Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 10, ada banyak materi yang harus dipelajari siswa. Mengingat banyaknya materi tersebut, alangkah baiknya bila siswa mulai mempelajari kunci jawaban dari mata pelajaran ini.
 
Kunci jawaban ini bisa dimanfaatkan baik untuk belajar di rumah maupun di sekolah. Dengan demikian, siswa dapat memperdalam pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan baik.
 
Pada artikel ini, akan disajikan materi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 yang diambil dari beberapa halaman secara lengkap. Berikut ini informasinya.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10

Berikut ini kunci jawaban untuk mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 10 yang bisa dipelajari agar siswa paham setiap materi dengan baik dan benar.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 (Pexels)

Halaman 29

Perhatikanlah komik “Yang Penting Keren” pada awal bab. Lalu, jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan hasilnya dengan teman kalian.
 
  • Apa pesan yang ingin disampaikan komikus melalui komik tersebut?
Jawaban: Melalui komik berjudul 'Yang Penting Keren', komikus ingin menyebutkan bahwa apapun yang terlihat di media sosial tak selalu sesuai dan tidak sepenuhnya benar sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Untuk itu, sebaiknya seseorang tak perlu merasa minder atau ingin menampilkan kesempurnaan dalam kehidupan.
  • Apakah pesan yang disampaikan sesuai dengan realitas yang terjadi atau hanya imajinasi komikus?
Jawaban: Pesan yang disampaikan sudah sesuai dengan realitas yang terjadi di masyarakat saat ini.
  • Apakah komikus sudah menyampaikan pesan dengan cara yang menarik?
Jawaban: Komikus sudah menyampaikan pesan dengan cara yang menarik. Komikus menyampaikan pesan kritik dengan cara yang dapat menggelitik para pendengarnya. Tak hanya itu, komikus juga tak hanya menyampaikan kritik saja namun juga memberikan pembanding sesuai dengan tema.
  • Jika kalian dapat memberikan masukan kepada sang komikus, hal apa yang akan kalian sampaikan?
Jawaban: Komikus telah menyampaikan anekdot dalam komik dengan baik sehingga pesan berupa kritik yang terkandung dalam anekdot dapat diterima dengan baik oleh pendengar. Komikus berhasil membahas tema secara fokus sehingga pendengar tertarik menyimak pembahasannya. Meski komikus sudah menyampaikan anekdot dengan bagus, sebaiknya komikus tidak cepat puas dan terus mengeksplorasi kemampuannya.

Halaman 39

Perhatikanlah dialog berikut ini, lalu berilah tanggapanmu terhadap pertanyaan yang diberikan!

a. Tulislah kalimat yang menggunakan majas sindiran pada dialog di atas, lalu tentukan apa jenis majas yang dipakai?

Jawaban:

Kalimat yang menggunakan majas sindiran: Siapa lagi kalau bukan para pejabat kaya. Sudah punya banyak uang, tetap saja korupsi. Dasar serakah!

Jenis majas yang dipakai adalah sarkasme.

b. Apakah penggunaan majas tersebut sudah tepat?

Jawaban:

Ya, penggunaan majas tersebut sudah tepat.

c. Gantilah penggunaan majas pada dialog di atas dengan menggunakan kalimat kalian sendiri!

Jawaban:

Pejabat sudah kaya, tetapi masih saja korupsi. Apa itu kalau bukan serakah?
 
 

Halaman 55

Kegiatan 1

Kalian akan menyimak hikayat berjudul Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak yang akan dibacakan secara bergiliran dalam satu kelompok. Agar dapat menyimak dengan baik, perhatikanlah langkah-langkah di bawah ini!

1. Pusatkan perhatian pada teks hikayat yang dibacakan oleh temanmu.

2. Saat menyimak, kalian dapat menggunakan tabel “Adiksimba” berikut untuk mengidentifikasi hal-hal penting dalam cerita

Alternatif jawaban:

- Siapa?

Jawaban: Datu Mabrur

- Isi Teks

Menurut hikayat, pada permulaannya terdapat seorang Datu yang sakti mandraguna baru bertapa di tengah laut. Ia bernama Datu Mabrur.

Dia bertapa antara Selat Laut serta Selat Makassar dari siang hingga malam. Datu Mabrur bersemedi di atas batu karang, antara buih, deburan ombak, gelombang, angin serta badai topan.

Datu Mabrur mohon pada Sang Pencipta supaya diberi sebuah pulau. Pulau itu akan jadi tempat permukiman bagi anak, cucu serta keturunan Sang Datu kelak.

- Kapan?

Jawaban: Siang sampai atau hingga malam hari.

- Apa?

Jawaban: Ada seorang Datu sakti mandraguna baru bertapa di tengah laut.

- Di mana?

Jawaban: di Laut dan di antara selat laut serta selat Makassar.

