Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 101 Kurikulum Merdeka

Freepik
Ilustrasi Cerpen
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
25/1/2024, 14.15 WIB

Siswa kelas 11 akan mempelajari materi menemukan tema dan pesan dalam cerpen. Materi tersebut akan dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum merdeka.

Tepatnya, dalam Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 untuk SMA/SMK, Bab 4 Menulis Puisi yang Menginspirasikan Adanya Kesempatan untuk Semua. Buku Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 101 102 Kurikulum Merdeka Semester 1 tersebut merupakan karya dari Heny Marwati dan K. Waskitaningtyas.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 101 Kurikulum Merdeka

Ilustrasi Cerpen Kehidupan Sehari-hari (Freepik)


Pada halaman 101 dan 102 buku Bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum merdeka, siswa diminta untuk mengerjakan Kegiatan 2 tentang cerpen "Malaikat Juga Tahu" karya Dee Lestari. Cerpen ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Abang yang memiliki autisme.

Abang memiliki rutinitas harian yang harus dilakukan dengan cara yang sama setiap harinya. Jika rutinitas tersebut tidak dilakukan, Abang akan mengamuk.

Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 101 Kurikulum Merdeka yang disajikan beserta soal latihannya untuk memudahkan siswa dalam memperdalam materi belajar.

Kegiatan 2: Menjawab pertanyaan berdasarkan cerpen “Malaikat Juga Tahu” karya Dee Lestari.

Ilustrasi Cerpen Singkat (Unsplash)


1. Temukan arti kosakata di bawah ini dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

a. autis

Kunci Jawaban: autis: penderita autisme

b. autisme

Kunci jawaban: gangguan perkembangan pada anak yang berakibat tidak dapat berkomunikasi dan tidak dapat mengekspresikan perasaan dan keinginannya sehingga perilaku hubungan dengan orang lain terganggu

c. eksistensi

Kunci jawaban: hal berada; keberadaan

d. ritual

Kunci jawaban: berkenaan dengan ritus; hal ihwal ritus, tindakan seremonial

e. mantra

Kunci jawaban: perkataan atau ucapan yang memiliki kekuatan gaib (misalnya dapat menyembuhkan, mendatangkan celaka, dan sebagainya).

Kegiatan 3: Unsur Cerpen

Ilustrasi Contoh Cerpen Kehidupan (Freepik)


2. Berdasarkan cerpen yang telah kalian baca di atas, jawablah pertanyaan berikut ini.

a. Pada cerpen di atas, siapakah tokoh Abang?

Kunci Jawaban: Abang adalah anak kedua Bunda yang merupakan seorang pria berusia 38 tahun. Abang mengidap autisme.

b. Pada cerpen di atas terdapat kutipan, “Mengubah rutinitas itu sama saja dengan menawar bumi agar berhenti mengedari matahari.” Jelaskan maksud kalimat tersebut berdasarkan konteks cerita di atas.

Kunci Jawaban: maksud kalimat dalam kutipan cerpen tersebut adalah mengubah kegiatan rutin harian sama dengan melakukan sesuatu hal yang mustahil. Perumpamaan ini sama seperti kemustahilan Abang yang mengubah kegiatan hariannya, karena Abang harus melakukan kegiatan dengan kondisi yang sama sesuai dengan jadwal.

c. Mengapa Bunda akan menjagokan Abang?

Kunci Jawaban: Bunda akan menjagokan Abang sebab cinta Bunda pada Abang sepenuh hati dan jiwa sehingga tak mungkin tergantikan oleh apapun.

d. Pada cerpen di atas terdapat kutipan, “Ini tidak adil. Ini tidak masuk akal…,” protes anaknya lagi. Siapa yang mengatakan kalimat tersebut? Jelaskan maksud dari kalimat tersebut berdasarkan konteks cerita di atas.

Kunci Jawaban: kalimat tersebut dikatakan oleh anak bungsu Bunda. Anak bungsu Bunda merasa bahwa Bunda selalu menomorsatukan Abang. Anak bungsu Bunda merasa bahwa berpura-pura untuk tidak berpacaran adalah suatu ketidakadilan sebab ia merasa kesempatannya untuk bahagia dihalangi.

e. Pada cerita pendek di atas juga terdapat kutipan, “Cintanya adalah paket air mata, keringat, dan dedikasi untuk merangkai jutaan hal kecil agar dunia ini menjadi tempat yang indah dan masuk akal bagi seseorang.” Siapakah yang dimaksud dengan kata ‘seseorang’ pada kutipan di atas? Jelaskan mengapa tokoh ‘ia’ melakukan hal itu?

Kunci Jawaban: tokoh ‘Seseorang’ yang dimaksud dalam kutipan tersebut adalah Abang. Sedangkan tokoh ‘Ia’ adalah Bunda. Tokoh ‘Ia’ atau Bunda melakukan hal tersebut sebab Bunda ingin memberi Abang kesempatan untuk berbahagia dengan menciptakan keadaan yang dimengerti oleh tokoh Abang.

f. Apakah judul cerita pendek “Malaikat Juga Tahu” sudah mewakili isi cerita? Jelaskan alasan kalian.

Kunci Jawaban: Judul cerita pendek “Malaikat Juga Tahu” sudah cukup mewakili isi cerita. Hal tersebut karena isi cerita menunjukkan tindakan yang Bunda lakukan untuk anaknya merupakan sebuah pengorbanan. Hal ini jelas menunjukkan dan diketahui bahwa Bunda menyayangi anaknya.

Demikian pembahasan mengenai kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 kalaman 101 Kurikulum Merdeka. Materi soal Bahasa Indonesia kelas 11 kalaman 101 Kurikulum Merdeka berisikan cerpen "Malaikat Juga Tahu" karya Dee Lestari yang mengajarkan kita tentang pentingnya cinta dan kasih sayang dalam kehidupan.