Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Sederhana dan Contohnya

Unsplash
Ilustrasi, surat pengunduran diri.
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
28/6/2024, 12.55 WIB

Cara membuat surat pengunduran diri kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak bisa sembarangan membuat surat pengunduran diri mendadak. Surat ini perlu disiapkan saat seseorang memutuskan berhenti dari pekerjaan yang telah dijalani.

Surat pengunduran diri perlu disampaikan kepada HRD maupun atasan. Terlepas dari apapun alasan keluar, surat pengunduran diri dari perusahaan harus ditulis dengan sopan. Biasanya pihak perusahaan memberikan syarat waktu pengunduran diri satu bulan sebelumnya agar dapat mencari pengganti

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Sederhana

Surat pengunduran diri sebaiknya diberikan ke atasan secara langsung agar bisa berbicara langsung secara formal. Ini dapat mempererat hubungan relasi yang sudah dibangun cukup lama. Sebelum masuk ke contoh surat pengunduran diri kerja, berikut cara membuat surat pengunduran diri kerja sederhana:

1. Tulis Tanggal Resign

Dalam surat resign, cantumkan tanggal Anda mengundurkan diri dari perusahaan. Apabila resign mendadak, pastikan mencantumkan tanggal di bagian awal surat.

2. Menjelaskan Alasan Resign

Mencantumkan alasan resign dalam surat pengunduran diri merupakan keharusan. Meski begitu, Anda tidak perlu menjelaskan beragam hal yang menyebabkan pengunduran diri.

Misalnya apabila resign karena masalah kesehatan, cukup cantumkan “karena sakit” di dalam surat tersebut. Anda juga bisa menjelaskan lebih lanjut seputar alasan resign dalam exit interview atau meeting dengan manajer.

3. Pastikan Isinya Tetap Profesional

Cara membuat surat pengunduran diri berikutnya pastikan isinya tetap profesional. Terlepas dari apa alasan resign, pastikan isinya tetap profesional. Pastikan juga menggunakan bahasa profesional dan sopan dalam surat resign.

4. Mencantumkan Pertanyaan Apabila Ada

Apabila ada pertanyaan mengenai gaji terakhir, pengunduran diri atau hal lainnya, Anda dapat mencantumkannya di dalam surat. Nantinya, Anda bisa menyampaikan pertanyaan di bagian exit interview apabila belum memperoleh jawaban dari pihak perusahaan.

5. Menyampaikan Rasa Terimakasih

Pastikan ucapkan rasa terima kasih di dalam surat resign atas kepercayaan dan waktu yang diberikan kepada Anda, sehingga dapat bekerja sama. Sampaikan juga ucapan permintaan maaf karena harus resign. Apabila memiliki pengalaman kurang positif dari pekerjaan, sampaikan satu atau dua hal yang Anda nikmati saat bekerja di sana.

6. Tambahkan Informasi Kontak

Urutan cara membuat surat pengunduran diri kerja berikutnya menambahkan informasi kontak. Pastikan mencantumkan informasi kontak seperi nomor HP dan email. Hal ini akan membuat perusahaan dapat memberikan jawaban mengenai pertanyaan Anda dan persoalan gaji terakhir.

7. Proofread Surat Resign

Surat resign merupakan kesempatan terakhir bagi Anda meninggalkan kesan positif. Karena itu, pastikan selalu proofread surat yang dibuat agar tidak ada kesalahan di bagian dalamnya.

8. Membuat Copy dan Kirimkan Secara Langsung

Apabila sudah selesai menulis surat, buat copy-nya lalu tandatangani semuanya. Kemudian kirimkan surat resign secara langsung ke pihak manajer dan bagian HR agar dapat memberi pertanyaan jika dibutuhkan. Copy surat resign ini dapat disimpan agar diajdikan referensi apabila harus membuatnya kembali di masa depan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Katadata)

Bagi Anda yang bingung menyusun surat pengunduran diri, berikut contoh surat pengunduran diri kerja kepada atasan:

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 1

Jakarta, 28 Juni 2024
Yth. Direktur PT ...
di tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Adan Pratama
Jabatan: Marketing

Dengan ini saya bermaksud mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan marketing di PT …terhitung mulai tanggal 27 Juni 2024. Saya telah bekerja di PT … sejak 28 Juni 2022, dan sudah mendapat banyak pengalaman, serta ilmu yang sangat bermanfaat.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama ini. Mohon maaf apabila selama bekerja ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat , tanpa paksaan dari pihak manapun dan dibuat dengan sebenar-benarnya. 

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 2

Jakarta, 27 Juni 2024
Kepada
Yth. Pimpinan
PT. XXXXX
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: ...
Alamat: ...
Jabatan: ...
Nomor ID:

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan … di perusahaan Bapak/Ibu terhitung mulai tanggal _ /_ /_ karena kontrak sudah berakhir.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang Bapak/Ibu berikan bagi saya untuk belajar dan bekerja secara profesioanal.

Tidak lupa saya ingin mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang telah diberika selama ini, secara langsung maupun tidak langsung. Saya juga memohon maaf yag sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian perusahaan Bapak/Ibu.

Mohon maaf apabila selama bekerja, saya banyak melakukan kesalahan secara sengaja maupun tidak sengaja. Semoga perusahaan Bapak/Ibu dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan. 

Hormat saya,


(Nama Karyawan)

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 3

Yth. [Nama Pimpinan Perusahaan]
Direktur Utama
[Nama Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Karyawan]
Jabatan: [Jabatan Karyawan]

Dengan ini saya bermaksud mengajukan pngunduran diri dari jabatan … di perusahaan … terhitung mulai tanggal 28 Juni 2024.

Saya sudah bekerja di (nama perusahaan) sejak (tanggal bekerja) dan telah mendapat banyak pengalaman serta ilmu yang bermanfaat.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama ini, mohon maaf atas segala kesalahan yang saya lakukan selama bekerja di (nama perusahaan).

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan. Semoga dapat digunakan sebagaimana semestinya.

Itulah cara membuat surat pengunduran diri kerja sederhana berikut contohnya, yang dapat Anda pertimbangkan. Pastikan surat pengunduran diri dibuat dengan sopan dan tidak menyinggung pihak manapun.