5 Rekomendasi Coffee Shop di Jogja, Cocok untuk Nongkrong dan WFC

Instagram/tetracoffee_
Tetra Coffee & Eatery
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Safrezi
15/1/2024, 10.59 WIB

Salah satu tujuan untuk nongkrong atau sekedar duduk santai yaitu coffee shop. Di zaman sekarang, tempat tersebut tak lepas dari gaya hidup anak muda sekarang.

Bersamaan dengan itu, coffee shop kian menjamur, khususnya di kota besar. Sebut saja Jogja atau Yogyakarta. Sebagai Kota Mahasiswa, kawasan ini digandrungi oleh anak muda yang menempuh pendidikan atau sekedar liburan.

Makanya, tak heran coffee shop menjadi salah satu tempat yang dipadati sebagian orang. Demikian dengan di Jogja, kedai kopi semakin beragam dan berkembang setiap tahunnya.

Selain untuk kongkow, tempat ini biasa disambangi untuk mengerjakan tugas, rapat kecil-kecilan, atau bekerja. Tak heran bila coffee shop banyak didatangi orang dari berbagai kalangan.

Terkait dengan itu, kali ini kami akan memberikan sejumlah rekomendasi coffee shop di Jogja yang patut dipertimbangkan. Berikut lengkapnya.

Rekomendasi Coffee Shop di Jogja

Sayang untuk dilewatkan, berikut ulasan dan rekomendasi coffee shop di Jogja.

1. 28 Coffee

Rekomendasi Coffee Shop di Jogja (Instagram/28coffee.id)

Rekomendasi coffee shop di Jogja yang pertama yaitu 28 Coffee yang memiliki dua cabang, yakni di kawasan Godean, Taman Siswa, Jalan Kaliurang, dan Seturan. Menawarkan minuman jenis kopi dan non kopi, kedai ini memiliki suasana tenang dan tata ruang yang rapi.

Tak hanya minuman, 28 Coffee juga memiliki berbagai menu mulai dari camilan seperti roti hingga makanan berat yang bisa dicoba. Bagi Anda yang ragu atau ingin mengecek menunya terlebih dahulu, kunjungi Instagram resmi atau aplikasi ojek online.

Sementara bagi pecinta kopi, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan barista untuk meminta rekomendasi menu yang disarankan. Demikian juga dengan Anda yang enggan meminum kopi, pihaknya menyediakan menu khusus tanpa kandungan kopi bahkan jenis-jenis olahan teh.

Harga minuman di 28 Coffee berada di kisaran Rp20 ribu ke atas. Pihaknya juga menyediakan opsi ukuran gelas. Maka dari itu, Anda bisa menentukan pilihan berdasarkan selera masing-masing.

2. Selimbi

Rekomendasi Coffee Shop di Jogja (Instagram/selimbi.id)

Selimbi merupakan rekomendasi coffee shop di Jogja yang berlokasi di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Meski di pinggiran Kota Jogja, coffee shop ini memiliki interior yang khas dan menu minuman serta makanan beragam, tentunya tidak kalah dengan kedai di tengah kota.

Selimbi memiliki tempat yang relatif luas dan tenang. Cocok untuk kumpul bareng teman hingga mengerjakan tugas, pihaknya memiliki berbagai jenis kursi dengan kapasitas yang bisa disesuaikan. Jadi, tidak perlu khawatir tidak cukup.

Selain kopi, Selimbi menawarkan berbagai menu camilan hingga makanan berat. Harga dibanderol mulai dari Rp20 ribu.

Lebih lanjut, Selimbi juga menawarkan layanan bagi Anda yang ingin melakukan reservasi. Selain itu, pihaknya secara rutin membagikan promo melalui akun Instagram resmi, yakni @selimbi.id.

3. Tujuan

Rekomendasi Coffee Shop di Jogja (Instagram/tujuan.id)

Rekomendasi coffee shop di Jogja selanjutnya adalah Tujuan yang berlokasi di Jalan Tirtodipuran, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Tempat ini cocok untuk Anda yang mencari ketenangan sembagi menyeruput kopi dan mendengar alunan musik yang syahdu.

Tujuan memiliki interior dan furniture yang dapat memanjakan mata. Bagian indoor-nya sejuk dengan nuansa warna yang tidak mencolok mata. Anda bisa memilih kursi dengan sandaran dan posisi yang pas agar lebih nyaman.

Menu dan promo yang diberikan cukup beragam. Termasuk kopi, hidangan pembuka, hingga makanan berat juga dapat dipesan. Melansir Instagram @tujuan.id, harga minuman paling murah dibanderol Rp17 ribu untuk teh. Sementara jenis-jenis kopi berada di kisaran mulai dari Rp25 ribu.

Tak hanya itu, Tujuan juga menawarkan menu camilan, hidangan utama, dan penutup yang beragam. Mulai dari menu Nusantara hingga western, Anda bisa memilihnya sesuai selera.

4. Tetra Coffee & Eatery

Rekomendasi Coffee Shop di Jogja (Instagram/tetracoffee_)

Tetra merupakan rekomendasi coffee shop Jogja yang sebelumnya bernama Terra. Meski berubah, lokasi dan ambience yang diberikan kurang lebih sama.

Mengusung slogan Your Second Home, Tetra memiliki tempat luas dan nuansa yang nyaman sekaligus sejuk. Tersedia kawasan indoor dan outdoor, Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Selain kopi pada umumnya, Tetra memiliki beberapa menu andalan berupa mocktail. Anda bisa menanyakannya lebih lanjut kepada barista terkait rekomendasi dan referensi yang baik.

Bagi Anda yang sungkan bertanya, keterangan singkat tertera di bawah kolom menu. Demikian juga dengan harganya.
Segelas coffee mocktails dibanderol mulai dari Rp32 ribu untuk Black and Yellow. Meski harganya relatif tinggi, menu ini cocok bagi Anda yang gemar mengeksplor minuman kopi.

5. Blanco Coffee and Books

Rekomendasi Coffee Shop di Jogja (Instagram/Blancocoffeeid)

Blanco Coffee and Books berlokasi di Jalan Kranggan Nomor 30. Buka mulai dari jam tujuh pagi, tempat ini memiliki nuansa yang nyaman dan tenang, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin mengerjakan tugas atau bekerja.

Melalui Instagram @blancocoffeeid, pihaknya memiliki klaim sebagai produsen biji kopi hijau. Maka dari itu, dapat dipastikan bahwa kopi yang diminum bersifat autentik.

Daya tarik lain dari coffee shop ini yaitu tersedia berbagai jenis buku yang bisa dijadikan bahan bacaan. Sangat pas untuk Anda yang ingin mencari ketenangan dengan menikmati kopi dalam keadaan nyaman.

Serupa dengan beberapa coffee shop sebelumnya, Blanco juga menyediakan coffee mocktail dan minuman non kopi. Bagi Anda yang tak hanya ingin minum, terdapat berbagai hidangan pembuka, utama, dan penutup yang bisa dipesan.

Itulah kumpulan rekomendasi coffee shop Jogja yang bisa dijadikan pilihan untuk kongkow atau mengerjakan tugas. Anda juga bisa mengunjungi tempat yang paling dekat dengan tempat tinggal, mengingat coffee shop di atas tersebar di beberapa kawasan Kota Yogyakarta.