Sholawat Nariyah Bacaan Arab dan Latin Beserta Artinya

Pexels
Ilustrasi, sholawat.
Penulis: Tifani
Editor: Agung
28/6/2023, 10.00 WIB

Sholawat atau selawat merupakan salah satu amalan yang kerap dibaca oleh umat Islam. Bahkan sebagai umat Islam, bersholawat untuk Rasulullah SAW sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Allah SAW telat menuliskan hukum bersholawat dalam Al-Quran

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56)

Sholawat dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, ada baiknya sholawat dilakukan setelah melakukan salat.

Bacaan sholawat dapat beragam, salah satunya adalah Sholawat Nariyah atau Selawat Nariyah.

Sholawat Nariyah

Selawat Nariyah (Nu.or.id)

Sholawat Nariyah kerap disebut sebagai Sholawat Tafrijiah. Dikutip dari laman nu.or.id, Selawat Nariyah disusun oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Abdul Wahhab At-Tazy.

Seperti sholat pada umumnya, Sholawat Nariyah juga ditujukan untuk memuji Rasulullah SAW. Berikut bacaan Sholat Nariyah dengan tulisan arab, latin beserta artinya.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

"Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju.

Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka."

Artinya: "Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah.

Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau."

Manfaat Membaca Sholawat Nariyah 11 Kali

Ilustrasi Keutamaan Sholawat Nabi (Pexels)

Ada keutamaan yang menanti umat Muslim jika mengamalkan sholawat nariyah secara rutin. Imam Dainuri menyebut siapa saja yang membaca sholawat nariyah setelah sholat fardhu sebanyak 11 kali maka akan mendapatkan rezeki yang tak akan pernah putus.

Selain itu, orang-orang yang membaca sholawat nariyah juga mendapatkan jaminan pangkat dan kedudukan seperti orang kaya. Keistimewaan lain bagi orang-orang yang rajin membaca sholawat nariyah antara lain:

  • Dijauhkan dari masalah
  • Menghilangkan kesedihan
  • Dibukakan pintu rezeki yang tak terputus
  • Dipermudah dalam segala urusan di dunia
  • Menjadi doa agar keinginannya dikabulkan Allah SWT
  • Mendapat perlindungan dari penyakit dan marabahaya

Anjuran untuk Bersholawat

Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Selain itu, anjuran untuk bersholawat juga terdapat dalam hadis dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, yang menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Al-Baihaqi, Syaikh Al-Albani menyatakan bahwa hadis ini hasan lighairihi).

Keutamaan Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Pelafalan Sholawat Nabi Sesuai Sunnah (Pexels)

Selain mendapatkan balasan kebaikan yang berlipat dari Allah SWT, terdapat keutamaan lain ketika kita bersholawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

"Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti." (Hadis ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy).

Kemudian terdapat hadis lain dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)." (HR an-Nasa’I, Ahmad, Ibnu Hibban dan al-Hakim).

Hadis ini menunjukkan bagaimana keutamaan dari amalan sholawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan anjuran memperbanyak shalawat tersebut. Bersholawat merupakan sebab turunnya rahmat, pengampunan serta pahala yang berlipatganda dari Allah Ta’ala.

Demikian ulasan Sholawat Nariyah dalam tulisan arab, latin, arti dan keutamaannya secara lengkap.