Pada pertengahan bulan Februari 2024, seluruh siswa di Indonesia akan menghadapi PTS atau Penilaian Tengah Semester. Ini merupakan serangkaian tes yang harus dilakukan siswa sebagai bentuk penilaian selama kegiatan belajar mengajar dari awal hingga pertengahan semester. 

IPS sendiri merupakan salah satu mata pelajaran yang juga akan diujikan nantinya. Namun mengingat banyaknya materi yang mesti dipelajari, para siswa termasuk siswa kelas 8 diimbau untuk belajar dengan giat dengan cara mempelajari kunci jawabannya.

Dengan begitu, siswa akan lebih mudah memahami materi yang akan diujikan nantinya.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai kunci jawaban IPS halaman 161  kurikulum merdeka yang bisa dijadikan bahan belajar siswa kelas 8. Adapun materinya yaitu membahas tentang perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah. Berikut informasinya:

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 161 Kurikulum Merdeka

Berikut ini kunci jawaban IPS halaman 161 kelas 8 Kurikulum Merdeka yang bisa digunakan untuk mengoreksi hasil belajar secara mandiri.

Kunci Jawaban IPS kelas 8 Halaman 161 Kurikulum Merdeka (Unsplash)

1. Perang Saparua di Ambon

Peran dalam Peristiwa: Thomas Matulessy yang dikenal dengan Kapitan Pattimura. Kapitan Pattimura memimpin perlawanan di Saparua yang kemudian bisa merebut benteng dari Belanda.

Nilai Keteladanan: Para tokoh Perang Saparua di Ambon dapat diteladani akan sikap rela berkorban dan berani menentang pemaksaan yang dilakukan penjajah.

2. Perang Sisingamangaraja di Sumatera Utara

Peran dalam Peristiwa: Patuan Bosar Ompu Pulo Batu yang dikenal dengan Sisingamangaraja XII. Sisingamangaraja XII pejuang dalam melawan Belanda meskipun pada akhirnya ia terbunuh dalam pertempuran.

Nilai Keteladanan: Sikap Sisingamangaraja dapat diteladani akibat membela kaum yang lemah dan tertindas akibat penjajahan. Selain itu Sisingamangaraja memiliki strategi dalam melawan penjajahan Belanda dan rela berkorban.

3. Perang Banjar

Peran dalam Peristiwa: Gusti Inu Kartapati atau yang dikenal dengan Pangeran Antasari. Pangerang Antasari sebagai pemimpin Kesultanan Banjar melawan kedatangan Belanda yang ikut campur dalam urusan kesultanan.

Nilai Keteladanan: Pangeran Antasari dapat diteladani dari sikap membela rakyat terhadap keadilan dan keberanian dalam melawan kedatangan Belanda.

Kunci Jawaban IPS kelas 8 Halaman 161 Kurikulum Merdeka (Freepik)

4. Perang Jagaraga di Bali

Peran dalam Peristiwa: I Gusti Ketut Jelantik. I Gusti Ketut Jelantik memimpin perlawanan terhadap kedatangan Belanda di tanah Bali dengan mempertahankan adat istiadat mereka.

Nilai Keteladanan: Nilai keteladanan dari I Gusti Ketut Jelantik yakni keberanian dalam melawan penjajah dalam membela tanah kelahiran dan adat istiadat.

5. Perlawanan Pattimura, Maluku

Peran dalam Peristiwa: Thomas Matulessy yang dikenal dengan Kapitan Pattimura. Kapitan Pattimura memimpin perlawanan dalam merebut Benteng Duurstede dari Belanda sebagai markas pejabat tertinggi di Maluku.

Nilai Keteladanan: Keberanian, semangat juang, dan rela berkorban dalam melawan penjajahan di tanah kelahirannya.

Itulah rangkuman mengenai  kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 161 kurikulum merdeka yang bisa digunakan sebagai panduan belajar.

Namun sebelum melihat kunci jawaban di atas, Anda harus menjawab soalnya terlebih dahulu secara mandiri kemudian gunakan jawaban di atas untuk mengoreksi hasil pekerjaan Anda.