Mengapa?

Jawaban: Ia memohon kepada Sang Pencipta supaya diberi sebuah pulau yang akan jadi tempat pemukiman untuk anak cucu serta keturunannya kelak.

Bagaimana?

Jawaban: Dia bersemedi di Batu Karang untuk meminta sebuah pulau dari Sang Pencipta.

Halaman 59

Di bawah ini jawaban perihal bab yang tengah dibahas:

Tugas
Bacalah kembali teks eksposisi berjudul Pembangunan dan Bencana Lingkungan”. Kemudian, datalah 3 kalimat fakta dan tiga kalimat opini. Kerjakan di buku tugasmu dengan menggunakan tabel berikut ini.

Jawaban
1. Kalimat Fakta: Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka.
 
Kalimat Opini: Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan.

2. Kalimat Fakta: Para ahli menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh praktik pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan yang tidak berkelanjutan.

Kalimat Opini: Seharusnya, konsep pembangunan adalah memenuhi kebutuhan manusia saat ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya.
 
3. Kalimat Fakta: Pada tahun 2005 – 2006 tercatat terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami.

Kalimat Opini: Bencana alam lain yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memperhatikan potensi bencana.
 
Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 (Pexels)

Halaman 71

Tugas 1.

Datalah istilah yang terdapat dalam teks Pembangunan dan Bencana Lingkungan dan Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup.

Kemudian, carilah maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau dalam Kamus istilah. Kerjakan di buku tugasmu dengan menggunakan tabel berikut.

Judul teks: Pembangunan dan Bencana Lingkungan

1. Istilah: polusi

Makna: pencemaran

2. Istilah: habitat

Makna:

- Tempat tinggal khas bagi seseorang atau kelompok masyarakat.

- Bio tempat hidup organisme tertentu; tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan); lingkungan kehidupan asli.

- Geo tempat kediaman atau kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia dengan kondisi tertentu pada permukaan bumi.

3. Istilah: iklim

Makna:

- keadaan hawa (suhu, kelembapan, awan, hujan, dan sinar matahari) pada suatu daerah dalam jangka waktu yang agak lama (30 tahun) di suatu daerah

- suasana, keadaan

4. Istilah: bencana

Makna:

- sesuatu yang menyebabkan (menimbulkan) kesusahan, kerugian, atau penderitaan

- gangguan, godaan

5. Istilah: flora

Makna:

- keseluruhan kehidupan jenis tumbuh-tumbuhan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu; alam tumbuh-tumbuhan

- karya atau terbitan yang memuat daftar dan penelaahan jenis tumbuh-tumbuhan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu

6. Istilah: fauna

Makna:

- keseluruhan kehidupan hewan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu; dunia hewan

- karya atau penerbitan yang memuat daftar dan penelaahan jenis hewan suatu habitat, daerah, atau strata tertentu

7. Istilah: drainase

Makna:

- pengatusan;

- penyaluran air;

- saluran air

8. Istilah: debit air

Makna: jumlah air yang dipindahkan dalam suatu satuan waktu pada titik tertentu di sungai, terusan, saluran air.

9. Istilah: limbah

Makna:

- sisa proses produksi;

- bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian

- barang rusak atau cacat dalam proses produksi

10. Istilah: solusi

Makna: penyelesaian; pemecahan (masalah dan sebagainya); jalan keluar

Judul teks : Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup

1. Istilah: rekonsiliasi

Makna:

- perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula, perbuatan menyelesaikan perbedaan

- penetapan pos-pos yang diperlukan untuk mencocokkan saldo masing-masing dari dua akun atau lebih yang mempunyai hubungan satu dengan lain

- ikhtisar yang memuat rincian perbedaan antara dua akun atau lebih

2. Istilah: efek

Makna:

- akibat, pengaruh

- kesan yang timbul pada pikiran penonton, pendengar, pembaca, dan sebagainya (sesudah mendengar atau melihat sesuatu)

3. Istilah: konsep

Makna:

- rancangan atau buram surat dan sebagainya

- ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret

- gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain

4. Istilah: pencemaran

Makna: proses, cara, perbuatan mencemari atau mencemarkan, pengotoran

5. Istilah: indikasi

Makna: tanda-tanda yang menarik perhatian, petunjuk

6. Istilah: pelestari

Makna: orang dan sebagainya yang menjaga hewan, hutan, lingkungan, dan sebagainya supaya lestari

7. Istilah: pembalakan

Makna: kegiatan penebangan untuk mendapatkan kayu bulat

8. Istilah: eksploitasi

Makna:

- pengusahaan, pendayagunaan

- pemanfaatan untuk keuntungan sendiri, pengisapan, pemerasan (tentang tenaga orang).

 Itulah rangkuman kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 dari berbagai halaman yang bisa dipelajari siswa.