Daftar Pemenang Gotham Awards 2023, Past Lives Menang Best Feature

IMDb
Past Lives (2023) karya sineas debutan Celine Song
Penulis: Nadhira Shafa
Editor: Safrezi
28/11/2023, 15.14 WIB

Gotham Awards 2023 telah mengumumkan para pemenangnya pada Senin malam, (27/12/2023), di Cipriani Wall Street, New York City. Acara penghargaan ini merupakan salah satu ajang bergengsi yang mengapresiasi karya-karya film dan televisi independen terbaik sepanjang tahun.

Salah satu film yang mencuri perhatian adalah Past Lives. Film ini berhasil memenangkan penghargaan Best Feature, mengalahkan film-film lain seperti Passages, Reality, Showing Up, dan A Thousand and One. 

Gotham Awards juga memberikan penghargaan untuk program televisi, dengan memisahkan acara berdasarkan durasi per episodenya, apakah di atas atau di bawah 40 menit. Serial Beef menjadi satu-satunya tayangan yang membawa pulang dua piala dalam Gotham Awards 2023. Serial tersebut memenangkan Breakthrough Television Under 40 Minutes dan Outstanding Performance in a New Series untuk Ali Wong.

Tahun ini, Gotham Awards menghapus batasan anggaran sebesar US$35 juta untuk film-film yang dinominasikan. Namun, hal ini tampaknya tidak banyak memengaruhi pilihan nominasi, karena sebagian besar film berasal dari studio independen atau arthouse, tapi beberapa produksi besar, seperti Barbie, telah ikut serta dalam persaingan. Ryan Gosling masuk nominasi Outstanding Supporting Performance tahun ini.

Gotham Awarads  juga telah mengubah kategori penghargaan akting mereka agar tidak lagi ditentukan berdasarkan gender sejak 2021, sehingga aktor dan aktris jadi satu dalam nominasi. Berikut adalah daftar lengkap pemenang Gotham Awards 2023. 

Daftar Lengkap Pemenang Gotham Awards 2023

Best Feature:

Past Lives (dir. Celine Song)

Outstanding Lead Performance:

Lily Gladstone (The Unknown Country)

Outstanding Supporting Performance:

Charles Melton (May December)

Best Screenplay:

Anatomy of a Fall (dir. Justine Triet dan Arthur Harari)

Best International Feature :

Anatomy of a Fall (Prancis)

Best Documentary Feature:

Four Daughters (dir. Kaouther Ben Hania)

Breakthrough Director:

A.V. Rockwell (A Thousand and One)

Outstanding Performance in a New Series:

Ali Wong (Serial Beef)

Breakthrough Television Under 40 Minutes:

Beef (Netflix)

Breakthrough Television Over 40 Minutes:

A Small Light (National Geographic)

Itulah daftar lengkap pemenang Gotham Awards 2023. Semoga bermanfaat bagi Anda.