Dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10, siswa akan mempelajari tentang berbagai macam teks. Salah satunya yaitu teks negosiasi yang teks yang berisi suatu percakapan antara dua pihak. Percakapan ini sendiri terjadi untuk mencapai kesepakatan dalam terkait suatu masalah.

Untuk bisa memahami materi ini, siswa dihimbau untuk berlatih berbagai soal serta mempelajari kunci jawabannya. Dengan mengerjakan soal, siswa dapat terbiasa dengan berbagai macam teks negosiasi.

Dalam artikel ini, siswa bisa mempelajari soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 86 seperti yang ada di bawah ini.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 86

Berikut ini soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 86 yang bisa dijadikan sebagai bahan belajar siswa agar lebih paham mengenai materi teks negosiasi.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 86 (Freepik)

Soal

  1. Berdasarkan teks tersebut, apakah terdapat kegiatan tawar-menawar antara kedua belah pihak? Jelaskan buktinya!
  2. Jelaskan siapakah kedua belah pihak yang terdapat dalam teks tersebut!
  3. Apa kepentingan atau permintaan pihak pembeli?
  4. Apa kepentingan atau penawaran pihak penjual?
  5. Sekalipun pada awalnya terdapat perbedaan atau ketidaksepakatan antara kedua belah pihak, akhirnya keduanya bersepakat atau mencapai persetujuan. Apa kesepakatan yang terjadi antara kedua belah pihak? Jelaskan!

Jawaban

Jawaban soal ini harus sesuai dengan teks negosiasi pada halaman sebelumnya. Oleh sebab itu, pastikan siswa sudah membaca teks tersebut sebelum menjawabnya. Jika sudah mengerjakan, maka hasil kerjanya bisa dicocokkan dengan kunci jawaban berikut.

  1. Iya. Buktinya adalah adanya percakapan pembeli yang menanyakan bahwa apakah sepatu yang diinginkan boleh ditawar. Lalu, penjual menjawab boleh dan menanyakan lagi berapa harga yang diinginkan oleh pembeli.
  2. Penjual dan pembeli
  3. Pembeli ingin sepatu tersebut menjadi lebih murah
  4. Penjual ingin harga yang diminta oleh pembeli dinaikkan sedikit agar bisa menutup modal
  5. Kedua belah pihak setuju bahwa harga sepatu tersebut menjadi Rp270.000
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 86 (Pexels)

Soal

Tulislah definisi negosiasi menurut beberapa sumber (KBBI, ahli.pakar, dan personal) pada isian tabel di bawah ini!

Jawaban

  • Menurut KBBI, negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak yang lain.
  • Menurut ahli bernama Jackman, negosiasi merupakan proses yang terjadi antara dua pihak atau lebih yang mulanya mempunyai pemikiran berbeda namun akhirnya mencapai kesepakatan.
  • Menurut pendapat personal, negosiasi ialah proses untuk menyatukan pemikiran antara pihak satu dengan pihak yang lainnya agar bisa mencapai kesepakatan.

Itulah informasi mengenai soal dan kunci jawaban dari mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 86 yang bisa dijadikan bahan belajar siswa.

Dalam praktiknya, siswa diimbau untuk mengerjakan soalnya terlebih dahulu sebelum mengecek kunci jawabannya. Setelah itu, barulah mereka bisa melihat kunci jawaban sebagai pembanding apakah jawaban yang mereka isi sudah tepat atau perlu dipelajari ulang.