/Instagram Coldplay
Konser Coldplay di Brazil.
12/5/2023, 16.20 WIB

Jasa titip atau jastip untuk war tiket Coldplay marak ditawarkan di internet. Mereka menjual jasanya dengan tarif yang beragam mulai Rp 200.000 sampai Rp 750.000 per tiket.

War tiket atau perang tiket adalah sebuah istilah untuk berburu tiket konser musik, terutama yang memiliki basis penggemar besar. Disebut perang karena tak jarang tiket konser tersebut habis dalam sekejap, sehingga banyak yang gagal mendapatkannya.

Oleh sebab itulah banyak calon penonton yang menggunakan jastip war tiket sehingga tidak perlu bersusah payah untuk berebut tiket. Pelaku jastip juga biasanya memiliki trik tersendiri dan sudah berpengalaman dalam memenangkan war tiket konser. 

Sebagai informasi, Coldplay akan menggelar konser pertamanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November 2023. Adapun untuk tiket presale mulai akan dijual pada 17-18 Mei 2023. Namun tiket presale hanya diperuntukan bagi nasabah BCA. Sedangkan tiket umumnya dijual mulai 19 Mei 2023. 

Tarif Jastip War Tiket

Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id di sejumlah media sosial, biaya untuk jastip war tiket konser Coldplay mulai dari Rp 200.000 - Rp 750.000 per tiket. Perbedaan harga tersebut biasanya tergantung pengalaman dari pelaku usaha jastip war tiket. Jika jastip war tiket tersebut sudah terkenal dan terpercaya, maka mereka akan mematok harga lebih mahal.

Sejumlah usaha jastip war tiket konser Coldplay bisa banyak ditemukan melalui twitter. Salah satu Pengusaha Jastip War Tiket, Fauzan Mirwan, mengungkapkan usahanya mematok biaya untuk konser Coldplay sediri sebesar Rp 200.000 - Rp 275.000 per tiket.

Harga itu lebih murah dibandingkan dengan penawaran harga oleh usaha jastip war tiket konser Coldplay lainnya yang bisa mencapai Rp 300.000 - Rp 750.000 per tiket. Fauzan mengatakan, pihaknya belum berani mematok harga yang lebih besar karena timnya baru berjumlah lima orang. Selain itu, timnya tidak bisa menjamin kalau usaha jastip war tiket nya bisa berhasil.

"Kalau jastip war tiket di saya bisa lebih murah juga karena hanya perlu bayar untuk booking slotnya saja, tidak perlu bayar DP, dan tidak perlu bayar tiket sepenuhnya. Karena kami tidak bisa menjanjikan bisa dapat tiket itu atau tidak," ujarnya saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (12/5).

Menurut Fauzan, biaya jastip war tiket Coldplay lainnya bisa lebih mahal lantaran mereka memiliki jumlah tim yang lebih besar. Mereka biasanya meminta uang muka pada konsumennya, bahkan pembayaran penuh sesuai dengan kategori tiket yang dipilih.

Dia menilai, usaha jasa war tiket untuk konser Coldplay masih terbilang wajar jika mematok harga mulai dari Rp 200.000 - 500.000. Pasalnya, penggemar Chris Martin dan kawan-kawannya sangat banyak di Indonesia, sehingga persaingan untuk mendapatkan tiket akan cukup sulit.

Tidak Ada Jaminan Dapat Tiket

Sementara itu, usaha jastip war tiket konser Coldplay lainnya yang menawarkan jasanya di twitter adalah @kyon_ina. Mereka menawarkan tarif jastip sebesar Rp 350.000 per tiket.

"Full payment H-2 sebelum ticketing, cancel setelah DP akan ada potongan biaya, kalau tidak dapat tiket akan kami balikan full 100%," cuit akun @kyon_ina yang dikutip, Jumat (12/5).

Selain itu, akun @crushnim juga menawarkan pelayanan jastip pembelian tiket konser di Indonesia seharga Rp 400.000 per tiket. Akun itu menyebutkan, konsumen harus membayar pelunasan jasa dan tiket sesuai dengan kategori yang diinginkan pada H-1 sebelum penjualan tiket.

"Tidak ada jaminan 100% pasti dapat, jika tidak dapat maka akan direfund dengan potongan Rp 50.000 - Rp 100.000 tergantung demand per tiket," tulis akun tersebut.

Harga Tiket Coldplay

Tarif jastip tersebut di luar harga tiket Coldplay yang telah ditetapkan, Berdasarkan akun resmi Instagram PK Entertainment dan Third Eye Management pada Kamis (11/5/2023), harga tiket konser grup band asal London tersebut dibanderol mulai dari Rp800 ribu hingga Rp11 juta.

Kategori termahal yang dijual yaitu Ultimate Experience, dibanderol seharga Rp11 juta. Kategori itu mencakup paket khusus untuk tiket CAT 1 senilai Rp5 juta dengan sejumlah keuntungan menarik, seperti akses backstage, akses masuk venue eksklusif, hingga merchandise eksklusif.

Sementara termahal kedua adalah kategori My Universe atau Festival, sebesar Rp5,7 juta. Dengan harga itu, penonton sudah mengantongi satu tiket standing Festival Rp3,5 juta dan keuntungan lain, di antaranya waktu masuk venue lebih awal, akses masuk venue eksklusif, hingga merchandise eksklusif. 

Berikut adalah harga tiket konser Coldplay di Jakarta berdasarkan kategorinya, seperti tertera dalam grafik.

Reporter: Nadya Zahira