Dalam hitungan hari, masyarakat di berbagai belahan dunia akan menyambut Tahun Baru 2024. Di Indonesia, pergantian tahun biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga atau sahabat untuk menikmati berbagai makanan, bermain games, dan menyaksikan pesta kembang api.

Tidak hanya di Indonesia, sejumlah negara di dunia juga memiliki tradisi tahun barunya sendiri-sendiri. Beberapa diantaranya bahkan telah berlangsung selama ratusan tahun.

Lantas, apa saja tradisi tahun baru yang dilakukan di berbagai negara? Berikut di bawah ini informasinya.

Tradisi Tahun Baru Unik

Berikut ini 10 tradisi unik yang masih dilakukan di berbagai negara untuk menyambut tahun baru. 

1. Brasil

Tradisi Tahun Baru Unik (Freepik)

Tradisi tahun baru unik yang pertama dilakukan di negara Brazil, yaitu melempar bunga putih ke lautan. Untuk menyambut tahun baru, warga Brazil akan berduyun-duyun datang ke laut dengan membawa bunga putih. Bunga putih ini nantinya akan dilemparkan ke laut.

Melempar bunga putih ke laut ini sendiri dilakukan sebagai lambang penghormatan kepada Dewi Lautan. Tidak hanya sekedar melempar saja, pada saat melempar bunga. mereka juga harus mengucapkan permohonan yang diharapkan bisa terwujud di tahun yang baru.

2. Spanyol

Tradisi Tahun Baru Unik (NPR)

Tradisi tahun baru unik berikutnya ada di Spanyol. Pada malam tahun baru, masyarakat memulai tahun baru dengan memakan 12 buah anggur yang melambangkan setiap pukulan jam.

Tradisi las doce uvas de la suerte ini dimulai pada akhir abad ke-19 dan diyakini dapat menangkal kejahatan sekaligus meningkatkan peluang mendapatkan kesejahteraan dan keberuntungan di tahun yang baru.

Namun, ini hanya akan berhasil jika masyarakat Spanyol berhasil memakan semua anggur dalam hitungan detik karena anggur harus habis pada saat jam menunjukkan pukul tengah malam.

3. Denmark

Tradisi Tahun Baru Unik (Tokopedia)

Tradisi tahun baru di berbagai negara lainnya yang unik ada di Denmark. Setiap tahunnya masyarakat Denmark akan mengumpulkan piring-piring yang tak terpakai sepanjang tahun.

Piring-piring ini kemudian akan di lemparkan ke depan pintu saudara atau teman terdekat pada malam tahun baru. Semakin banyak piring yang dilemparkan ke pintu rumah berarti betapa banyak teman yang  dimiliki sepanjang tahun ini.

4. Finlandia

Tradisi Tahun Baru Unik (Uniqueness in the World)

Tradisi unik tahun berikutnya yaitu meramal dengan lelehan timah yang dilakukan Finlandia. Warga Finlandia meyakini bahwa lelehan timah bisa meramal kejadian besar di tahun baru pada dirinya.

Untuk melelehkan timah, warga Finlandia menggunakan baskom air. Setelah cair akan ditunggu beberapa saat sampai membentuk sebuah gambar.

Jika gambarnya hati atau cincin artinya pernikahan, jika gambar kapal artinya perjalanan jauh. Jika mereka mendapatkan gambar babi, ini merupakan kabar gembira karena mereka akan mendapatkan keberuntungan berupa  rezeki yang melimpah.

5. Ekuador

Tradisi Tahun Baru Unik (Shutterstock)

Tradisi tahun baru yang unik juga dilakukan di Ekuador. Pada saat tengah malam pergantian tahun, warga Ekuador akan membakar orang-orangan sawah dan beberapa foto dari tahun sebelumnya.

Pembakaran ini dimaksudkan agar mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru ini. Warga Ekuador biasanya akan membakar orang-orangan sawah di lapangan terbuka sambil bersuka cita bersama-sama.

6. Chili

Tradisi Tahun Baru Unik (Go Beyond SG)

Tidak hanya unik, ada juga beberapa negara yang merayakan tahun baru dengan cara cukup ekstrem. Salah satunya di Chili dimana masyarakatnya akan menginap di kuburan pada saat malam tahun baru.

Tradisi ini sendiri berawal dari sebuah keluarga yang menerobos pagar pemakaman agar bisa bermalam bersama keluarga yang telah meninggal di malam tahun baru. Hal inilah yang kemudian menjadi tradisi malam tahun baru di Chilli.

Pemerintah mulai membuka pagar tempat pemakanan alias kuburan agar setiap orang bisa menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga yang telah meninggalkan mereka.

7. Afrika Selatan

Tradisi Tahun Baru Unik (Freepik)

Selain Chili, tradisi tahun baru yang cukup ekstrem juga dilakukan di Afrika Selatan dimana pada saat tahun baru warganya akan melempar sofa yang sudah rusak ke luar rumah melalui jendela.

Tradisi ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih dilakukan sampai sekarang. Melempar sofa dari jendela merupakan simbol membuang semua masalah di tahun lalu dan menyambut kebahagiaan di tahun yang baru ini.

8. Jepang

Tradisi Tahun Baru Unik (Freepik)

Selain negara-negara di atas, beberapa negara di Asia ternyata juga memiliki tradisinya masing-masing untuk merayakan Tahun Baru. Salah satunya yaitu dari negara Jepang dimana masyarakatnya memiliki tradisi makan mie soba untuk menyambut tahun baru dalam ritual yang disebut toshikoshi soba atau mi penyeberang tahun. 

Masyarakat Jepang sendiri meyakini bahwa bentuk soba yang tipis dan panjang dimaksudkan untuk menandakan umur panjang dan sehat. 

Selain itu, pada malam tahun baru, kuil Buddha di Jepang membunyikan lonceng sebanyak 107 kali dan satu kali pada saat jam berdentang tengah malam, sehingga total 108 kali membunyi lonceng. 

Tradisi ini, dikenal sebagai joyanokane yang dimaksudkan untuk menghilangkan 108 keinginan jahat pada setiap orang dan membersihkan tahun sebelumnya dari dosa-dosa masa lalu.

9. Thailand

Tradisi Tahun Baru Unik (Freepik)

Selain Jepang, Thailand juga merupakan negara di Asia lainnya yang memiliki tradisi unik untuk menyambut tahun baru. Tradisi itu ialah Festival Songkran di mana saat festival tersebut setiap orang akan membawa air dan menyemprotkannya kepada orang lain yang ditemuinya.

Festival ini menjadi salah satu festival yang sangat meriah di Thailand. Namun festival ini hanya dirayakan pada tahun baru Thailand yang jatuh pada setiap bulan April.

10. Filipina

Tradisi Tahun Baru Unik (Freepik)

Tradisi tahun baru unik terakhir datang dari negara Filipina. Pada tahun baru, warga Filipina akan menyajikan makanan dengan bentuk serba bulat. Hal ini dilakukan karena masyarakat percaya jika makanan bulat melambangkan rejeki dan keberuntungan.

Tidak hanya makanan bulat, bahkan para warganya juga akan mengenakan pakaian dengan motif bulat-bulat.

Itulah 30 ucapan Tahun Baru untuk teman yang berisi doa dan harapan baik sebagai salah satu cara untuk memeriahkan malam pergantian tahun.