Media sosial sedang dihebohkan dengan mantan Puteri Indonesia Intelegensia, Lycie Joanna Jonsen, yang menjual 100 tiket Coldplay dengan harga dua kali lipat dari yang diterapkan oleh promotor. Dalam Instagram storynya, Lycie mengaku mendapatkan tiket tersebut dari orang dalam.
Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id, Lycie menjual semua kelas tiket dari yang termurah CAT 8 hingga Ultimate Experience. Namun demikian, dia menjual harga tiket tersebut dua kali lipat dari harga promotor.
Misalnya saja tiket Coldplay CAT 8 yang seharusnya Rp 800.000 menjadi Rp 1.600.000, tiket CAT 7 dan CAT yang seharusnya Rp 1,3 juta menjadi Rp 2,5 juta. Sementara harga tiket termahal Ultimate Experience yang seharusnya Rp 11 juta, dijual menjadi Rp 21 juta.
Dalam unggahannya, Lycie mengatakan akan kembali menjual tiket Coldplay. Namun demikian, harga tiket tersebut akan lebih mahal karena sudah dinaikkan oleh "orang dalam".
"Yang gak dapat dapat sorry banget. Kalau mau ikut kuota 2. Tapi harganya sudah naik nih dari orang dalemnya," tulis Lycie.
Warganet pun heboh dengan aksi yang dilakukan Lycie tersebut. Hal itu salah satunya akun twitter @Hendyaw yang mengunggah tangkapan layar dari postingan Lycie saat menjual tiket.
"Ini juga hahaha 100 tiket dari orang dalam. Emang belum cocok Coldplay konser di Indonesia yang penuh kebusukan ini," cuitnya.
Cuitan tersebut ternyata dibagikan kembali dan dibalas oleh Lycia di Instagram Storynya. Dia bahkan mengatakan bahwa calo dibutuhkan dalam hidup.
"Nih ya hidup itu harus punya relasi. Kalau gak punya relasi you mau jadi apa?" tulisnya.
"Dalam hidup selalu butuh calo! Sadar gak sadar semua orang pernah jadi calo," tulisnya lagi.
Sebagai informasi, Lychie merupakan Puteri Indonesia Intelegensia 2019. Di merupakan finalis Puter Indonesia yang mewakili Kepulauan Riau pada 2019.
Calo Tiket Coldplay Marak
Calo tiket Coldplay marak bermunculan sepekan terakhir. Salah satunya situs Kick Avenue yang menjual tiket Coldplay dengan harga fantastis. Tiket kategori CAT 1 dihargai Rp60 juta, selisih Rp55 juta dari harga asli Rp5 juta.
Mereka juga menjual tiket Cat 2 seharga Rp50 juta dan Cat 3 Rp9,5 juta. Padahal tiket aslinya hanya seharga masing-masing Rp4 juta dan Rp3,25 juta.
Selain sosial media, tiket Coldplay juga marak dijual di platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Dua jam setelah penjualan dibuka pada Rabu (17/5) , beberapa toko di Shopee dan Tokopedia mulai menjual tiket konser Coldplay.
Saat itu, tiket CAT 3 yang dibanderol Rp 3,3 juta, dijual Rp 5,5 juta di Tokopedia. Tiket konser Coldplay My Universe yang dijual resmi Rp 5,7 juta, dibanderol Rp 15 juta di Tokopedia. Tiket tersebut bahkan sudah ludes di hari yang sama pada Pukul 12.12 WIB.
Namun kata kunci 'tiket Coldplay' tak lagi tersedia di Tokopedia pada Pukul 14.35 WIB. Beberapa penjual di Shopee juga menjajakan tiket konser Coldplay. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, tiket konser Coldplay tidak terpantau tersedia di TikTok Shop dan Lazada.
Bakal Ditindak Tegas
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengaku mendapat banyak keluhan soal proses pemesanan tiket dan menjamurnya calo. Dia akan berkoordinasi dengan aparat agar aktivitas ilegal tersebut bisa diproses secara hukum.
“Supaya kepolisian bisa menindak tegas!” katanya saat ditemui di Balai Kota Semarang, Jumat (19/5) malam.
Sandi juga meminta masyarakat untuk tidak membeli tiket dari sumber ilegal seperti calo. Dia mengingatkan bahwa pembelian tiket secara resmi menimbulkan banyak risiko yang dipertaruhkan, termasuk juga penipuan.
Berdasarkan akun resmi Instagram PK Entertainment dan Third Eye Management, harga tiket konser grup band asal London tersebut dibanderol mulai dari Rp800 ribu hingga Rp11 juta.
Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik.