Tips Fotografi Alam yang Perlu Diketahui agar Hasilnya Bagus

Unsplash
Tips Fotografi Alam
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
16/1/2024, 07.15 WIB

Tips fotografi alam saat ini menjadi favorit di kalangan berbagai usia, terutama di kalangan anak muda yang senang mengeksplorasi hasil jepretan indah dari alam. Bagi para pencinta fotografi alam atau yang ingin mencoba pengalaman pertama memotret di alam terbuka, simak tips dan teknik memotret di alam terbuka.

Dalam fotografi alam liar, keberhasilan tidak hanya bergantung pada kecanggihan kamera melainkan juga memerlukan kondisi fisik dan mental yang tangguh. Penguasaan teknik fotografi yang baik menjadi hal penting karena Anda akan mengambil gambar objek yang bergerak.

Siapkan Peralatan Terbaik untuk Fotografi Alam

Peralatan untuk Fotografi Alam (Unsplash)

Meski mungkin mendapatkan hasil foto yang baik dengan menggunakan kamera biasa atau smartphone, disarankan menyiapkan peralatan yang lebih canggih guna mendapatkan hasil bidikan lebih akurat. Berikut daftar peralatan terbaik yang perlu disiapkan untuk melakukan pemotretan di alam terbuka:

1. Kamera DSLR

Untuk meningkatkan kualitas foto alam, penggunaan kamera DSLR menjadi kunci utama. Dengan kamera DSLR, Anda bisa memiliki kendali penuh terhadap pengaturan kamera, termasuk sensitivitas cahaya, kecepatan rana dan lainnya.

Spesifikasi yang lebih tinggi pada kamera DSLR akan memberikan kemampuan untuk mengambil gambar objek yang bergerak atau diam dengan pencahayaan optimal.

2. Wide-Angle Zoom Lens

Agar bisa menangkap pemandangan landscape yang luas, disarankan menggunakan lensa sudut lebar dengan panjang fokus sekitar 50mm. Fotografi alam juga melibatkan penekanan pada detail objek yang difoto sehingga penggunaan lensa zoom dengan sudut lebar menjadi opsi terbaik untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

3. Tripod

Peralatan tambahan yang memiliki fungsi untuk meningkatkan stabilitas kamera ialah tripod. Tripod tidak hanya membantu menjaga kamera tetap stabil saat pengambilan gambar tetapi juga bermanfaat untuk menangkap bidikan yang sama dalam rentang waktu tertentu seperti proses matahari terbit dan lainnya.

Tips Fotografi Alam agar Hasilnya Bagus dan Memuaskan

Tips Fotografi Alam (Unsplash)

Berikut beberapa tips fotografi alam yang perlu Anda ketahui:

1. Perhatikan Pencahayaan dengan Baik

Pencahayaan menjadi salah satu faktor kunci dalam fotografi lanskap dan subjek hidup seperti hewan di alam terbuka. Saat mengambil gambar di siang hari dengan sinar matahari yang bersinar terang, foto akan memiliki tampilan dinamis, cerah dan penuh warna.

2. Memisahkan Subjek atau Objek dari Latar Belakang Alam

Fotografi alam umumnya menangkap objek seperti tumbuhan, hewan, bunga dan elemen lain seperti pohon. Agar hasil foto tampak fokus, pisahkan subjek dari latar belakang.

Diperlukan beberapa penyesuaian, termasuk mengatur jarak antara subjek dan latar belakang untuk menciptakan pemisahan yang jelas di dalam bingkai. Penting juga menggunakan aperture yang lebih lebar seperti f/2.0 atau f/2.8 agar latar belakang terlihat lebih buram.

3. Terapkan Sudut dan Perspektif Berbeda agar Menonjol

Tips fotografi alam berikutnya menerapkan sudut dan perspektif berbeda agar menonjol. Fotografi di alam terbuka melibatkan pengambilan gambar objek yang memberikan kegembiraan dengan ruang kreasi yang tidak terbatas.

Coba eksplorasi sudut pandang yang unik atau pilih potret close-up yang tidak konvensional untuk menciptakan hasil foto lebih menonjol dan berbeda dari yang lain.

4. Tidak Berhenti Berlatih Mengasah Skill Memotret

Tidak berhenti berlatih untuk mengasah skill memotret merupakan tips fotografi alam yang tidak kalah penting. Dalam menjelajahi dunia fotografi alam, penting untuk terus belajar dan tidak berhenti berlatih.

Meskipun berstatus amatir, kemampuan dalam memotret dapat dikembangkan oleh siapa pun melalui tindakan konkret dan ketekunan dalam berlatih. Dengan konsistensi dalam latihan, seiring berjalannya waktu, hasil jepretan akan semakin berkualitas dan memuaskan.

Dalam tips fotografi alam, terdapat beberapa tips kunci yang dapat meningkatkan kualitas hasil jepretan. Pilihlah lensa yang sesuai dengan kebutuhan seperti lensa sudut lebar untuk landscape luas dan lensa zoom untuk menangkap detail objek.