3 Pidato Tentang Menuntut Ilmu Berbagai Topik Singkat

Pexels
Pidato Tentang Menuntut Ilmu
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
19/6/2024, 14.52 WIB

Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi lisan yang digunakan untuk menyampaikan pesan, gagasan, atau informasi kepada audiens. Tema pidato bisa sangat bervariasi, seperti menuntut ilmu.

Pidato tentang menuntut ilmu dapat digunakan untuk membangkitkan semangat para generasi muda dalam menuntut ilmu dengan penuh dedikasi dan kegigihan. Sebagai ide dan inspirasi, berikut contoh pidato tentang menuntut ilmu

Pidato Tentang Menuntut Ilmu

Mengutip Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9, berikut adalah beberapa contoh pidato tentang menunut ilmu dalam bahasa Indonesia.

Pidato Tentang Pentingnya Menuntut Ilmu

Menuntut Ilmu dalam Islam (Pexels)

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati. Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang berbahagia.

Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seorang pun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya duduk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya "walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan diridhoi Allah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pidato Tentang Menuntut Ilmu di Sekolah

Menuntut Ilmu dalam Islam (Pexels)

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak/ibu guru serta teman-teman yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul di tempat ini. Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang pendidikan sekolah.

Hadirin yang saya hormati,

Sekolah sebagai tempat pendidikan dan pengajaran bagi para siswa memang tidak lepas dari berbagai bentuk kerawanan. Terkadang kerawanan begitu mudah masuk sejalan dengan perkembangan usia para siswa yang juga mulai rawan, terutama usia ABG. Apalagi jika kontrol dari sekolah tidak ketat dan waspada.

Kita sendiri sangat menyesalkan dengan munculnya perilaku negatif pelajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk perkelahian antar pelajar, penggunaan obat-obatan terlarang, serta mulai mencoba-coba pergaulan menyimpang lainnya. Jelas ini menjadi tantangan bagi pihak sekolah dan para guru. Sekolah harus ikut bertanggung jawab menjaga moral para pelajar.

Namun, penanggulangan masalah kerawanan sekolah ini tentu tidak bisa hanya dilakukan oleh pihak sekolah. Kesadaran pribadi siswa dan perhatian keluarga turut membantu mengatasi kerawanan sekolah ini.

Demikianlah pidato dari saya mengenai pentingnya pendidikan. Jika terdapat kesalahan dalam berkata saya mohon maaf.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pidato Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu

Menuntut Ilmu dalam Islam (Pexels)

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini Allah SWT masih memberikan kita nikmat dan kesehatan untuk bisa berkumpul di tempat ini. Shalawat serta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan kita yaitu Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya dan para sahabatnya.

Pada kesempatan pidato kali ini, izinkan saya untuk membahas tentang keutamaan dalam menuntut ilmu. Dalam ajaran agama Islam, kita sebagai umat muslim wajib hukumnya dalam menuntut ilmu. Baik ilmu duniawi dan ilmu ukhrowi. Dengan mempelajari ilmu juga akan membuat seseorang lebih baik dalam menjalankan ibadah dan perintah Allah yang lainnya.

Namun, sebaliknya jika seseorang yang malas untuk mempelajari ilmu pengetahuan maupun agama, ia tidak akan tahu segala yang dikerjakan apakah ada dasar dan tujuan yang sebenarnya.

Pentingnya menuntut ilmu menurut ajaran Islam sehingga munculah Firman Allah SWT yang pertama, yaitu merupakan perintah dalam untuk membaca, bukan untuk beribadah saja. Firman tersebut tercantum pada QS. Al-Alaq ayat 1 yang berbunyi “Iqra bismi rabbikal lazii khalaq”, yang artinya bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.

Sekian dari pidato kali ini, semoga dengan ceramah ini kita bisa lebih semangat dalam menuntut ilmu. Mohon maaf bila banyak kekurangan dalam menyampaikannya.

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Demikian tiga contoh pidato tentang menuntut ilmu yang dapat menjadi ide dan inspirasi. Pidato tentang menuntut ilmu ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para generasi muda untuk terus belajar dan mengembangkan diri.