5 Contoh Paragraf Narasi Berbagai Tema untuk Referensi Menulis

pixabay.com/DariuszSankowsk
Editor: Safrezi
17/10/2023, 14.56 WIB

Paragraf narasi merupakan salah satu jenis teks paragraf dalam pelajaran bahasa Indonesia yang sering digunakan untuk mengungkapkan gagarasan tertentu.

Berdasarkan KBBI, paragraf narasi adalah pengisahan suatu kejadian dan cerita atau deskripsi suatu kejadian atau peristiwa. Paragraf narasi adalah bentuk paragraf yang berisi uraian cerita tentang sesuatu.

Sementara itu, dikutip dari buku Bahasa Indonesia 1 SMA Kelas X oleh Sri Sutarni dan Sukardi (2008: 12), paragraf narasi adalah paragraf yang mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa secara kronologis (dalam kesatuan waktu tertentu) dengan mengutamakan adanya perbuatan aktif dari tokoh disertai ilustrasinya.
 
Untuk lebih memahami tentang  paragraf narasi, ada banyak contoh yang bisa dipelajari agar paham cara menulisnya yang baik dan benar. Berikut di bawah ini beberapa contohnya.

Contoh Paragraf Narasi

Berikut ini adalah lima contoh paragraf narasi dari berbagai sumber yang bisa dijadikan referensi.
Contoh Paragraf Narasi (Pexels)
 

1. Contoh Paragraf Narasi tentang Kesehatan

Tubuh Hani terlihat makin lemas. Dari tadi dia terlihat tidak konsentrasi terhadap pelajaran yang sedang berlangsung. Pikirannya makin berkunang-kunang dengan pandangan yang kian kabur. Kemudian terlihat Hani tergeletak di lantai sebelah kanan bangku tempat duduknya. Anak-anak di kelas menjadi panik dan membawa Hani ke UKS.

Setelah ditunggu akhirnya Hani tersadar. Anak-anak yang disuruh menjaga Hani merasa senang melihat temannya sudah sadar. Hani menceritakan kepada teman-temannya bahwa tadi pagi ia tidak sarapan sehingga tubuh terasa lemas dan tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar.

Mendengar hal itu, akhirnya teman-teman Hani memberikan sepotong roti dan air mineral agar perutnya terisi makanan. Setelah tubuhnya kuat dan kembali pulih, Hani bisa berkonsentrasi lagi mengikuti pelajaran di dalam kelas.
 

2. Contoh Paragraf Narasi tentang Liburan Sekolah

Pada tanggal 10 Maret, sekolahku libur selama sembilan hari dan akan berakhir pada tanggal 25 Maret. Aku dan seluruh keluargaku memilih untuk mengadakan liburan keluarga. Ketika itu aku memilih berlibur ke Pantai, maka subuh menjelang aku telah berbenah dan menyiapkan semua perbekalan yang nantinya diperlukan.

Sepanjang perjalanan, aku iringi dengan nyanyian lagu riang. Dengan hati suka ria, aku sambut pantai dengan senyumku karena pantai nan elok yang menjadi favoritku. Tanpa menyia-nyiakan waktu, aku mengajak kakakku untuk bermain air. Kuambil air dan aku ayunkan ke mukanya.

Dengan canda tawa, kami saling berbalasan. Puas rasanya, terasa hilang semua kepenatan karena kesibukan tiap harinya. Di sana, aku dan seluruh keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini. 

3. Contoh Paragraf Narasi tentang Kemerdekaan Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia merayakan momen bersejarah dengan kemerdekaan yang telah diumumkan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Setelah melalui perjuangan panjang melawan penjajahan Belanda selama hampir tiga setengah abad, para pahlawan dan rakyat Indonesia bersatu dalam semangat kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.

Proklamasi tersebut menjadi tonggak penting dalam sejarah bangsa, mengukuhkan identitas nasional, dan membuka lembaran baru bagi Indonesia untuk menentukan masa depannya sendiri.

Semangat perjuangan dan semangat juang kemerdekaan masih dijaga dengan erat hingga saat ini, menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus membangun dan menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Contoh Paragraf Narasi (iStock)

4. Contoh Paragraf Narasi Tentang Keluarga

Setelah menjalani ujian akhir semester selama kurang lebih seminggu, Dina merasa lega dan tidak sabar menunggu esok hari saat waktu liburan tiba. Dina dan keluarga berencana mengunjungi rumah nenek yang berada di daerah Bogor, serta mereka akan berangkat esok pagi.

Akhirnya hari-hari yang ditunggu tiba, di mana Dina dan keluarga sudah siap berangkat pada pukul 8 pagi. Sebelumnya Ibu Dina sudah menyiapkan sarapan, Ayah Dina beserta adik dan kakaknya berkumpul di meja makan untuk sarapan bersama. Selesai sarapan, mereka langsung berangkat menggunakan mobil untuk menuju ke kota Bogor.

Saat di perjalanan semuanya bersenang-senang sambil mengobrol, dan tidak sabar bertemu dengan keluarga yang akan berkumpul di rumah nenek Dina. Saat perjalanan yang ditempuh masih cukup jauh, tiba-tiba mobil yang berjalan mogok dan tidak bisa dinyalakan kembali.

Saat itu Dina dan keluarga cukup panik, karena kendaraan tiba-tiba berhenti serta kondisinya berada di tengah jalan tol. Sambil memeriksa mesin kendaraan, Ayah Dina memperhatikan sekeliling jalan untuk mencari apakah ada mobil derek yang bisa digunakan untuk membawa mobilnya ke bengkel. Untungnya Ayah Dina ingat, bahwa ia menyimpan nomor handphone mobil derek yang bisa dihubungi.

Alhasil tidak lama menunggu, mobil derek tersebut datang dan langsung menarik kendaraan dan membawanya ke bengkel. Meskipun waktu di perjalanan menjadi lebih lama, setidaknya Dina dan keluarga merasa lega, karena masalah bisa segera ditangani serta liburan tetap bisa berjalan.

5. Contoh Paragraf Narasi tentang Kebersihan Lingkungan

Hari masih pagi ketika paman menyapu pekarangan rumah. Sementara bibi sibuk membuat sarapan pagi di dapur. Paman mengajak saya untuk membersihkan halaman depan rumah.

Selain menyapu, kami membuat lubang untuk membakar sampah. Tidak seperti tidak di daerah perkotaan, kami warga desa membuang sampah di halaman. Yakni dengan membuat lubang sehingga kami bisa membakar yang di sana setiap hari.

Cara tersebut lebih efektif untuk menanggulangi masalah sampah. Sedangkan sampah yang tidak bisa diuraikan, akan dikubur.