10 Cara Menghapal Perkalian Sederhana untuk Anak-anak

Freepik
Ilustrasi, materi matematika untuk anak.
Editor: Agung
4/8/2023, 10.00 WIB

Perkalian termasuk perhitungan angka seperti menambah, mengurangi, dan membagi. Cara menghafal perkalian dilakukan sejak anak-anak menginjak sekolah dasar. Cara menghafal perkalian dasar cukup mudah, kalian bisa melihat gambar perkalian dasar dari angka 1 sampai 10.

Hitungan perkalian berasal dari penjumlahan beberapa angka yang sama. Sederhananya, perkalian adalah menjumlahkan semua angka yang sama. Proses menghafal perkalian membutuhkan waktu tidak hanya sekali atau dua kali latihan. Tetapi, ada beberapa cara efektif untuk menghafal perkalian cepat.

Beberapa ahli telah merancang cara menghafal perkalian lebih mudah. Kamu bisa melakukan langkah sederhana untuk menghafal angka perkalian dasar. Cara terbaik adalah mengikuti proses bertahap.

Anda bisa memberikan tabel perkalian dasar untuk anak-anak, kemudian menghubungkan perkalian dengan penjumlahan. Berikut cara menghapal perkalian cepat untuk anak-anak yang dapat menjadi panduan.

Cara Menghapal Perkalian Cepat

Berikut ini beberapa cara menghapal perkalian yang dapat dicoba agar anak-anak mampu belajar secara efektif.

1. Tabel Perkalian

Cara Menghafal Perkalian dengan Cepat (Pexels)

Langkah pertama adalah memberitahu anak-anak untuk menyalin tabel perkalian. Berikan poster perkalian besar, kemudian anak-anak menyalin poster tersebut. Kamu bisa memberikan anak-anak kreativitas dan kebebasan menyalin perkalian. Contohnya menggunakan pensil warna dan cat supaya tabel perkalian lebih menarik.

Tujuan menyalin poster perkalian supaya anak lebih tertarik dan aktif dalam latihan. Pensil warna membuat aktivitas menulis lebih seru untuk anak-anak. Warna dan tampilan menarik membuat anak-anak menyukai dan menghafal angka perkalian.

2. Mengucapkan Tabel

Setelah menyalin angka perkalian, mintalah anak-anak untuk menghafal tabel. Mulailah dari bagian bawah setiap kolom membacanya. Contohnya mulai perkalian dari 2 kali 20 yaitu 20, 2 kali 9 adalah 18, 2 kali 8 adalah 16. Lakukan berulang kali secara maju mundur. Tujuan mengucapkan tabel perkalian ini supaya anak mengingat angka dan jumlah perkalian dasar.

3. Belajar dari Mudah ke Sulit

Trik menghafal perkalian adalah belajar dari sulit ke mudah. Setelah anak-anak mempelajari angka sederhana, kemudian perkenalkan dengan angka yang lebih kompleks. Contohnya mulailah dengan perkalian angka 0,1,2,5, dan 10. Kemudian pindah ke angka perkalian 3,4,6,7,8, dan 12. Perkalian angka 10 dan 1 termasuk perkalian termudah.

4. Teknik Mnemonic

Cara terbaik mengajari anak menghafal hitungan bisa lewat lirik lagu. Kamu bisa membuat musik dari lirik lagu perkalian sederhana. Lagu tersebut lebih mudah diingat dan disimpan dalam memori anak-anak. Menghafal perkalian lewat lagu disebut teknik mnemonic untuk mendapatkan ingatan lewat tanda, simbol, dan sejenisnya. Menurut tim psikologi asal Psych Central, metode ini efektif untuk anak-anak.

Contohnya adalah angka 5 = roti, 2 = tentara, 3 = sepatu, 7 = basah. Maka, perkalian 3×7=21 bisa digantikan menjadi mnemonic ‘sepatu basah karena tentara makan roti

5. Belajar Metode Penambahan

Anak-anak mudah belajar dan menghafal menggunakan metode penjumlahan. Contohnya jika kamu mengajarkan mereka 5 x 5, maka kamu bisa menambahkan 5 kali untuk mendapatkan jawaban yang benar. Contohnya 5+5+5+5+5 = 25, perhitungannya sama dengan 5 x 5.

Langkah selanjutnya mempelajari tabel perkalian. Ajari anak untuk menjumlahkan bilangan hasil perkalian sebelumnya. Contohnya untuk mendapatkan 5 x 6, tambahkan lima pada hasil kali terakhir 25. Nantinya akan mendapatkan angka 30. Cara ini membantu anak-anak mengenal barisan berikutnya dalam tabel perkalian.

6. Bermain dengan Kartu Matematika

Langkah keenam gunakan alat menghitung untuk anak-anak menghafal perkalian. Cobalah belajar sambil bermain supaya anak senang dan fokus untuk belajar. Salah satu metode menghafal perkalian menggunakan kartu matematika.

Cara bermain menggunakan kartu matematika yaitu gunakan angka di kartu, kemudian beri ke setiap siswa. Berikan jumlah kartu yang sama. Setiap pemain menarik dua kartu dari atas dek mereka.

Kemudian mengalikan angka di kartu pertama dengan kedua. Pemain yang berhasil menjawab perkalian dan meraih poin tertinggi, berhasil memenangkan putaran. Anak-anak bisa menyimpan kartu lebih banyak dari pemain lain.

7. Menggunakan Tabel Matematika

Ilustrasi Worksheet Perkalian (www.kidpid.com)

Tabel matematika memberikan simulasi dan visual perkalian untuk anak-anak. Gunakan tabel matematika untuk permainan dan teka-teki memahami perkalian. Kamu bisa membuat lembar kerja dan mengajarkan anak untuk menjawab perkalian.

8. Menggunakan Media Mainan

Ada berbagai jenis mainan anak-anak untuk menghafal perkalian. Misalnya balok bangunan, koin, pensil, dan penggaris. Ajari anak untuk memahami perkalian dasar menggunakan mainan tersebut.

Beri tahu mereka cara memasangkan mainan dan menghitung berapa banyak koin yang dimiliki. Gunakan tabel kotak untuk mengingat jumlah perkalian. Misalnya koin yang dihitung ada 8. Angka 8 merupakan perkalian dari angka 2 dan 4.

9. Belajar Bersama Ahli

Anak-anak membutuhkan guru matematika untuk membantu memahami perkalian. Selain sekolah, kamu bisa mendaftarkan anak ke les bimbel matematika yang terpercaya. Guru matematika dan ahlinya dapat mengajari anak-anak untuk belajar sesuai kemampuan.

10. Beri Hadiah 

Langkah terakhir adalah memberi hadiah atau penghargaan untuk anak. Misalnya anak sudah menghafal perkalian angka 2,3,dan 4 dalam seminggu. Kemudian beri hadiah setelah mereka berhasil mencapai tujuan tersebut. Hadiah tersebut memotivasi anak-anak untuk mencapai tujuan menghafal perkalian.